Helo Indonesia

Ini Manfaat Air Beras Untuk Kecantikan, Murah Nan Meriah

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Senin, 15 Mei 2023 02:01
    Bagikan  
-
Foto : Ist

- - Ilustrasi Cucian Beras

HELOINDONESIA.COM - Sejak zaman nenek moyang, air cucian beras atau endapannya digunakan untuk cuci muka, masker, hingga bedak dingin.

Ada puluhan klaim manfaat air beras untuk kecantikan. Mana yang memang betul-betul efektif ? Berikut ini beberapa di antaranya.

Mengatasi Kulit Kering dan Iritasi

Manfaat air beras yang pertama adalah mengatasi iritasi dan kulit kering. Menurut artikel di laman Healthline, manfaat air beras berkhasiat untuk membantu meredakan kekeringan dan iritasi kulit akibat sodium laurel sulfate (SLS). Penelitian tahun 2002 menunjukkan kalau penggumaan air beras dua kali sehari bisa membantu merawat kulit yang kering dan rusak karena SLS. Berendam air beras terbukti mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk memulihkan diri hingga 20 persen.

Baca juga: Perlu Diketahui, 5 Rasa Vagina Bisa Gambarkan Kondisi Kesehatan

Melindungi Kulit dari Efek Buruk Sinar Matahari

Pada jumlah yang tepat, sinar matahari sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Jika berlebihan, kulit bisa terbakar, mengalami flek, dan pigmentasi berlebih.

Sebuah studi pada tahun 2016 membuktikan kalau senyawa kimia di dalam beras efektif untuk melindungi kulit dari pengaruh buruik sinar matahari, terutama jika dikombinasikan dengan beberapa ekstrak tumbuhan yang berkhasiat sama.

Mencegah Kerusakan Sel Kulit Karena Radikal Bebas

Beraz mengandung antioksidan kuat yang bisa melindungi sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Salah satunya adalah inositol.

Sifat antioksidan beras dibuktikan melalui penelitian di tahun 2018. Para peneliti menemukan bukti bahwa beras menunjukkan aktivitas antioksidan yang sama dengan asam askorbat (vitamin C).

Baca juga: Wujudkan Jakarta Hijau Royo-royo, Wali Kota Jakpus Terima 600 Pohon Ditanam di Sekolah

Mengurangi Tanda-Tanda Penuaan

Manfaat air beras berikutnya adalah memperlambat penuan kulit. Sebuah penelitian di tahun 2018 menemukan bukti kalau penggunaan air beras bisa mengurangi aktivitas elastase, enzim yang berkaitan dengan penuaan kulit.

Penelitian lain yang dilakukan pada tahun 2001 membuktikan kalau inositol pada beras mampu mengurangi penampakan kerutan dan garis halus sebanyak 12,4 persen dan meningkatkan elastisitas kulit hingga 17 persen setelah penggunaan selama 7 minggu.

Itulah beberapa manfaat air beras untuk kecantikan kulit yang sudah terbukti lewat penelitian. Nsmun, pengujian lebih lanjut dalam skala yang lebih luas masih diperlukan untuk membuktikan khasiat substansial air beras.