Helo Indonesia

Tim PkM USM Beri Pelatihan IoT pada Siswa dan Guru SMAN 4 Semarang

Minggu, 23 Juni 2024 06:41
    Bagikan  
Tim PkM USM Beri Pelatihan IoT pada Siswa dan Guru SMAN 4 Semarang

Tim USM saat melatih dan mengenalkan IoT kepada siswa dan guru SMAN 4 Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim pengabdian kepada masyarakat dosen Teknik Elektro Universitas Semarang memberikan Pelatihan Pengenalan Internet of Things(IoT) bagi Siswa/Siswi SMAN 4 Semarang di laboratorium komputer SMAN 4 Semarang, baru-baru ini.

Kegiatan yang didanai oleh Universitas Semarang (USM) tersebut dilangsungkan secara offline dan diikuti 15 siswa-siswi kelas X dan kelas XI serta guru SMAN 4 Semarang.
Tim PkM USM terdiri atas, La Ode Muhamad Idris ST MT, Dr Ir Andi Kurniawan Nugroho ST MT IPM dan Sri Heranurweni ST MT.

Baca juga: Talkshow Radio USM Jaya, Inilah Alasan Perempuan Tak Mau Dikotak-kotakkan

Dalam pelatihan tersebut, para peserta diberikan pemahaman mendalam tentang konsep dasar IoT termasuk prinsip-prinsip komunikasi antarperangkat, pengumpulan dan analisis data, serta implementasi aplikasi berbasis IoT dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua Pelaksana La Ode Muhamad Idris ST MT mengatakan, tujuan pelatihan adalah sebagai tindak lanjut kesepakatan kerja sama bidang penelitian dan pengabdian serta untuk memperkenalkan dan melatih peserta dalam bidang pengaplikasian mikrokontroler terutama penerapan pada teknologi IoT.

''Pada pelatihan ini juga diperkenalkan mikrokontroler ESP32 yang telah memiliki teknologi komunikasi WiFi yang kemudian dapat mempermudah pengguna mikrokontroler dalam pengaplikasian Internet of Things,'' katanya.

Dukung Teknologi

Menurutnya, dengan penggunaan mikrokontroler yang telah memiliki prosesor tinggi serta telah mendukung teknologi komunikasi Wireless akan sangat mempermudah orang awam untuk mengaplikasikan teknologi IoT.

Baca juga: JADWAL dan Link Live Streaming Euro 2024 Hari ini, Ada Swiss vs Jerman

''Pada pelatihan ini para peserta juga melakukan praktik langsung melakukan pemrograman sensor kelembaban dan sensor suhu, serta melakukan pengaturan dashboard berbasis web menggunakan Blynk IO yang mana data sensor kemudian dapat dimonitoring dari masing-masing perangkat peserta baik dari komputer maupun dari ponsel smartphone,'' ungkapnya.

Di samping itu, katanya, kegiatan ini juga menjadi fasilitas untuk memperlengkapi dan mengarahkan peserta yang hadir untuk mengikuti lomba robotik yang sering diselenggarakan oleh berbagai Universitas serta mempersiapkan para siswa untuk mengikuti lomba teknologi tepat guna.

''Kami berharap, siswa-siswi SMAN 4 Semarang dapat berprestasi dalam kancah regional maupun nasional,'' tandasnya. (Aji)