Helo Indonesia

Pose Foto 3 Capres-Cawapres Tak Diatur, KPU : Yang Penting Sopan

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Kamis, 30 November 2023 18:45
    Bagikan  
Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan
Ist

Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan - Tiga bakal capres, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan. (Foto: ist)

HELOINDONESIA.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mewajibkan kepada tiga pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres)untuk berpakaian dan berproses yang sopan dalam surat surat suara.

Anggota KPU RI, Idham Holik mengatakan, poses dan busana ketiga pasangan Capres-Cawapres tidak diatur oleh pihaknya. Begitu juga dengan pemilihan busana yang dikenakan. 

"Mau posenya seperti apa, backgroundnya seperti apa, feshion yang seperti apa, yang jelas kami hanya memberikan kategori sopan, foto yang sopan seperti itu," kata Idham kepada wartawan, Kamis (30/11/2023). 

Idham menjelaskan, terkait desain surat Pilpres 2024 sebetulnya sudah diatur sesuai ketentuan sebagaimana tertera dalam Surat Keputusan KPU RI 1202/2023 dan 1549/2023.

"Desain surat suara sepenuhnya mengacu pada kedua keputusan tersebut," ujarnya. 

Baca juga: Data pemilih Pemilu 2024 Diduga Diretas, Ini Kata KPU

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI itu menegaskan pihaknya memberikan keleluasaan kepada para kontestan dan timnya untuk memilih foto yang terbaik dalam surat suara. 

"Berkaitan dengan foto, yang disampaikan oleh tim kampanye kepada KPU itu sepenuhnya dikembalikan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden itu sendiri," tuturnya. 

"Dan mereka memang kita berikan ruang kebebasan untuk memilih foto-foto terbaik menurut beliau-beliau," tambah Idham.

Baca juga: Diduga Adanya Kebocoran Data Pemilih di KPU, Bareskrim akan Segera Selidiki

Foto dari 3 pasangan capres-cawapres dalam desain surat suara yang telah ditetapkan KPU RI, nampak pakaian mereka berbeda-beda, dan terlihat identik dengan pakaian yang biasa dikenakan dalam setiap acara resmi pemilu. 

Selanjutnya, pose pasangan Anies-Muhaimin mengangkat tangan seperti ingin melakukan pose hormat. Sementara pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud hanya berpose tersenyum.