Helo Indonesia

Jalan Tebing Siring Tala Sepanjang 4,7 Kilometer Segera Diaspal

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Senin, 1 Juli 2024 08:19
    Bagikan  
Desa Tebing Siring
Jalan Alternatif

Desa Tebing Siring - Jalan Tebing Siring Tanah Laut sepanjang 4,7 kilometer segera diaspal. (ist/helokalsel)

PELAIHARI, HELOINDONESIA.COM - Impian warga Desa Tebing Siring, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan, untuk memiliki jalan yang nyaman akhirnya akan segera menjadi kenyataan. Setelah bertahun-tahun menanti, Menteri BUMN Erick Thohir telah menandatangani persetujuan pelepasan lahan jalan kebun PTPN IV Regional V Kalimantan di Tala. Sekarang, prosesnya tinggal menunggu turunnya surat resmi ke Pemkab Tala.

Pj Bupati Tala, H Syamsir Rahman, mengambil langkah cepat untuk merealisasikan impian ini dengan melakukan audiensi bersama manajemen pusat PTPN IV. Pertemuan penting ini diadakan di Aula Barakat, lantai 2 kantor Bupati Tala, pada Jumat lalu, dan dihadiri oleh Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV Regional V, Ihsan, serta Manager Kebun Pelaihari, Dede Arifin. Pejabat teras Pemkab Tala, Forkopimda Tala, dan pejabat Kantor Pertanahan (Kantah) Tala juga turut hadir.

Dalam pertemuan tersebut, tercapai kesepakatan bahwa surat persetujuan pelepasan jalan kebun sepanjang 4,7 kilometer akan segera turun ke Pemkab Tala dalam waktu dua minggu. Ihsan menegaskan komitmen pihaknya untuk mempercepat proses ini.

"Setelah surat tersebut turun, kita akan melanjutkan proses administratif seperti pembayaran ganti rugi dan lainnya, dengan bantuan Kantor Pertanahan Tala," jelas Syamsir. Pemkab Tala telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 6 miliar untuk perbaikan jalan tersebut di APBD 2024, serta anggaran sekitar Rp 3 miliar untuk ganti rugi pelepasan lahan.

Syamsir berharap semua tahapan ini bisa selesai dalam lima bulan ke depan, sehingga jalan sepanjang 4,7 kilometer tersebut bisa dicatat sebagai aset milik daerah Tala. Jalan kebun sawit PTPN ini merupakan akses utama warga Desa Tebing Siring menuju kota kabupaten maupun desa lainnya. Selama lebih dari 20 tahun, warga harus melewati jalan yang becek dan licin saat musim hujan, menghambat aktivitas mereka.

Upaya Pemkab Tala untuk mendapatkan persetujuan pelepasan jalan ini sudah dilakukan sejak belasan tahun silam, namun baru kali ini menunjukkan hasil yang konkret. Dengan adanya persetujuan ini, harapan warga Desa Tebing Siring untuk memiliki akses jalan yang layak akhirnya akan terwujud.