Helo Indonesia

Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Biji Kakao Bagi Kesehatan Tubuh Anda

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 1 Juli 2023 22:28
    Bagikan  
Biji kakao.
pixabay/ allybally4b

Biji kakao. - Kakao tak hanya lezat namun juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Selama berabad-abad, biji Kakao telah digunakan sebagai bahan dasar pembuatan cokelat, memberikan kenikmatan kuliner.

Biji Kakao sangat kaya nutrisi serta senyawa bioaktif yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Perawatan harus dilakukan untuk memilih biji kakao berkualitas tinggi dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang seimbang.

Memasukkan biji kakao ke dalam pola makan sehat dan gaya hidup aktif seperti manfaat kesehatan dari berhenti minum alkohol dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti;

1. Menjaga Kesehatan Otak

Mengkonsumsi biji kakao dengan senyawa bioaktif seperti flavonoid, protein dan theoblin dapat meningkatkan fungsi kognitif seperti perhatian, fokus dan memori. Antioksidan seperti flavonoid berperan dalam meningkatkan aliran darah ke otak, yang meningkatkan fungsi otak dan melindungi neuron dari kerusakan.

Baca juga: 9 Makanan Terbaik untuk Mengatasi Masalah Tekanan Darah Tinggi

Antioksidan memainkan peran anti-penuaan karena melawan stres oksidatif dan kerusakan akibat radikal bebas. Ini melindungi otak dari penurunan kognitif yang berkaitan dengan usia. Antioksidan sangat membantu untuk menjaga kognisi yang sehat.

Manfaat kesehatan dari biji kakao yang dikonsumsi dalam jumlah yang wajar dapat mengurangi gejala depresi dan meningkatkan suasana hati dengan kandungannya (phenylethylamine dan anandamine) melalui pelepasan endorfin, neurotransmiter yang berkontribusi pada perasaan bahagia dan relaksasi.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Risiko penyakit jantung dapat dicegah dengan mengonsumsi antioksidan dalam jumlah yang wajar. Antioksidan seperti flavonoid dapat ditemukan pada biji Kakao.

Baca juga: 7 Manfaat Kesehatan Afrocarpus Falcatus, Pohon Pengobatan Tradisional Orang Afrika Selatan

Senyawa tersebut berperan dalam melindungi jantung dari kerusakan akibat radikal bebas, flavonoid mengurangi risiko penyakit jantung koroner, mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi pembuluh darah.

Tak ketinggalan senyawa bioaktif dalam biji kakao seperti flavonol membantu menurunkan tekanan darah hingga mencegah hipertensi dan mengurangi risiko stroke.

Senyawa epicatechin dalam biji kakao juga menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) untuk menjaga kesehatan jantung.

Epicatechin meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak, mengoptimalkan fungsinya. Ini mencegah penyakit jantung sekaligus meningkatkan fungsi kognitif. Mengkonsumsi biji kakao dapat mengurangi resiko penggumpalan darah sehingga serangan jantung dan stroke dapat dihindari.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan dari Kimchi, Salah Satunya Bisa Memperlambat Penuaan Loh

3. Anti Inflamasi dan Antioksidan

Efek anti-inflamasi dari manfaat kesehatan dari biji kopi berlapis coklat dapat mengurangi peradangan pada tubuh dan ini mengurangi risiko berkembangnya penyakit radang kronis seperti radang sendi.

Selain itu, senyawa antioksidan kuat seperti flavonoid, epikatekin, dan prosianidin yang ditemukan dalam biji kakao membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif dan radikal bebas. Sekali lagi ini membantu tubuh terhindar dari penyakit kronis seperti kanker, diabetes dan penyakit kardiovaskular.

4. Kesehatan Metabolik

Hal terpenting dalam metabolisme adalah menjaga berat badan dan juga mengatur gula darah sehingga dapat meningkatkan metabolisme. Mengkonsumsi biji kakao secara rutin dapat membantu menjaga berat badan.

Kandungan serat di dalamnya memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan makan berlebihan dan mengontrol nafsu makan sehingga berat badan menjadi lebih sehat.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan yang Tak Terduga dari Tanaman Senna Alata alias Pohon Kurap

Penderita diabetes tipe 2 disarankan untuk mengkonsumsi biji kakao karena dapat membantu tubuh kita mengatur gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Ketika berat gula darah dapat dikendalikan sehingga metabolisme meningkat, maka akan membantu pembakaran lemak dan energi lebih efisien.

