Helo Indonesia

Gelar Our Performance Day, Sekolah Dasar Stella Maris Kembangkan Bakat Siswa Berkualitas

M Ridwan - Nasional
Senin, 1 Juli 2024 13:46
    Bagikan  
Pengembangan Bakat,
Ist

Pengembangan Bakat, - Orang tua murid dan murid merasa senang dan bangga atas penampilan yang disajikan sekolah Stella Maris.

HELOINDONESIA.COM - Sekolah Dasar Stella Maris BSD menggelar ajang Our Performance Day (OPD) untuk mengembangkan bakat siswa berkualitas melalui pengenalan Seni Budaya Indonesia, dalam mewujudkan pendidikan yang seimbang bagi siswa, yang berlangsung di Sekolah Stella Maris BSD Tangerang Selatan. 

Ajang OPD ini menampilkan tarian tradisional dan moderen, penyanyi dan musik band yang yang berasal dari seluruh siswa unit Sekolah Dasar, dengan trio pemandu acara yang kompak dan energik. 

Hal itu disampaikan Cisilia Tutut selaku Kepala Sekolah SD Stella Maris BSD dan ketua panitia Tatik Trihandayani dalam sambutannya di awal pembukaan acara OPD di Sekolah Stella Maris BSD, yang berada di kawasan Serpong, Rabu (12/6/2024) pagi. 


"Melalui kegiatan ini saya menegaskan kembali bahwa Stella Maris bukan sekolah yang academic oriented.Tetapi sekolah yang benar-benar holistik, dimana seluruh aspek yang harus dikembangkan di dalam diri anak-anak ini memang harus diproses, oleh siapa? Oleh sekolah. Jadi tidak hanya kognitifnya saja, tidak hanya knowledge-nya saja, tetapi aspek bakat, minat, kreatifitas dan spiritual itu juga kami kembangkan melalui kegiatan-kegiatan yang ada di Stella Maris," ungkap Cisil sapaan akrab Cisilia Tutut. 

Tampak Trio pemandu acara begitu fasih dan kreatif memandu acara dengan seragam busana etnis tradisional dan mental yang berani, sehingga suasana begitu hidup dan bersemangat. 

Rangkaian acara OPD berlangsung selama dua hari, yaitu hari Selasa dan Rabu, tanggal 11 dan 12 Juni 2024.


Tampak hadir pula untuk menyemangati anak-anak murid Sekolah Dasar, yaitu Uning Anastasia Widiastuti selaku Head School National Stella Maris BSD. 

Di hadapan orang tua dan anak-anak SD yang hadir, Uning Anastasia Widiastuti mengungkapkan bahwa anak-anak murid sudah bisa tampil menyajikan tarian, yang dalam latihannya mendapat pendampingan guru-guru SD.

"Anak-anak yang tadinya engga ngerti tarian yang mereka tampilkan, tapi karena pendampingan teman-teman guru yang ada di SD, maka mereka menjadi mengenal. Semoga mereka menghidupi budaya yang ada di Indonesia ini. Nah, proficiat untuk Bu Cisil, yang menggawangi teman-teman dewan guru di SD, yang hari ini memetik dari hasil dari pendampingan terhadap Anak-anak kita," kata Uning Anastasia Widiastuti, yang biasa disapa Uning. 


Sementara itu, orang tua murid dan anak-anak murid yang ikut serta tampil merasa senang dan bangga atas penampilan yang disajikan sekolah. 

Salah satu orang tua murid, David Tan, Ayah dari Jeremiah Carsten, murid kelas 4C tampak begitu senang menikmati penampilan putranya melaksanakan perform menyanyi. 

"Acara seperti ini lebih bagus ya dibanding pendidikan biasa yang memang harus wajib juga. Cuma di luar pendidikan biasa atau pendidikan informal, anak-anak juga bisa menyalurkan bakatnya," ujar David, yang bertempat tinggal di Summarecon Gading Serpong.


Terkait pendidikan di Stella Maris, David mengungkapkan bahwa pendidikan Stella Maris sangat bagus karena ada pendidikan formal dan informal yang seimbang. 

Ia berharap acara ini harus ada ke depannya. Mungkin 6 bulan sekali, setiap semester harus ada. Untuk kembangkan bakat-bakat yang lain dari anak-anak murid. 

Ekspresi ceria dan bersemangat tampak di wajah para orang tua murid yang merasa bangga dan terharu, ketika putra-putri mereka perform (tampil) di hadapan murid-murid lain dan para orang tua. Seperti yang dirasakan Novi, Ibunda dari Ananda Kanaya di kelas 3B.


"Untuk acara hari ini seru banget ya. Kita sebagai orang tua bisa melihat perkembangan anak-anak selama di sekolah. Kebetulan anak saya ikut ekskul modern dance. Mereka udah latihan tiap minggu. Ketika lihat mereka hari ini perform, bangga banget ya. Kelihatan dari kekompakan dan keluwesannya tampak ada peningkatan," kata Novi. 

Saat ditanyakan alasan memilih pendidikan di Stella Maris, Novi mengungkapkan bahwa yang pertama adalah pendidikannya bagus. Kedua, dari lokasi rumah juga dekat jadi perjalanan menuju sekolah tidak terlalu banyak buang waktu. Dan ketiga, yang pasti sekolah Stella Maris sudah ternama. Hal itu terbukti dengan adanya kepercayaan Novi menyerahkan kedua anaknya menjadi siswa di Stella Maris sejak dari play group hingga SD dan SMP.


Senada dengan kedua orang tua murid di atas, salah satu murid yaitu Jose dari Kelas 2C yang didampingi teman sekelasnya, Nathan dan Deon, mengungkapkan rasa senang karena bisa perform di OPD. Meskipun mereka merasa lumayan susah dan lelah dalam persiapan dan latihan yang memakan waktu dua bulan lamanya. 

"Senang karena bisa perform. Mau lagi perform," pungkas Jose tersenyum.