Helo Indonesia

Bisa Meningkatkan Kecerdasan, Berikut Manfaat Mengonsumsi Daging Belut untuk Kesehatan

Syahroni - Ragam
Selasa, 8 Agustus 2023 22:30
    Bagikan  
Olahan daging belut.
Tangkapan layar Youtube

Olahan daging belut. - Manfaat mengonsumsi belut untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Belut merupakan salah satu komoditas ikan air tawar yang cukup diminati masyakarat. Tak hanya di Jepang, di Indonesia pun konsumsi belut terus meningkat setiap tahunnya.

Belut sendiri cukup diminati karena rasanya yang gurih. Namun demikian, belut juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan kecerdasan.

Istimewanya, belut cukup mudah dijumpai di pasaran. Apalagi saat ini sudah banyak peternak yang sudah mulai membubidayakan ikan air tawar ini.

Belut mengandung vitamin A, protein, asam amino, karbohidrat, magnesium, kalsium, zat besi, dan berbagai nutrisi lain juga terkandung di dalam belut. Berikut beberapa manfaat belut bagj kesehatan tubuh.

Baca juga: Selain Murah dan Nikmat, Berikut Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Ikan Lele yang Perlu Anda Ketahui

1. Baik untuk Kulit

Kandungan Vitamin E pada belut memiliki efek antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Vitamin E ini juga berguna untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet dan mampu menjaga melembabkan kulit serta memperlambat penuaan.

2. Memperbaiki sel dan jaringan tubuh

Sel dan jaringan pada tubuh pasti akan mengalami regenerasi untuk menjaga fungsinya, seperti pada rambut, kuku, dan kulit. Sel - sel di darah pada kulit dalam satu minggu pasti akan berganti dengan sel yang baru, kandungan protein pada belut inilah yang sangat penting dalam proses tersebut.

3. Memperkuat tulang dan gigi

Kandungan vitamin D, kalsium, dan fosfor yang ada pada belut dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Hal ini karena mineral pada belut dapat memberi asupan dibutuhkan oleh baik oleh tulang maupun gigi.

4. Mencegah anemia

Kandungan lain yang ada pada belut adalah folat dan vitamin B12, keduanya sangat penting dalam pembentukan sel darah merah. Jika jumlahnya kurang makan akan menyebabkan anemia atau kekurangan sel darah merah.

Baca juga: Hindari Daging, Berikut Cara Menurunkan Kadar Kolesterol dengan Pola Makan Nabati

5. Menjaga kesehatan pencernaan

Kandungan magnesium pada belut dapat membantu meningkatkan kadar air pada usus, oleh karena itu pergerakannya pun menjadi lebih lancar.

Selain itu juga mengkonsumsi belum dapat memperlancar buang air besar sehingga bisa mecegah sembelit.

6. Menjaga kesehatan otak

Belut adalah sumber protein hewani yang memiliki kandungan vitamin B1 vitamin B6 yang cukup tinggi dan berfungsi untuk menjaga fungsi otak tetap baik.

Vitamin B1 dan B6 dapat memaksimalkan kemampuan kognitif maupun kemampuan mengingat.

7. Menjaga sistem imun tubuh

Berbagai kandungan vitamin dalam belut dapat menguatkan siatem pertahanan tubuh sehingga tidak mudah sakit. Mineral yang terkandung di dalam belut seperti zinc dan selenium juga dapat membantu mencegah infeksi virus maupun bakteri.

Itulah manfaat dari mengkonsumsi daging belut bagi kesehatan. Mengkonsumsi belut secara rutin dapat memberikan manfaat kesehatan tubuh karena kandungan yang ada pada belut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.