Helo Indonesia

Target Tinggi Bali United, ingin Melengserkan Dominasi Borneo FC Samarinda di Puncak Klasemen Sementara Liga 1 Indonesia

Sabtu, 30 Desember 2023 14:32
    Bagikan  

HELOINDONESIA.COM - Jika Persik memasang target tinggimeraih poin penuh, ternyata hal yang sama juga dilakukan pelatih Bali United, Stefano Cugurra saat nanti bermain di pekan ke-24, Minggu (5/12/2023) di Stadion Brawijaya Kediri.

Bali United saat ini meliburkan timnya selama tiga pekan, mereka akan kembali berkumpul pada 9 Januari 2024, sementara Persik Kediri 5 Januari 2024.

Di laga terakhirnya Bali United bermain imbang 0-0 melawan Persib Bandung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Baca juga: Persaingan Papan Atas Makin Ketat, Jika Ingin Masuk Lima Besar, Setiap Laga Persik Harus Menang Terus

Hasil itu menorehkan Bali United menggeser posisi Persib Bandung yang tadinya berada di runner up klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan 41 poin.

Meski berada di peringkat kedua Bali United masih memiliki selisih 10 poin dengan peringkat pertama klasemen sementara yakni Borneo FC Samarinda dengan 51 poin.

Pelatih yang akrap dipanggil Teco itu, mewanti-wanti anak asuhnya untuk tetap menjaga fisik selama liburan lanjang Natal dan Tahun Baru, yang mengusung misi menggeser Borneo FC dari puncak klasemen.

Baca juga: Sejauh ini Persebaya Belum Pernah Menang vs Bali United, Mampukan Josep Gombau Pecahkan Telor

"Mereka (pemain) sudah diberikan program latihan oleh tim pelatih fisik. Saat kembali latihan di Bali, kami akan fokus pada fisik, teknik dan taktik dalam tim," jelas Coach Teco dikutip dari laman resmi Bali United.

Stefano Cugurra juga menambahkan, bahwa selepas jeda kompetisi ini, para pemain harus tetap fokus dan konsisten dalam permainan. Sebab Serdadu Tridatu memasang target tinggi musim ini.

"Semoga saja kami tetap bisa fokus dan kerja keras untuk bisa dapat hasil maksimal ketika kembali memulai kompetisi," sambung mantan pelatih Persija Jakarta itu.

Baca juga: Sikat Bali United 2-1, PSIS Semarang Beranjak ke Peringkat Empat

Musim lalu, Bali United menduduki peringkat kelima klasemen sementara. Padahal mereka menyandang status jawara Liga 1 2021/2022.

Tetapi, penampilan mereka mersosot dan di akhir musim harus rela finish di peringkat 5.

Kini mereka mengalami hal serupa dengan musim lalu. Terseok-seok di awal musim. Alasannya jelas Irfan Jaya cs bermain di dua kompetisi, Liga 1 dan AFC Cup.

Namun, perlahan mereka bisa bangkit dan mengejar ketertinggalan. Buktinya mereka bisa merangsek naik ke papan atas. Kini mereka menjadi sinyal bahaya bagi Borneo FC di puncak klasemen.

Baca juga: Persik Kediri ingin Sapu Bersih Laga Sebelum Libur Jeda Pemilu 2024, Pekan ini Melawan PSM Makassar

Jika penampilan mereka bisa konsisten, mereka akan bermain di championship series, untuk merebut kembali trofi Liga 1.

Untuk menumbuhkan kompetitif pemainnya, Bali United berencana menggelar laga uji coba setelah pemain kembali dari masa liburan yang telah diberikan di jeda Liga 1 2023/24 ini.

Tim dijadwalkan akan kembali menggelar sesi latihan bersama pada 9 Januari 2024 mendatang di Training Center Bali United, Pantai Purnama, Gianyar.

Baca juga: Persik Bermain Imbang Melawan Dewa United 0-0, Suporter Persikmania Muring-muring di Sosial Media

Nantinya sembari menunggu laga pekan selanjutnya melawan Persik Kediri yang dijadwalkan dihelat pada 5 Februari 2024 akan dimanfaatkan persiapan dan menggelar laga uji coba.

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra menargetkan setidaknya ada dua kali uji coba yang harus dilakukan tim sebelum laga melawan Persik.

Uji coba tersebut dimaksudkan agar Irfan Jaya dkk dalam keadaan siap menghadapi laga kompetitif setelah masa libur selesai.

Baca juga: Bojan Hodak Akui Persik Kediri Lawan Sulit, Marcelo Ingin Putus Rekor 14 Laga Persib Tanpa Kalah

"Kami dari tim pelatih sudah bicara dengan manajemen minimal ada 2 laga uji coba sebelum melawan Persik Kediri," ujar pelatih yang akrab disapa Teco itu.

Laga uji coba tersebut menurutnya sebagai bentuk fokus dan kesiapan Bali United menatap lanjutan kompetisi BRI Liga 1 2023/24.

"Saya pikir semua tim akan memulai dari awal saat kompetisi Liga 1 bergulir kembali bulan Februari mendatang," ucap Stefano Cugurra.

Baca juga: Mengapa Menghadirkan Debut Ze dan Bachdim di Persik Kediri, Begini Alasan Pelatih Marcelo Rospide

Ia pun berharap para pemain tetap fokus dan bekerja keras setelah kembali latihan hingga menghasilkan kualitas yang baik saat kompetisi nanti.

"Semoga saja kami tetap bisa fokus dan kerja keras untuk bisa dapat hasil maksimal ketika kembali memulai kompetisi," pungkasnya. **