Helo Indonesia

Mahasiswa FH USM Diberi Kesempatan Menulis Skripsi Soal Balai Harta Peninggalan

Kamis, 13 Juni 2024 13:20
    Bagikan  
Mahasiswa FH USM Diberi Kesempatan Menulis Skripsi Soal Balai Harta Peninggalan

Para mahasiswa FH USM berpose bersama nara sumber dalam Kuliah Umum bertema Balai Harta Peninggalan

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Balai Harta Peninggalan Semarang bekerja sama dengan Fakultas Hukum Universitas Semarang (FH USM), menyelenggarakan Kuliah Umum dan Sosialisasi mengenai Balai Harta Peninggalan di Gedung Prof Ir Joetata Hadihardaja lantai 6 USM, Jalan Soekarno-Hatta, Semarang, Kamis 13 Juni 2024.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Balai Harta Peninggalan (BHP) Bernando Da Cruz SH MH dan akademisi FH USM yang juga praktisi Ketua Korwil Kurator Jawa Tengah dan Sekretaris DPC Peradi Kota Semarang Dr Ahmad Dwi Nuryanto SH MH MM.

Baca juga: Jokowi Kurban 7 Sapi di Solo, Ini Masjid dan Ponpes yang Menerima

Kegiatan yang diikuti 100 mahasiswa ini dihadiri, antara lain Kurator Keperdataan Ahli madya Bernardo da Cruz, Kurator Keperdataan Ahli Pertama Arif Syarifudin dan Mita Khairunisa, Kasi Wilayah 3 Nanda Zannibua Harisma serta staf Syamsidar, Heru Raharjo, M Amien Affandi.

Sedangkan dari USM hadir Dekan FH USM Dr Amri Panahatan Sihotang SS SH Hum, Ketua Program Studi S1 Ilmu Hukum Dr Ani Triwati SH MH dan Sekretaris Program Studi Dr Dian Septiandani SH MH.


Menulis Skripsi

Ketua Panitia Dr Dian Septiandani SH MH mengatakan, BHP adalah Balai Harta Peninggalan yang mempunyai tugas mewakili dan mengurus kepentingan orang yang karena hukum atau putusan/penetapan pengadilan tidak dapat menjalankan sendiri kepentingannya berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Salat Idul Adha dan Berkurban di MAJT

''BHP membuka kesempatan bagi mahasiswa yang mau menulis skripsi tentang BHP,'' katanya.

Dia mengatakan, tujuan kegiatan ini agar mahasiswa mengetahui mengenai Balai Harta Peninggalan dan segala hal yang berkaitan dengan kepailitan.

''Kami berharap, kegiatan ini membawa manfaat bagi para mahasiswa khususnya yang akan menulis skripsi tentang BHP,'' ungkapnya. (Aji)