Helo Indonesia

MAJT Bagikan 3.000 Bungkus Daging Kurban, Diawasi Disnakkeswan untuk Pastikan Sehat dan Layak

Sabtu, 1 Juli 2023 21:48
    Bagikan  
MAJT Bagikan 3.000 Bungkus Daging Kurban, Diawasi Disnakkeswan untuk Pastikan Sehat dan Layak

Penyerahan daging kurban kepada yang berhak oleh Ketua Panitia Iduladha MAJT Nur Khoirin didampingi Koordinator Distribusi Eman Sulaiman

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) pada Iduladha 1444 H, menyalurkan kurang lebih 3.000 bungkus daging kurban kepada masyarakat. Pada tahun ini Panitia Iduladha MAJT menyembelih sebanyak 12 ekor sapi dan 18 ekor kambing yang berasal dari para mudhohi.

Ketua Panitia Iduladha MAJT, Prof Dr Nur Khoirin MAg mengatakan, proses penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh tim jagal profesional dan diawasi oleh panitia. Bahkan tim dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah juga mengawasi dari awal penyembelihan hingga proses pencacahan untuk memastikan daging itu sehat dan layak. Pengawasan juga dilakukan oleh para mahasiswa Fakultas Peternakan Undip.

Prof Nur Khoirin didampingi Drs H Eman Sulaiman MH selaku koordinator distribusi daging kurban menambahkan, setelah selesai pencacahan daging kurban kemudian dibungkus rapi dan ditimbang oleh panitia, selanjutnya semua daging kurban langsung dibagikan kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Sebanyak 3.000-an bungkus daging kurban sudah kami bagikan kepada yang berhak. Antara lain masyarakat di lingkungan MAJT, pegawai MAJT, para santri, lembaga-lembaga lain, dan masyarakat yang mengajukan kepada panitia,” jelas Kiai Eman Sulaiman yang juga pendiri Asosiasi Pengacara Syariah Indonesia (APSI).

Hewan kurban yang diterima panitia Idul Kurban MAJT antara lain berasal dari Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Wali Kota Semarang Hj Hevearita G Rahayu, Ketua Baznas RI Prof Dr Noor Achmad, Pimpinan Bank Jateng, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Ketua Baznas Jateng Dr KH Ahmad Darodji, dan sejumlah tokoh masyarakat di Semarang. (Aji)