Helo Indonesia

Rekor Baru Pep Guardiola, Pelatih Pertama Raih 2 Kali Treble Winner

Drajat Kurniawan - Olahraga
Minggu, 11 Juni 2023 16:22
    Bagikan  
Pelatih Manchester City Pep Guardiola
Foto : Ist

Pelatih Manchester City Pep Guardiola - (Skysports)

HELOINDONESIA.COM - Manchester City berhasil meraih Juara Liga Champions usai menaklukkan Inter Milan dengan 1-0 di pertandingan final Minggu, 11 Juni 2023 dini hari WIB.

Dengan hasil tersebut, Manchester City berhasil mencetak sejarah baru bagi klub karena untuk pertama kalinya menyabet trofi si Kuping Besar. 

Tidak hnya itu, setelah menjuarai Liga Champions, sejarah baru juga diukir klub Manchester City lantaran berhasil meraih treble winner untuk pertama kalinya. The Citizen musim ini meraih gelar Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions.

Adapin bagi Pep Guardiola selaku manajer tim, ini juga menjadi catatan rekor tersendiri bagi pelatih asal Spanyol. Dia juga menjadi pelatih pertama yang berhasil meraih dua treble winner. Meraih treble winner pertama ditorehkan Guardiola saat dirinya masih menahkodai Barcelona di musim 2008-2009. Dia berjasil mengantar Lionel Messi cs meraih gelar juara La Liga, Copa Del Rey, dan Liga Champions dalam satu musim.

Baca juga: Dikabarkan, Laga Timnas Indonesia vs Argentina Bakal Tanpa Messi

Namun usai mencetak prestasi gemilang, karir Guardiola mulai meredup karena gagal mengulang prestasi saat menangani Bayern Munich mulai 2013 hingga 2016.

Guardiola kembali melakukan pencapaian spektakuler, usai empat belas tahun, dia kembali meraih treble winners bersama Manchester City. Setelah, dalam musim ini, berhasil mempersembahkan trofi Liga Premier Inggris, Piala FA dan Liga Champions ke Etihad Stadium.

Gol semata wayang berhasil diraih Manchester City melalui kaki Rodri pada menit ke-68 berhasil menjadi satu-satunya gol dalam pertandingan itu sekaligus menyudahi prlawanan Inter Milan.

Baca juga: Soal Rencana Pertemuan Puan-AHY, Demokrat Berharap Menghapus Dendam Masa Lalu

Prestasi Guardiola pun diakui Salah satu legenda Manchester United, Rio Ferdinand. Rio memuji pria plontos itu adalah salah satu manajer terbaik sepanjang masa. “Apakah dia (Guardiola) membutuhkan pertandingan ini agar diakui sebagai salah satu yang terhebat? Saya pikir kami semua setuju. Dia meminta timnya melukis gambar yang belum pernah kami lihat seumur hidup,” ujar Ferdinand dikutip dari SportsMax,Minggu, 11 Juni 2023.