Helo Indonesia

Kebakaran Hebat Terjadi di Pemukiman Padat di Jl Kampung Bali, Tanah Abang. Api Menghanguskan Gudang Pemulung dan Bangunan Permanen

Aris Mohpian Pumuka - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 29 Juni 2024 20:43
    Bagikan  
Ilustrasi Kebakaran
heloindonesia

Ilustrasi Kebakaran - Terjadi kebakaran di pemukiman padat di Jl Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

JAKARTA, HELOINDONESIA.COM - Kebakaran hebat melanda pemukiman padat di Jl Kampung Bali 6, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Sepuluh rumah, terdiri enam rumah permanen dan empat semi permanen, hangus dilalap si jago merah, pada Sabtu (29/6/2024) siang.

Menurut petugas piket  Sudin Gulkamart (Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan), di lokasi kebakaran yang terletak di RT 08/RW 08 terdapat gudang pemulung. Tumpukan barang bekas tersebut menyebabkan api cepat membesar. "Sehingga dengan seketika api menghanguskan 10 bangunan tersebut," katanya kepada wartawan di Jakarta.

Awal mula terjadinya kebakaran, kata Mulandono, pihaknya mendapat laporan dari warga ada kejadian kebakaran di kawasan Kampung Bali, pada Pukul12.50 WIB. Petugas langsung menerjunkan 17 unit mobil pemadam kebakaran dengan 51 petugas ke lokasi.

Saat petugas tiba di tempat, lanjutnya, api sudah membesar. Sehingga merembet ke tempat lain. Setelah dilakukan penanganan selama sekitar 30 menit, kebakaran bisa dilokalisir sekitar pukul 13.36 WIB.

Baca juga: Polri Sambut HUT ke-78 Bhayangkara, Gelar Doa Bersama Lintas Agama

Total luas area yang terdampak kebakaran mencapai sekitar 500 meter persegi (m2) dan mengakibatkan sebanyak 19 kepala keluarga (KK) atau 50 jiwa kehilangan tempat tinggal.

"Dugaan kebakaran dipicu 'korsleting' listrik dari atap salah satu rumah yang merambat ke rumah lain di sekitar. Tak ada korban jiwa atau luka berat dalam kejadian tersebut" ujar Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, Ahmad Syaiful.