Helo Indonesia

Tahapan Pilkada 2024, KPU Kendal Buka Pendaftaran Pantarlih

Rabu, 12 Juni 2024 18:38
    Bagikan  
Tahapan Pilkada 2024, KPU Kendal Buka Pendaftaran Pantarlih

Acara media gathering yang digelar KPU Kendal terkait tahapan Pilkada 2024. Foto: Anik

KENDAL, HELOINDONESIA.COM - Memasuki tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kendal mulai membuka pendaftaran Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) mulai Kamis-Rabu, 13-19 Juni 2024.

Ketua KPU Kendal, Khasanudin menyampaikan, kebutuhan petugas Pantarlih di Kabupaten Kendal sebanyak 3.062 orang dari 1.612 TPS di Kabupaten Kendal.

Baca juga: Keren! 13 Produk Paten USM Ditampilkan dalam KI Expo 2024 di Jakarta

"Jadi nanti ada beberapa TPS dimana itu ada ketentuan dari KPU RI bahwa dalam satu TPS yang lebih dari 400 pemilih akan ada dua Pantarlih. Dan yang kurang dari 400 pemilih itu ada satu Pantarlih. Setelah kita petakan dari 1.612 TPS kami membutuhkan 3.062 Pantarlih," terang Khasanudin salam acara Media Gathering di salah satu hotel di Kendal, Rabu 12 Juni 2024.

Ia mengungkapkan, Pantarlih nantinya akan bertugas memutakhirkan data pemilih secara faktual dalam Pilkada Serentak 2024.

"Pantarlih ini adalah ujungnya adalah kevalidan data di lapangan. Maka dari itu kami perlu petugas yang perlu melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) data pemilih," ungkapnya.

Surat Keterangan Sehat

Ditambahkan dia, persyaratan pendaftaran Pantarlih diantaranya menyertakan surat keterangan sehat dari puskesmas ataupun rumah sakit di Kabupaten Kendal.

Baca juga: Korupsi Internet Desa, Tersangka dan 7 Saksi Diperiksa Penyidik

"Cek kesehatan kita sudah bekerjasama dengan Dinkes dan secara umum biayanya Rp 80 ribu, tetapi kami minta untuk ada keringanan dari biaya tersebut. Alhamdulillah sudah disetujui menjadi Rp 50 ribu," imbuh Khasanudin .

Khasanudi berharap seluruh media di Kabupaten Kendal dapat membantu KPU dalam mensosialisasikan kepada masyarakat terkait rekruitmen pantarlih dan coklit serentak yang akan dimulai 24 Juni 2024 mendatang. (Anik)