Helo Indonesia

Tim PkM USM Selenggarakan Psikoedukasi Pengenalan Gangguan Psikologis pada Lansia

Rabu, 19 Juni 2024 20:16
    Bagikan  
Tim PkM USM Selenggarakan Psikoedukasi Pengenalan Gangguan Psikologis pada Lansia

KETUA: Ketua Tim PkM Fakultas Psikologi USM Martha Kurnia Asih MSi (kiri) bersama tim saat bertemu dengan Priyo Sarjono ST, Lurah Mlatibaru, Kecamatan Semarang Timur. Foto: Dok

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM -Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dosen Fakultas Psikologi Universitas Semarang menyelenggarakan Psikoedukasi Pengenalan Gangguan Psikologis pada Lansia di Persatuan Paguyuban Lanjut Usia (PPLU), Kelurahan Mlatibaru, Kota Semarang, baru-baru ini.

Tim PkM terdiri atas Ketua Martha Kurnia Asih MSi, anggota Sri Widyawati MSi Psikolog, dan A Dian Savitri, MSi Psikolog. Kegiatan yang diikuti 60 anggota PPLU itu dihadiri Priyo Sarjono, ST selaku Lurah Mlatibaru Kecamatan Semarang Timur.

Martha mengatakan, PPLU Kelurahan Mlatibaru selama ini telah aktif melakukan kegiatan mendukung pemeliharaan kesehatan fisik, yaitu program Posyandu Lansia dan senam bersama setiap dua minggu sekali. Namun belum pernah melakukan kegiatan terkait kesehatan psikologis lansia.

''Tujuan kegiatan ini untuk memberikan psikoedukasi pengenalan permasalahan gangguan psikologis kepada para lansia dan keluarga (sebagai pendamping),'' katanya.

Gangguan

Menurutnya, peserta akan memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk mengenali diri mengenai gangguan psikologis yang dihadapi. Dalam kegiatan tersebut, para lansia diberikan materi pengetahuan tentang pengenalan gangguan psikologis. Banyak lansia yang belum memahami tentang gangguan psikologis.

Dia berharap, kegiatan tersebut bermanfaat bagi para lansia untuk dapat melakukan pemeriksaan diri secara dini mengenai permasalahan psikologis yang dialami, sehingga dapat melakukan antisipasi agar permasalahan psikologis tersebut tidak berkembang lebih lanjut.

''Begitu pula dengan keluarga sebagai pendamping dalam keseharian lansia, dapat memberikan dukungan yang sesuai dengan kebutuhan lansia tersebut,'' ungkapnya. (ADE)