Helo Indonesia

Jokowi Kurban 7 Sapi di Solo, Ini Masjid dan Ponpes yang Menerima

Kamis, 13 Juni 2024 10:34
    Bagikan  
Jokowi Kurban 7 Sapi di Solo, Ini Masjid dan Ponpes  yang Menerima

Petugas dari Dispangtan Pemkot Surakarta memeriksa sapi kurban Presiden Jokowi untuk masjid Al-Wustho Mangkunegaran Solo pada Idul Adha 2023 lalu. Dok RRI

SOLO, HELOINDONESIA.COM - Petugas dari Dispangtan Pemkot Surakarta memeriksa sapi kurban Presiden Jokowi untuk masjid Al-Wustho Mangkunegaran Solo pada Idul Adha 2023 lalu. Dok RRI
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyalurkan bantuan kurban tujuh ekor sapi untuk Kota Solo pada hari raya Idul Adha tahun 2024 ini. Sapi-sapi kurban Jokowi itu disebar ke empat masjid dan tiga pondok pesantren.

Tujuh ekor sapi itu dibeli dari peternakan di sejumlah daerah di Jawa Tengah.

Baca juga: Presiden Jokowi Dijadwalkan Salat Idul Adha dan Berkurban di MAJT

Kepala Bagian Kesra Setda Pemkot Surakarta, Samsu Tri Wahyudi menjelaskan, untuk jenis sapi kurban presiden Jokowi diperkirakan hanya dua yakni simental dan limousin.

"Bukan yang jenis peranakan Ongole, hanya simental dan limousin," tandas Samsu seperti dikutip dari rri.co.id, Rabu 12 Juni 2024.

Samsu menambahkan, tujuh lokasi yang akan menerima hewan sapi kurban dari presiden yaitu empat masjid dan tiga pesantren. Empat masjid meliputi Masjid Agung Keraton Solo, Masjid Al-Wustho Mangkunegaran, Masjid Raya Sheikh Zayed dan Tegalsari Laweyan.


Sedangkan ponpes yang menerima yaitu Ponpes Al-Muayyad kelurahan, Ponpes Al-Qur'aniyy Az Zayadiy milik Gus Karim, serta Ponpes Al-Ikhsan milik Mbah Lepo Mojosongo," kata Samsu.

Baca juga: FREE 15 Twibbon Idul Adha 2024 Terbaru dan Keren, Pas untuk Rayakan Hari Raya Kurban lewat Sosmed


Menurutnya, ketujuh sapi tersebut akan dikirim pada H-1 Idul Adha atau pada tanggal 16 Juni 2024. Bobot sapi-sapi tersebut, kata Samsu, berada pada kisaran 800 kilogram hingga 1 ton.


''Komunikasi dengan urusan setpres dikirim tanggal 16 Juni, bisa malam bisa sore tergantung situasi. Untuk berat antara 800 kilogram hingga 1 ton. Mungkin perlu perlakuan khusus untuk mengirim kalau perjalanan untuk malam hari kalau siang hari agak susah," tambah Samsu.


10 Ekor Sapi

Sementara itu, Jokowi sendiri dipastikan telah membeli 10 ekor sapi dari Jawa Tengah untuk kurban tahun ini. Kepastian tersebut disampaikan Plh Pj Gubernur Jateng Sumarno saat usai rapat DPRD Jateng, Selasa (11/6) lalu.

“Kemarin sudah di assesment teman-teman untuk hewan kurban dari Presiden,” katanya.

Baca juga: Profil Sarwendah yang Digugat Cerai Ruben Onsu, Eks Personil Girlband Cherrybelle

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Agus Wariyanto mengatakan pihaknya bersama Biro Kesra telah menginventarisasi beberapa daerah Wonogiri. “Jawa Tengah sementara mendapatkan alokasi 10 (Sapi) dari pak Presiden,” ucapnya.

Agus menerangkan hewan kurban dari Presiden tersebut rencananya akan didistribusikan di wilayah Solo dan Semarang. “Ini alokasi untuk wilayah Solo, beberapa (data) masjid sudah ada, cuma nanti kita menunggu kepastiannya,” katanya.

Sapi kurban Presiden dipilih dari wilayah Kabupaten Wonogiri, karena tidak mudah mendapatkan sapi khusus dengan berat rata-rata 1 ton. (Aji)