Helo Indonesia

Banjarmasin Mencanangkan Program Sekolah untuk Lansia

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Sabtu, 29 Juni 2024 19:15
    Bagikan  
Sekolah Lansia
Banjarmasin

Sekolah Lansia - Kepala DPPKBPM Banjarmasin, Helfianoor. (ist/helokalsel)

BANJARMASIN, HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kota Banjarmasin berencana meluncurkan Program Sekolah Lansia dengan tujuan meningkatkan kesehatan dan produktivitas masyarakat lanjut usia.

"Akan diprogramkan Sekolah Lansia di Kota Banjarmasin, sekolah lansia akan memberikan pelatihan dan bimbingan kepada lanjut usia, serta ruang untuk meningkatkan kemandirian mereka," kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPKBPM) Kota Banjarmasin Helfianoor, Sabtu (29/6/2024), 

Menurut Helfi, kehidupan yang aktif bagi lansia sangat penting untuk kesehatan fisik dan mental mereka di masa tua. Program ini juga menawarkan interaksi antar lansia untuk saling mendukung dalam menghadapi tantangan usia tua.

"Sekolah Lansia akan bekerja sama dengan puskesmas untuk menyediakan layanan kesehatan yang dibutuhkan. Ini adalah bentuk perhatian kita kepada para lansia," tambahnya.

Sekolah Lansia ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan praktek hidup sehat, serta memperkuat kemandirian lansia dalam berbagai aspek kehidupan. Program ini terbuka bagi mereka yang berusia di atas 60 tahun serta pra-lansia (usia 45-59 tahun). Metode pengajaran yang digunakan mencakup ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik langsung.