Helo Indonesia

Pj Bupati Mulyadi Irsan Promosikan Program Gempita ke IPB

Rabu, 24 Januari 2024 20:25
    Bagikan  
Pj Bupati Mulyadi Irsan Promosikan Program Gempita ke IPB

Foto ist./helo

LAMPUNG,HELOINDONESIA.COM --

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan kunjungan kerja ke Institut Pertanian Bogor (IPB) guna mempromosikan Program Gempita (Gerakan Membangun Pesisir Tanggamus), Selasa (23/1/2024).

Dalam kunker itu, Pj Bupati Mulyadi Irsan didampingi Kepala Bapperida Hendra Wijaya Mega dan Kadis Perikanan Darma Setiawan.

Kunjungan tersebut disambut oleh Prof. Dr. Ernan Rustiadi, (Wakil Rektor 3 IPB Bidang Riset, Inovasi dan Pengembangan Masyarakat Agromaritim), Prof. Dr. Luky Adrianto, PhD (Ketua International Research Institut For Maritime, Ocean and Fisheries (I-MAR), Prof. Dr, Ario Damar dan Ahyar Haris, (Deputi PKSPL) serta Andi dan Solihin (Deputi) di ruang rapat utama Gedung Pusat Kajian Sumberdaya Pesisir dan Kelautan IPB Bogor.

Baca juga: Topang Pariwisata, DPRD Kota Semarang Dukung Rencana Revitalisasi Pecinan

Pj bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan bersyukur bisaPj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dengan IPB dan mengucapkan terimakasih khusunya kepada PKSPL IPB atas waktu dan kesempatannya. "Alhamdulillah kami dapat di terima disini, tentunya hal ini menjadi kebanggan bagi kami Pemerintah Kabupaten Tanggamus dan juga menjadi harapan bagi masyarakat Tanggamus kedepan," kata PJ

Tambahnya, misi program GEMPITA adalah meningkatkan pengelolaan sumberdaya pesisir Tanggamus secara terpadu dan berbasis masyarakat. "Mengingat potensi Pesisir Tanggamus yang bermacam-macam seperti sumberdaya perikanan, terumbu karang, hutan mangrove, bahan-bahan Bioaktif, Pariwisata, transportasi komunikasi, sumber energi dan konservasi, sarana pendidikan serta penelitian, dengan memelihara, memperbaiki daya dukung serta meningkatkan penataan infrastruktur kawasan pesisir dan kami sangat berkeinginan mewujudkan Tanggamus agar lebih baik lagi kedepannya," paparnya.

Baca juga: Ke Lampung, Mahfud MD Dapat Gelar Adat dan Kampanye di 3 Daerah

Untuk mengoptimalisasi pembangunan Blue Economy pemkab Tanggamus, melalui Dinas Perikanan telah menjalin kerjasama dengan Bappeda Provinsi Lampung. "Demi percepatan pembangunan wilayah pesisir kami berkolaborasi dengan berbagai perangkat daerah, nelayan dan kelompok organisasi nelayan, pelaku usaha, komunitas Maritim dan Stakeholder, untuk memaksimalkan potensi pesisir di sembilan kecamatan dengan panjang garis pantai 202 KM yang Mengarah Pada Pembangunan Blue Economy," pungkasnya.

Sementara Wakil Rektor 3 IPB Prof. Dr. Ernan Rustiadi mengungkapkan, Dosen-Dosen IPB paling produktif di bidang riset terlihat dari jumlah publikasi, jumlah kegiatan penelitian inovasi-inovasinya sampai ke pengabdian masyarakatnya. "Salah satu yang menopang kuat IPB dalam riset inovasi dan pengembangan masyarakat adalah pusat-pusat studi. Dengan Program Gempita IPB sangat tertarik dan siap bekerjasama membantu Pemkab Tanggamus agar GEMPITA segera terealisasi dan terwujud" Ungkapnya. (Hadi Haryanto)