Helo Indonesia

Dukung Pengembangan UMKM Desa, Pertagas Pelatihan Pengolahan Nanas Kelompok PKK Desa Lubuk Karet

M Ridwan - Ragam -> Makanan
Kamis, 4 Juli 2024 13:51
    Bagikan  
Dukungan,
Ist

Dukungan, - Pelatihan pengolahan nanas untuk kelompok PKK Harmoni di desa Lubuk Karet, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin.

HELOINDONESIA.COM - PT Pertamina Gas (Pertagas) sebagai salah satu afiliasi Sub Holding Gas Pertamina menyelenggarakan pelatihan pengolahan nanas untuk kelompok PKK Harmoni di desa Lubuk Karet, Kecamatan Betung, Kabupaten Banyuasin, pada Kamis (27/6).

Pelatihan yang lokasinya berdekatan dengan Booster Station 77 ini diharapkan mampu mendorong Desa Lubuk Karet untuk mengembangkan UMKM Lokal disana, utamanya bagi anggota kelompok yang terdiri dari ibu-ibu yang tertarik memulai usaha pengolahan nanas yang mana nanas disana tersedia banyak.

Pertagas melalui unit usahanya, Operation Central Sumatera Area (OCSA) bekerja sama dengan Pemerintah Desa, Ketua RT, Tokoh Masyarakat, dan Kelompok PKK Harmoni dalam Pelatihan Pengolahan Nanas.

Baca juga: Ketua KPU Hasyim Asyari Dipecat Karena Terbukti Lakukan Asusila, Ada Chat Rayuan dan Janji Untuk Menikahi Korban

Pelatihan ini mengundang Reni Lusiana sebagai narasumber dari Kelompok Pengrajin Nanas di Prabumulih, tepatnya di desa Pangkul yang telah berhasil mengolah nanas menjadi produk bernilai jual tinggi.

Pada kesempatan pelatihan kali ini kelompok PKK Harmoni belajar mengolah buah nanas menjadi selai dan sirup, serta belajar bagaimana membuat kerajinan dari daun nanas.

“Selama ini kami belum mendapatkan support dari manapun terkait potensi nanas disini. Pertagas merupakan satu-satunya perusahaan yang memberikan support kepada kami untuk saat ini. Kami ucapkan terima kasih yang setulusnya kepada pertagas” ujar Ali Azwar Kepala Desa Lubuk Karet dalam sambutannya.

Baca juga: Joint Working Group RI-Prancis ke-13: Perkuat Kerja Sama bidang Pendidikan Tinggi, Penelitian, dan Inovasi

"Kami sangat berterima kasih atas adanya Pelatihan ini. Kami para ibu-ibu mendapatkan banyak ilmu dan mendapatkan motivasi untuk memulai mengembangkan usaha bersama kelompok PKK Harmoni. Saya juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam menjaga pipa Pertamina yang melintasi desa kita, karena ini adalah aset bersama kita," ujar Ibu Nurul, Ketua PKK Harmoni Desa Lubuk Karet.

Dalam sambutannya, perwakilan Pertagas OCSA, Aditya Anjasmara selaku Tim Distrik Palembang menyampaikan bahwa dukungan Pertagas kali ini sangat bermanfaat bagi masyarakat “Kami berharap adanya partisipasi Pertagas ini dapat membantu warga sekitar utamanya anggota PKK Harmoni untuk dapat mengembangkan UMKM Lokal berbasis nanas,” tutur Aditya.

Sementara itu Head of External Relation West Region Diana Santi yang ikut menghadiri acara tersebut menyatakan bahwa Pertagas berkomitmen akan terus konsisten dalam melaksanakan program CSR yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama dalam mendorong pemberdayaan masyarakat termasuk kaum rentan seperti para perempuan dan upaya pengembangan UMKM Lokal.

Baca juga: Aktor Ammar Zoni Bantah Dugaan Modali Bisnis Sabu Rp50 Juta, Ini Skema Penjualannya

“Pertagas berkomitmen untuk berperan aktif dalam mendukung adanya UMKM Lokal. Kami yakin bahwa dengan adanya UMKM Lokal, Desa dapat mendorong terciptanya banyak peluang ekonomi bagi masyarakat,” ucap Diana.

Penguatan Ekonomi masyarakat merupakan upaya Pertagas mencapai aspek Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) pada tujuan ke 8 yakni Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Selain itu, kegiatan ini juga selaras dengan prinsip perusahaan yang mengepankan aspek Enviromental, Social, dan Governance (ESG) dalam pelaksanaan proses bisnisnya untuk memberikan manfaat bagi masyarakat di sekitar area operasi Pertagas, khususnya area Pertagas OCSA yang mengoperasikan pipa penyaluran minyak dari Tempino – Plaju. (as)