Helo Indonesia

Putra Lampung Dapat Bintang dan Dilantik Jadi Wakapolda Banten

Herman Batin Mangku - Nasional -> Peristiwa
Selasa, 2 Juli 2024 05:22
    Bagikan  
Putra Lampung Dapat Bintang dan Dilantik Jadi Wakapolda Banten
Helo Lampung

Brigjen Pol Hengki

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Jelang HUT ke-78 Bhayangkara, putra berdarah Lampung, Hengki mendapatkan bintangnya dari Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Rupattama Mabes Polri, Jakarta, Sabtu (29/6/2024).

Sebelumnya, putra asal Waykanan ini berpangkat komisaris besar (kombes) dengan jabatan Dirnarkoba Polda Metro Jaya. Dengan pangkat brigjen, Hengki kini dipercaya menjabat waka-Polda Banten.

undefined

Hary Kohar, ketua Pokdar Kamtibmas Bandarlampung dan tokoh Forum Masyarakat Transparasi Lampung (FMTL), mengatakan masyarakat provinsi ini patut bersyukur kembali bintang jatuh kepada putra Lampung. 

“Selamat terus berjuang untuk bangsa dan negara,” ujar Hari Kohar kepada Helo Indonesia, Senin (1/7/2024). Dia yakin Brigjen Pol Hengki kelahiran 7 Januari 1971 memiliki rekam jejak bagus.

Setelah lulus Akademi Kepolisian pada 1995, Hengki lantas menjabat sebagai Pamapta Polres Kepri Timur hingga pada 1997 pindah tugas menjadi Kaurbinops Reserse Polres Kepri Timur.

Sepak terjang Kombes Pol Hengki kembali berlanjut setahun setelahnya di Kapolsek Khairah Mandah hingga tahun 1999. Pada tahun tersebut juga dia sempat menjabat sebagai Kasat Serse Polres Inhil dan Kapolsektif Karimun.

Kemudian Hengki digeser untuk menjadi Kabagops Polres Kampar pada tahun 2001. Dua tahun menjabat, dia kembali digeser untuk menjadi Wakasat Reskrim Polrabes Pekanbaru tahun 2003. Pada tahun 2004 Hengki ditugaskan untuk menjadi Pama PTIK.

Kapolres Jakbar yang Berpengalaman di Bidang Reserse Setahun kemudian dia diberikan jabatan baru sebagai Kanit II Sat II Dit Reskrim Polda Banten, belum genap setahun menjabat dia lalu dipindahkan untuk kembali ke Kragiran untuk menjadi Kapolsek hingga tahun 2007.

Setelah itu, dis dipindahkan ke Banten untuk menjadi Kanit I Dit Reskrim sampai 2009. Barulah setelah itu untuk pertama kalinya dia menjejakkan kakinya di Bareskrim Polri sebagai perwira menengah.

Setahun menjabat, Hengki kemudian diangkat sebagai Kanit III Dit V/Tipiter Bareskrim tahun 2010. Lalu dirinya harus kembali ke Polda Banten untuk menjabat beberapa posisi.

Dari Pamen Polda Banten, Kasubdit II Ditreskrimum Polda Banten, hingga Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Banten hingga tahun 2013 dia kembali ditarik ke jakarta untuk menjadi Kapolres Kota Metro.

Pada tahun 2014, Kombes Pol Hengki musti dipindahkan kembali ke daerah asalnya Lampung untuk menjadi Kapolres Lampung Selatan, dan setelah itu menjadi Wadirreskrimsus Polda Sumbar tahun 2015.

Hengki sempat ditugaskan juga sebagai Wakapolresta Barelang pada 2016 dan diangkat sebagai Kapolres Barelang pada 2017. Tahun 2019, dirinya dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri.

Jabatan Kombes Pol Hengki sebagai Kasubdit I Dittipidter Bareskrim Polri rupanya tidak sampai setahun sudsj dipindahkan ke Kabidkum Polda Metro Jaya hingga 2021, dan dilanjutkan sebagai Analis Kebijakan Madya bidang Hukum Divkum Polri.

Hingga akhirnya Kombes Pol Hengki dimutasi berdasarkan Surat Telegram (ST) Nomor ST/498/II/KEP./2023. ST tersebut diteken Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri pada 26 Februari 2023. (HBM)

 -