Helo Indonesia

Soal Rencana Pertemuan Puan-AHY, Demokrat Berharap Menghapus Dendam Masa Lalu

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Minggu, 11 Juni 2023 14:39
    Bagikan  
AHY dan Airlangga Hartarto
tangkapan layar

AHY dan Airlangga Hartarto - AHY dan Airlangga Hartarto saat memberikan keterangan pers usai bertemu SBY di Cikeas, Sabtu 29 April.

HELOINDONESIA.COM - Partai Demokrat merespon positif ajakan PDIP membahas adanya peluang kerjasama politik menjelang kontestasi Pemilu 2024.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat Andi Arief mengatakan, gagasan pertemuan tersebut merupakan suatu kemajuan mengingat sejak tahun 2004, Demokrat dan PDIP tidak ada komunikasi lagi.

Menurut Andi, pertemuan tersebut dalam rangka pembahasan persoalan bangsa. Jadi kata dia, tidak hanya menyikapi soal dukungan calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) namun lebih kepada bagaimana mengatasi persoalan bangsa.

"Kami menyambut baik, tetapi jangan dipandang hanya soal capres-cawapres saja. Namun menatap ke depan bersama. Harus menyeluruh," kata dia dalam keterangannya, dikutip Minggu (11/6/2023).

Baca juga: Bawa Manchester City Raih Juara Liga Champions, Guardiola Bungkam Pengkritik

Andi menilai pertemuan tersebut juga menjadi harapan baru umtuk hubungan kedua parpol. Dia berharap, generasi baru mengawali suatu proses komunikasi sehingga menghilangkan unsur sakit hati di masa lalu.

"Komunikasi antar generasi baru ini akan meninggalkan dendam. Menghilangkan masa-masa di mana politik-politik baper sebelumnya, kita hilangkan lah," ucapnya.

Meski demikian, Andi belum menyebutkan kapan pertemuan AHY dengan Puan akan digelar. Dia hanya bilang, pertemuan itu tengah disiapkan dua partai. "Nanti kita komunikasikan lagi, sekarang masih Terus dibicarakan," ujarnya.

Baca juga: Ramuan Madu dan Kayu Manis: Obat Ampuh atau Mitos Warisan Orang Terdahulu?

Sebelumnya gagasan PDIP mengajak Demokrat berkolalis disampaikan Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto. Dia meminta Partai Demokrat bergabung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Menurut Hasto, PDIP dalam hal ini membuka peluang lebih dahulu meskipun saat ini sudsh berkoalisi dengan sejumlah parpol. "Jadi, ya, inilah kami dengan kerendahan hati menawarkan suatu kerja sama,” ujarnya di kantor DPP PDIP, Jakarta, Jumat (9/6/2023) lalu.

Karena itu menurut Hasto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani akan bertemu dengan AHY untuk melakukan dialog. 

Baca juga: Pantas Dianjurkan Oleh Nabi, Ternyata Ini 7 Manfaat Kesehatan Kurma yang Perlu Anda Ketahui

"Nanti Mbak Puan akan bertemu dengan Mas AHY untuk melakukan dialog, tetapi kami menghormati etika politik,” kata Hasto.