Helo Indonesia

Marc Marquez Ikhlas Kena Penalti Finish ke-4 Jadi Finish Posisi ke-10 di MotoGP Belanda, Ini Penyebabnya

Senin, 1 Juli 2024 10:10
    Bagikan  
Foto
X @marcmarquez93

Foto - Marc Marquez Termenung usai gagal raih podium di MotoGP Belanda

HELOINDONESIA.COM - Marc Marquez yang finish ke empat di MotoGP Belanda harus puas jadi finish posisi ke-10, hal ini karena The Baby Alien mendapatkan penalti waktu tambahan 16 detik.

Marquez bisa terkena hukuman itu karena pelanggaran yang ia buat saat balapan, bukan melakukan senggolan yang bisa menjatuhkan lawan dan bukan melakukan balapan keluar jalur tetapi karena tekanan ban yang tidak sesuai dengan ketentuan.

Meskipun sebenarnya tekanan ban motor Marquez hanya berjarak 0,01 psi saja, tetapi aturan tetap harus dilaksanakan.

“Menurut regulasi MotoGP, kami mengonfirmasi keputusan ini tanpa adanya sidang dengar pendapat. Anda terbukti membalap dengan jumlah tekanan angin ban di bawah ketentuan yang disarankan penyedia resmi (Michelin),” bunyi keputusan tersebut, dikutip dari akun X @denkmit, Minggu (30/6/2024).

Baca juga: Hasil EURO 2024 Babak 16 Besar: Inggris Comeback Dramatis dan Spanyol Seruduk Georgia !

“Untuk alasan di atas, Dewan Pengawas MotoGP memberlakukan penalti tambahan waktu 16 detik yang ditambahkan ke hasil balapan Anda sesuai regulasi,” imbuh pengumuman itu.

Marc Marquez sempat menyesali perbuatannya itu tetapi ia tetap menerima keputusan hukuman penalti. Ia juga sempat membicarakan soal sentuhannya dengan Bastianini di Race MotoGp Belanda yang menurutnya juga berpengaruh kepada tekanan bannya.

“Sayangnya, bahkan dengan sedikit saja (selisih), kami berada di luar batas ketentuan tekanan ban dan karena itu menerima penalti (yang dijatuhkan), Sungguh disayangkan kami meninggalkan tempat ini dengan poin yang lebih sedikit. Sentuhan dengan Bastianini tentu saja berperan besar tetapi kami tidak mau mencari alasan,” terang Marquez, mengutip dari Crash.

Dengan hasil ini membuat Marques hanya bisa meraih 7 poin yang asalnya 13 karena finish di posisi keempat jadi posisi ke -10, total poin Marquez saat ini 142 poin berselisih 58 poin dengan pemuncak klasemen Jorge Martin.

Terlepas dari kejadia Marc Marquez, balapan di MotoGP Assen dimenangkan dengan mudah oleh Pecco Bagnaia, urutan kedua ada Jorge Martin dan podium terkahir diisi Enea Bastianini

Baca juga: Pemain Badminton China, Zhang Zhie Jie Meninggal Dunia Saat Ikut Ajang BAJC 2024 di Yogyakarta