Helo Indonesia

MAJT Siap Tampung Ribuan Jemaah Salat Id, Tersedia 3 Gerbang untuk Akses Masuk

Selasa, 9 April 2024 21:16
    Bagikan  
MAJT Siap Tampung Ribuan Jemaah Salat Id, Tersedia 3 Gerbang untuk Akses Masuk

Acara sedekah tumpeng usai khataman Alquran sebagai tradisi hari terakhir Ramadan di MAJT. Foto: MAJT

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) akan menyelenggarakan kegiatan Salat Idulfitri atau salat Id pada Rabu pagi 10 April 2024 pukul 06.30 WIB.

Ketua Panitia Amaliah Ramadan dan Salat Id Fitri 1445 H, Prof Dr KH Ahmad Izzuddin MA, menjelaskan tahun ini MAJT siap menampung ribuan jamaah yang akan melaksanakan salat Id di MAJT.

Berbagai persiapan teknis dan lainnya telah kami siapkan untuk menampung jemaah yang ingin melaksanakan salat Idulfitri di MAJT.

Baca juga: Polres Jepara Intensifkan Patroli Rumah Kosong, Antisipasi Aksi Pencurian

Salat Id pada Rabu besok direncanakan akan menghadirkan Khatib Ketua Baznas RI, Prof Dr KH Noor Achmad MA yang akan mengusung tema Khutbah “Idulfitri adalah Kembalinya Harmoni” dan Imam yang juga Qory Internasional KH Zaenuri Ahmad AH.

Dia menambahkan, pihaknya akan membuka 3 akses masuk gerbang ke MAJT saat menampung jemaaah nanti. Tiga akses itu meliputi Gerbang Utama (Jalan Gajah Raya), Gerbang Selatan (Jalan Jolotundo), dan Gerbang Utara (Jalan Arteri Soekarno- Hatta)

''Kami juga persiapkan area Agrowisata untuk menampung perkir kendaraan yang akan masuk di MAJT,'' kata Ahmad Izzuddin dalam keterangannya, Selasa 9 April 2024.

Khataman Quran

Sementara itu, sudah menjadi tradisi hari terakhir Ramadan di MAJT diselenggarakan Khataman Alquran sebagai penutup rangkaian kegiatan tarawih. Tradisi khas MAJT dimana setiap malam membaca 1 juz untuk mengiringi shalat tarawih.

Diikuti oleh ratusan jamaah yang berasal dari lingkungan sekitar dan jamaah yang selalu mengikuti shalat tarawih di MAJT. Banyak jamaah beralasan tarawih di MAJT sangat menenangkan dan mengobai rindu mereka ketika tarawih di makkah.

Di hari terakhir tarawih di MAJT selalu diadakan khataman Alquran sebagai wujud syukur dari pengurus, dan jemaah telah mengkhatamkan Alquran yang dibacakan untuk mengiringi tarawih selama bulan buasa ini.

Baca juga: Ini 8 Adab Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Ketua Bidang Ketakmiran, Drs KH Ahmad Hadlor Ikhsan megucapkan rasa terima kasihnya kepada pada jemaah yang telah istiqomah meramaikan amaliyah di bulan Ramadan tahun ini, juga berharap melalui khataman Alquran ini dapat memberikan manfaat dan keberkahan di bulan Ramadan 1445 H dan dipertemukan Ramadan tahun depan.

''Ratusan jemaah yang mengikuti khataman Alquran disediakan sebanyak 28 tumpeng yang merupakan sumbangan dari pengurus dan donator berbagai pihak,'' jelas Sekretaris Pelaksana Pengelola MAJT Drs KH Muhyiddin.

Dijelaskannya, tahun depan tradisi khataman dan sedekah tumpeng ini bisa terus berjalan dan MAJT juga mempersilahkan masyarkat atau jemaah untuk saling bersedekah dalam acara khataman tersebut. (Aji)