Helo Indonesia

Tim PkM USM Beri Pelatihan Senam Stik kepada Warga Kalibanteng

Jumat, 17 Mei 2024 14:22
    Bagikan  
Tim PkM USM Beri Pelatihan Senam Stik kepada Warga Kalibanteng

Tim USM saat melatih enam stik kepada warga Kalibanteng Semarang

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) memberikan Pelatihan Senam Stik kepada Warga Kalibanteng Kulon khususnya, warga RW 06 Semarang Barat pada Sabtu 11 Mei 2024 lalu di Aula Kelurahan Kalibanteng Kulon.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Andi Nurcahyo SPd MPd, anggota Diah Aryati Puji Lestari, SSi MSi dan Sulistyowati ST MT. Mereka dibantu dua mahasiswa yakni Ivan Maulana A dan Fauzi Slamet N.

Menurut Andi, senam Stik merupakan Senam Irama dengan sarana stik yang terbuat dari Fiber/tongkat. Stik tersebut untuk menambah semangat para insan persenaman/masyarakat.

Baca juga: Maju Jadi Bacawagub Jateng, Istajib akan Ziarah ke Makam Mbah Maimun di Mekah

Materi Senam Stik yang ada 4 gerakan. Gerakan senam stik adalah dua langkah kekanan dan kiri 1-4 hitungan sambil memukul stik lalu satu Langkah kanan kiri sambil memukul stik tangan ke depan dan belakang tubuh.

Maju ke depan tangan menggulung-gulung sera satu kaki buka tutup kanan kiri hitungan 1-4 x, kemudian hitungan 5-8 mundur serta memukul stik.

''Kaki kanan maju ke depan diikuti kedua stik memukul secara 2 hitungan ke atas dan kebawah, lalu dipercepat dengan tempo 1 hitungan memukul ke atas dan ke bawah. Gerakan ini dilanjut sisi tubuh sebelah kiri. Kaki kuda-kuda/squat sambil memukul stik ke lantai dan di depan dahi pemukul secara perlahan dan bertempo cepat,'' katanya.

Semangat

Dia mengatakan, senam Stik merupakan Senam Irama dengan sarana stik yang terbuat dari Fiber/tongkat. Stik tersebut untuk menambah semangat para insan persenaman/masyarakat.

''Tujuan kegiatan meningkatkan gerak motorik,'' ungkapnya.

Baca juga: KONI Yakini Judo Jateng Bisa Kembalikan Era Emas di PON Aceh-Sumut

Dia berharap, melalui masyarakat lebih mengenal USM serta menambah peningkatan senam Stik gerak motorik, serta dapat dikenal masyarakat.

''Semoga ke depan PkM ini dapat dilakukan secara berkelanjutan dan dilakukuan secara rutin supaya menambah peningkatan gerak motorik yang dapat menjaga kebugaran dan kesehatan jasmani,'' tandasnya. (Aji)