Helo Indonesia

Mengenal Maskot Pilgub Lampung Si Raung-Maung, Bukan Lemawong

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Minggu, 30 Juni 2024 20:24
    Bagikan  
PILGUB LAMPUNG
Helo Lampung

PILGUB LAMPUNG - Maskot harimau asal Lampung tapi namanya bukan lemawong (Foto.Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- KPU Lampung pernah menjelaskan bahwa maskot Pilgub Lampung 2024 adalah harimau dari Lampung. Namun, namanya Si Raung dan Si Maung, bukan lemawong/halimawong/lemaung/kumbok.

Padahal, menurut KPU Lampung, Si Raung dan Si Maung merupakan perwujudan dari harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae), hewan yang habitat aslinya di TNBBS Lampung.

Diperjelas lagi bahwa Si Raung dan Si Maung harimau asal hutan Lampung dengan dipakaikan mahkota kebesaran masyarakat Lampung, yaitu Siger, dengan pakaian tradisional ornamen tapis Lampung.

Dipertegas lagi, Raung adalah nama singkat dari Suara Lampung. Sementara Maung, adalah singkat dari Masyarakat Lampung. Raung merupakan harimau jantan dan Maung merupakan harimau betina.

Harimau yang dinamakan hewan yang sama asal Jawa Barat itu menggenggam surat suara dan paku sebagai simbol kesiapan masyarakat Lampung menggunakan hak pilihnya pada Pilgub Lampung 2024.

Maskot ini merupakan karya dari Erfan Septian. Ia merupakan Juara I Lomba Maskot Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung yang tergelar oleh KPU Lampung.

KPU Provinsi Lampung telah melaunching Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung di PKOR Wayhalim, Kota Bandarlampung, Sabtu, 27 April 2024 pukul 19.00 WIB. Grup Band GIGI dan Batas Senja memeriahkan even tersebut. (HBM)

 -