Helo Indonesia

Bawaslu Lampung Raih Kehumasan Terbaik, CeDPPIS: Ucapkan Selamat

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Senin, 1 Juli 2024 23:19
    Bagikan  
BAWASLU
Helo Lampung

BAWASLU - Pemberian penghargaan (Foto Ist)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Ketua Badan Pekerja Center for Democracy and Participative Policy Initiatives Studies (CeDPPIS) Muzzamil turut khaturkan selamat pada Bawaslu Lampung atas raihan Apresiasi Kehumasan Terbaik Bawaslu Provinsi pada Pemilu 2024 dari Bawaslu RI.

Acara digelar pada Malam Apresiasi Kehumasan Terbaik Bawaslu Provinsi/Kabupaten/Kota se-Indonesia, bagian Rapat Evaluasi Nasional Kehumasan Bawaslu dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Persiapan Kehumasan Tahapan Pemilihan Serentak 2024, di Hotel Boutique Golden, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2024).

Ketua Badan Pekerja CeDPPIS Muzzamil, lewat keterangan tertulis di Bandarlampung, Senin (1/7/2024), khatur selamat, sekaligus menyebut pihaknya tak terlalu kaget atas capaian itu. Pasalnya, itu memang layak diberikan Bawaslu RI, dan pantas diterima Bawaslu Provinsi Lampung.

"Barakallah. Turut senang, bangga, angkat topi buat Bro Iskardo P. Panggar (Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, red) serta jajaran. Kami termasuk yang pelototi, monitor jauh, segenap upaya rendah hati, terstruktur, sistematis, dan masif, dari Bawaslu Lampung sepanjang Pemilu 2024, dari sekira Juni 2022.

Betapa jibaku Bawaslu Lampung bumikan gelegar padu padan pengawasan melekat dan pengawasan partisipatif dalam proses pengawasan Pemilu di Lampung ini kaya aksentuasi dan kaya pertaruhan, bahwa setiap gerak langkah Bawaslu setempat wajib hukumnya publik ketahui, lewat apa? Humas," tandas Muzzamil menjelenterehkan.

Menyebut pihaknya sama sekali tak sedang melebih-lebihkan, Muzzamil menyatakan, pihaknya menilai, Bawaslu Lampung relatif sukses menghela kinerja pengawasannya untuk dapat berkemampuan sedekat mungkin dengan perubahan fundamental di tubuh Bawaslu sebagai lembaga penyelenggara Pemilu unsur pengawas, dari clue lama "awasi cegah tindak" menjadi "cegah, awasi, tindak!" sejauh amatan kurun Pemilu lalu.

"Sekali lagi selamat, jangan jumawa, jadikan ini sekaligus sebagai bekal sukses senada pada Pilkada Serentak 2024. Pesan kami satu, tetap berlaku adil-lah sejak dari pikiran," pungkas Muzzamil, aktivis 1998, yang juga praktisi kehumasan lembaga seperti APINDO dan Forum Relawan Bencana Lampung ini.

Diwartakan, Bawaslu Lampung menerima Apresiasi Kehumasan Terbaik tingkat Provinsi dari Bawaslu RI dalam Pemilu 2024, wujud apresiasi terhadap kinerja Humas setempat, bersama 10 lainnya. Yaitu, Bawaslu Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua.

"Apresiasi diterima Bawaslu Lampung dan 10 provinsi lainnya ini, penghargaan atas kerja keras kehumasan di Bawaslu Provinsi, bagaimana membangun citra lembaga di mata publik jadi lebih baik.

Namun demikian, kami takkan berpuas diri karena kedepannya banyak tantangan akan kita hadapi seperti mengedukasi tahapan Pilkada, mengedukasi pemilih pemula dan elemen masyarakat," ujar komisioner cum Koordiv Humas dan Datin Bawaslu Lampung, Ahmad Qohar, mewakili Ketua Bawaslu Lampung Iskardo P. Panggar.

Ada pun, anggota Bawaslu RI, Lolly Suhenti, menyatakan kegiatan itu merupakan refleksi kinerja Bawaslu selama Pemilu 2024, dengan tujuan memperkuat langkah lembaga dalam pengawasan Pilkada Serentak. Imbau Lolly, kinerja humas mampu bekerja lintas divisi.

"Sebab, publik harus tahu apa saja yang Bawaslu lakukan, mulai dari pencegahan, penindakan pelanggaran, hingga penyelesaian sengketa dalam mengawasi Pemilu atau Pilkada," lugas Lolly.

Penghargaan ini genapi raihan penghargaan dari Bawaslu RI sebelum, yakni Penghargaan Terbaik 1 Kategori Media Sosial Terproduktif, Terbaik 1 Kategori Publikasi Video Terbaik, Terbaik 2 Kategori Karya Video Terbaik pada Rakornas dan Anugerah Kehumasan Bawaslu 2023 tema Membangun Kepercayaan Publik Melalui Kehumasan Berkualitas dalam Pengawasan Pemilu 2024, pada 22 November 2023 lalu. (Rls)

 -