Helo Indonesia

Polres Jepara Intensifkan Patroli Rumah Kosong, Antisipasi Aksi Pencurian

Selasa, 9 April 2024 20:43
    Bagikan  
Polres Jepara Intensifkan Patroli Rumah Kosong, Antisipasi Aksi Pencurian

Petugas Polres Jepara saat menggelar patroli di area kompleks perumahan. Foto: polres jpr

JEPARA, HELOINDONESIA.COM - Kepolisian Resor (Polres) Jepara, Jateng, menggelar patroli area kompleks perumahan yang banyak ditinggalkan penghuninya untuk mudik.

Patroli sasaran rumah kosong tidak hanya dilakukan pada siang hari, tapi lebih intens pada malam hari dan pagi hari.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan melalui Kasubsipenmas Sihumas Polres Jepara Ipda Puji Sri Utami mengatakan, bahwa patroli yang dilakukan ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat saat merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M, terutama bagi masyarakat yang meninggalkan rumahnya untuk mudik keluar daerah.

Baca juga: Diduga Jual Miras di Mobil Honda Brio, Pria Ini Diamankan Polsek Muntilan

“Patroli kami fokuskan di perumahan yang banyak ditinggal penghuninya mudik,” ujar Ipda Puji, Selasa 9 April 2024.

Patroli itu juga bagian dari Operasi Ketupat Candi 2024 dan langkah preventif mengantisipasi insiden rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik.

Rumah kosong yang dipantau itu ada di sejumlah komplek perumahan seperti, Perum Randu Gede Pengkol dan Perumahan Bumi Mulyoharjo.

Baca juga: Kurir Sabu di Purbalingga Dibekuk Polisi, Pelaku Ngaku Tergiur Imbalan

Ipda Puji melibatkan anggota jajaran Polsek maupun Polres Jepara ke berbagai lokasi strategis di wilayah Kabupaten Jepara terutama perumahan.

Kamtibmas

Patroli rutin ini untuk menciptakan situasi kamtibmas untuk masyarakat yang sedang mudik agar merasa aman dan nyaman, serta mencegah terjadinya tindak kriminal di wilayah hukum Polres Jepara seperti pencurian.

Dia mengaku, banyak warga perumahan yang mudik dan meninggalkan rumah tanpa ada penghuninya.

Dan sebagian lainnya banyak juga yang bertahan di kompleks perumahan.

“Kami juga imbau pada warga penghuni perumahan yang tidak mudik untuk sama-sama peduli mengawasi lingkungannya, termasuk pada rumah kosong,” ucapnya.

Baca juga: Jelang Lebaran, Polres Pekalongan Sita Puluhan Botol Ciu dan Minuman Keras Lainnya

“Jika mengetahui ada sesuatu yang mencurigakan, kami mengimbau untuk segera melapor kepada pihak Kepolisian terdekat atau dapat menghubungi melalui Call Center Polri 110 atau WhatsApp Siraju 08112894040, pasti akan kami tindak lanjuti,” jelasnya.

Imbauan itu selalu disampaikan pada warga perumahan setiap kali patroli rumah kosong. Personel juga kerap mengecek jendela, pintu rumah kosong untuk memastikan telah terkunci.

“Setiap patroli itu kami lakukan,” katanya.

Kepada warga yang masih tinggal di perumahan, diingatkan agar tidak lupa mematikan kompor ketika aktivitas dapur sudah selesai.

Ipda Puji mengakui warga perumahan terpantau cenderung tertib, seperti menyalakan lampu penerangan jalan. Juga lampu teras rumah yang ditinggalkan.

Ia berharap tidak ada kejadian yang meresahkan dan merugikan selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah ini. Dan masyarakat bisa berlebaran dengan aman, nyaman dan penuh makna.

“Alhamdulillah keamanan Jepara terjaga,” pungkasnya. (Aji)