5. Kesehatan Kulit

Peran antioksidan tidak hanya menjaga kesehatan tubuh tetapi juga melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mengurangi peradangan kulit. Mengkonsumsi biji kakao dengan kandungan antioksidannya yang kuat dapat memperbaiki tekstur kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

6. Meningkatkan Stamina

Biji Kakao adalah sumber kalori yang baik. Kalori sangat penting bagi tubuh untuk meningkatkan stamina dan tenaga untuk melakukan berbagai jenis aktivitas. Mengkonsumsi biji kakao memberikan dorongan energi yang signifikan dan stamina ekstra. Biji kakao juga mengandung kafein, stimulan alami yang membantu kita tetap terjaga dan fokus.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Nutrisi mineral (kalsium, magnesium dan fosfor) serta flavonoid dengan sifat anti inflamasinya dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Baca juga: Mengenal Rumput Bandotan, Gulma Pertanian yang Memiliki Beragam Manfaat Kesehatan

Bukan rahasia lagi bahwa kalsium dan fosfor berperan dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi sedangkan magnesium berperan dalam pembentukan tulang. Flavonoid yang merupakan antioksidan berperan dalam meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi kerapuhan tulang dan melindungi tulang dari kerusakan oksidatif.

Sifat anti-inflamasi biji kakao membantu mengurangi peradangan pada tubuh, termasuk pada jaringan tulang dan gusi.

8. Meningkatkan Imunitas

Biji Kakao adalah sumber energi yang baik dan juga tinggi mineral dan antioksidan. Senyawa tersebut sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan melindungi dari berbagai jenis penyakit.

Mengkonsumsi antioksidan yang tinggi pada biji kakao dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh disebabkan oleh radikal bebas dan kondisi ini dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Flavonoid dalam biji kakao berkontribusi pada peningkatan aliran darah, memungkinkan distribusi oksigen dan nutrisi penting lainnya yang lebih efisien ke sel-sel tubuh termasuk sel-sel kekebalan tubuh. Ini dapat meningkatkan respons kekebalan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Kanker Hingga Atasi Ketombe

Mineral seperti zat besi pada biji kakao berperan dalam produksi sel darah merah yang berfungsi sebagai penyalur oksigen ke seluruh tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan risiko anemia, yang menyebabkan kelelahan dan penurunan daya tahan tubuh.

Sebagai sumber energi yang baik, mengonsumsi biji kakao dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membuat Anda lebih siap menghadapi stres dan aktivitas sehari-hari

Nutrisi Biji Kakao

Berbagai nutrisi yang terkandung dalam biji Kakao diantaranya adalah,

  • Flavonoid, yang merupakan senyawa antioksidan kuat yang memiliki sifat anti-inflamasi, anti-kanker, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Procyanidin, salah satu jenis flavonoid yang pasti memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. Senyawa ini dapat menjaga kesehatan jantung dan juga melindungi sel tubuh dari kerusakan oksidatif.
  • Epicatechin, sejenis flavonoid yang tentunya dapat meningkatkan kesehatan jantung, fungsi kognitif dan melindungi tubuh dari sinar UV.
  • Mangan, mineral yang bertindak sebagai koenzim dalam reaksi biokimia tubuh dan membantu metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak.
  • Magnesium, mineral yang memiliki banyak peran dalam fungsi tubuh antara lain kesehatan tulang, keseimbangan elektrolit dan fungsi otot.
  • Tembaga, minyak esensial yang ada dalam biji Kakao membantu memproduksi sel darah merah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan fungsi saraf yang sehat.
  • Zat besi tentunya sangat berperan dalam pembentukan sel darah merah dan distribusi oksigen ke seluruh tubuh.

Baca juga: Ragam Manfaat Kesehatan Sambiloto: Si Raja Pahit yang Mampu Usir Berbagai Penyakit

Konsumsi Biji Kakao

Mengkonsumsi biji kakao sangatlah mudah. Biji Kakao dapat dibuat menjadi makanan dan minuman agar lebih hemat tanpa mengurangi manfaat dari kandungan yang terkandung di dalamnya.

  • Cokelat hitam, manfaat kesehatan dari cokelat pahit sebagai varian cokelat hitam, mengandung setidaknya 70% kandungan kakao yang tinggi. Pastikan memilih cokelat yang rendah gula dan tidak mengandung bahan kimia atau minyak nabati yang tidak sehat.
  • Minuman kakao, dapat dibuat dengan menggunakan bubuk kakao alami tanpa tambahan gula melainkan diganti dengan susu rendah lemak atau susu nabati agar tidak kehilangan kelezatan dan nutrisinya.
  • Kakao bubuk untuk masakan, seperti manfaat kesehatan muffin coklat untuk alternatif variasi resep makanan dan minuman selain smoothies, oatmeal dan kue. Pastikan untuk memilih bubuk kakao tanpa gula atau pengawet.