Helo Indonesia

FH USM Gelar Upacara Dies Natalis ke-37, Progres SDM Meningkat

Jumat, 28 Juni 2024 07:44
    Bagikan  
FH USM Gelar Upacara Dies Natalis ke-37, Progres SDM Meningkat

Kegiatan Dies Natalis ke-37 Fakultas Hukum USM

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM) menyelanggarakan Upacara Dies Natalis Ke-37 pada Rabu 26 Juni 2024 di Auditorium Ir Widjatmoko Kampus Universitas Semarang.

Pada acara tersebut dihadiri Pengurus Yayasan Alumni Universitas Diponegoro di antaranya sekretaris I Yayasan Eddy Djoko Pramono SH MH MT, Sekretaris II Dr Rr Dian Indriana T SE MSi AkCA, dan Bendahara Dewi Tuti Muryati SH MH.

Baca juga: Teknologi Punya Peran Tingkatkan Pengawasan Pengeluaran Visa Haji

Sedangkan dari jajaran Rektorat, Ketua Senat Universitas Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psikolog, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor III Dr.Muhammad Junaidi SHi MH Sekretaris Universitas Dr Abdul Kharim SE MSI mewakili Rektor Universitas Semarang.

Disamping itu juga dihadiri pimpinan institusi mitra Fakultas Hukum, Dekan Fakultas Hukum Semarang Raya, dosen Fakultas Hukum, tenaga kependidikan, alumni, Dewan Mahasiswa serta Badan Eksekutif Mahasiswa.

Peringatan Dies Natalis Fakultas Hukum Ke-37 telah diisi dengan berbagai kegiatan,

Ketua Panitia Dies Natalis FH USM, Dr.Sukimin,SH.MH mengatakan, peringatan Dies Natalis Fakultas Hukum Ke-37 telah diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain Lomba Debat Hukum antarpelajar SLTA Se-Jateng, kuliah umum, bakti sosial, Workshop Kurikulum OBE.

Baca juga: Ada HUT Bhayangkara di Semarang, Arus Lalu Lintas di Jalan Pemuda Dialihkan

''Kami juga menggelar pelatihan paralegal bagi mahasiswa fakultas hukum Universitas Semarang dan mahasiswa fakultas hukum Semarang Raya, seminar nasional dan Lomba Debat Hukum antarmahasiswa tingkat Jawa-Bali perebutan piala bergilir Prof Dr Muladi SH,'' katanya.

Dia mengatakan, bersamaan upacara Dies Natalis, pihaknya memberikan reward mahasiswa berprestasi akademik dan nonakademik, pemberian santunan kepada Panti Asuhan/Pondok pesantren, pemberian apresiasi alumni dari Dr Aan Tawli SH M kepada lulusan terbaik pada wisuda ke-68 mendapatkan 10 juta.

Beasiswa

Selain itu juga apresiasi beasiswa kuliah di Magister Hukum USM bagi lulusan yang meraih IPK lebih dari 3,90.

''Pada Upcara Dies Natalis diisi orasi ilmiah dengan tema reformasi agrarian antara kenyataan dan harapan yang disampaikan dosen tetap Fakultas Hukum Dr Supriyadi SH MKn,'' ujarnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Dr Ampri Sihotang SS SH MHum mengatakan, Fakultas Hukum terus meningkatkan kualitas dan mutu penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu di bidang Pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bidang pendidikan, propres sumber daya manusia menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan yaitu terdapat jumlah doctor sebanyak 17 orang atau 60 persen dari jumlah dosen tetap sebanyak 29 orang.

Baca juga: Terungkap, Server Situs dan Operator Judi Online di Filipina dan Kamboja

Di bidang penelitian terdapat beberapa dosen yang mendapatkan hibah kompetitif Dikti, hibah kompetitif internal dan penelitian dosen pemula.

Sedangkan di bidang pengabdian dosen telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat baik terhadap masyarakat umum maupun di sekolah SLTA serta melakukan penyuluhan hukum di desa binaan yang dilakukan oleh BKBH Fakultas Hukum atas hasil Kerjasama dengan Kemenkumham Jawa Tengah.

''Disamping pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terdapat beberapa mahasiswa yang berhasil menjadi juara dalam lomba paduan suara tingkat internasional Paduan suara mahasiswa Fakultas Hukum mendapat gold medali pada ajang Karangturi International Choir Competition. Selain itu juga juara I piala Rektor Universitas Semarang cabang bola voli antarmahasiswa,'' jelasnya.

Di bidang akademik, katanya, diraih oleh Mutiara Apriliani sebagai juara I Poster Competition Islamic Banking Festival Tingkat Nasional.

Baca juga: Mbak Ita Akui Masih Miliki PR, Jalani Fit and Proper Test untul Pilwalkot

''Adanya peningkatan penyelenggaraan Pendidikan di Fakultas Hukum ini mengantarkan Fakultas Hukum meraih prestasi Akreditasi Unggul dari BAN-PT yang diterima pada bulan Juni tahun 2024,'' ungkapnya.

Sementara itu, dalam orasinya, Dr Supriadi mengatakan, reformasi agraria merupakan pembaruan agraria mencakup suatu proses yang berkesinambungan, berkenaan dengan penataan kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan sumberdaya agraria, dilaksanakan dalam rangka tercapainya kepastian dan perlindungan hukum serta keadilan dan kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia.

Namun tujuan reformasi agraria di Indonesia tersebut saat ini belum berhasil. Hal itu terbukti masih ditemukan permasalahan agraria terutama pada banyaknya kasus pertanahan yang belum tersentuh penyeslesaianya secara maksimal baik melalui regulasi maupun kekuatan kekuasaan pemerintah. (Aji)