Helo Indonesia

PDIP Punya Stok 6 Calon Wakil Gubernur Dampingi Mirza

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Senin, 1 Juli 2024 16:24
    Bagikan  
PILGUB LAMPUNG
Helo Lampung

PILGUB LAMPUNG - Umar Ahmad, Parosil, Sutono, Winarti, Mukhlis Basri, Yanuar (Foto Kolase Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- PDI Perjuangan memiliki stok enam calon wakil Rachmat Mirzani Djausal (RMD) atau Mirza jika wacana koalisi berjalan sesuai apa yang dikatakan Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu (30/6/2024).

Menurut Sekretaris PDIP Lampung Sutono hepada Helo Indonesia, Senin (1/7/2024), mereka yang mengikuti penjaringan partainya sebagai calon gubernur adalah Umar Ahmad, mantan dua periode bupati Tulangbawang Barat (Tubaba).

Kader yang telah mengembalikan formulir sebagai wakil gubernur adalah Yanuar Irawan.

Menururnya, ada empat stok kader potensial, yakni Mukhlis Basri (anggota DPR RI), Winarti (Mantan Bupati Tulangbawang) dan Parosil Mabsus (Mantan Bupati Lambar).

"Saya ada, tapi terakhir," katanya. "Tinggal tunggu pilihan DPP PDIP yang mana yang akan dijajakin buat koalisi dengan Partai Gerindra yang telah menunjuk Rahmat Mirzani Djausal (RMD)," katanya.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto, Minggu (30/6/2024), yang buka suara kemungkinan PDI Perjuangan akan merapat ke Partai Gerindra pada Pilgub Lampung 2024. Pilihan realistisnya, wakil gubernur, katanya.

Sekretaris PDIP Lampung Sutono membenarkan partainya akan berkoalisi dengan Partai Gerindra yang mencalonkan Rahmat Mirzani Djausal (RMD) sebagai bakal calon gubernurnya.

Lain halnya, kata anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Wihadi Wiyanto, DPD Gerindra Lampung belum memutuskan nama untuk calon wakil gubernur Lampung. Komunikasi politik yang dibangun adalah dengan anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) dan PKB.

Setelah dibahas koalisi, nanti baru akan ditentukan setelah ada keputusan siapa yang nanti akan menjadi calon wakil gubernur.

RMD tidak mendaftar penjaringan dan penyaringan sebagai calon gubernur di PDIP Lampung. Padahal, Mirza mendaftar di seluruh parpol yang membuka penjaringan, mulai dari PAN, Nasdem, dan Demokrat. (HBM)


 -