Helo Indonesia

PDIP Merapat ke Gerindra, Siap Jadi Wagubnya Mirza

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Senin, 1 Juli 2024 13:28
    Bagikan  
PILGUB LAMPUNG
Helo Lampung

PILGUB LAMPUNG - Sutono dan Mirza (Kolase Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- PDI Perjuangan rencana akan merapat ke Partai Gerindra pada Pilgub Lampung 2024. Pilihan realistisnya, wakil gubernur, kata Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu (30/6/2024).

Jika menilik statemen Hasto, partainya sudah mendekati titik kesepakatan dengan Partai Gerindra untuk mengusung calon gubernurnya Gerindra dan wakilnya PDIP pada Pilgub 2024.

Sekretaris PDIP Lampung Sutono membenarkan partaiya rencana akan berkoalisi dengan Partai Gerindra yang mencalonkan Rahmat Mirzani Djausal (RMD) alias Mirza sebagai bakal calon gubernurnya.

Hasil Pileg 2024 lalu, Partai Gerindra (Gerakan Indonesia Raya) memperoleh 13 kursi dan harus berkoalisi untuk mencalonkan kepala daerah yang membutuhkan sedikitnya 17 kursi.

Sedangkan Gerindra, memiliki kursi terbanyak, yakni 16 kursi, tinggal memerlukan satu kursi agar RMD bisa berlayar menggantikan Arinal Djunaidi, gubernur periode 1019-2024.

Menurut Sutono, pihaknya terus mematangkan rencana koalisi dengan DPP PDIP. Untuk komunikasi informal sudah sering dilakukan, formalnya sedang dalam proses penjadwalan, katanya.

Alasan merapat ke Partai Gerindra, menurut Sutono, pilihan realistis karena faktanya PDIP tidak memenangkan Pileg 2024. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar, kata Sutono kepada Helo Indonesia, Senin (1/7/2024). (HBM)


 -