Helo Indonesia

Ragam Manfaat Kesehatan Sambiloto: Si Raja Pahit yang Mampu Usir Berbagai Penyakit

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Selasa, 27 Juni 2023 08:00
    Bagikan  
Sambiloto
ist

Sambiloto - Meski rasanya pahit, sambiloto ampuh usir berbagai penyakit.

HELOINDONESIA.COM - Sambiloto. Mendengar namanya saja, sebagian orang pasti langsung bergidik karena langsung membayangkan rasa pahit tanaman ini. Yah, tanaman yang punya nama latin Andrographis paniculata ini memang terkenal karena rasanya yang sangat pahit. Namun demikian, dibalik rasanya yang bikin bulu bergidik itu, sambiloto terkenal karena manfaat kesehatannya bagi manusia.

Sambiloto sendiri merupakan jenis tanaman herbal yang berasal dari India dan Sri Lanka, yang kini banyak dijumpai di tanah air kita. Bentuk daunnya pipih panjang dengan ujung yang runcing. Daun dan batang dari tanaman ini kerap dipakai sebagai bahan baku ramuan herbal. Meski rasanya sangat pahit, tapi kandungan di dalamnya efektif membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan.

Baca juga: Daikenchuto, Obat Herbal Tradisional Jepang yang Ampuh Mengobati Penyakit Radang Usus Kronis

Kandungan Nutrisi Dalam Sambiloto

Tanaman herbal ini memiliki kandungan antivirus, antiperadangan, dan antioksidan dari beberapa zat berikut ini:

  • Andrografolid. Ini adalah komponen utama sambiloto pada semua bagian tanaman. Senyawa ini bersifat analgesik, antidiabetes, antioksidan, dan antikanker.
  • Tanin. Senyawa ini termasuk ke dalam kategori polifenol pada daun dan kulit batang sambiloto.
  • Flavonoid. Zat ini bekerja sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh.
  • Terpenoid. Senyawa ini bersifat antiviral, antibakteri, antiinflamasi, dan antikanker.
  • Saponin. Bersifat antioksidan, antimikroba, antivirus, dan antikanker.

Baca juga: Peneliti Temukan Rahasia Bagaimana Tanaman Herbal Kopiah Berduri Bisa Melawan Kanker

Berbagai Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari tanaman herbal ini, antara lain:

1. Sistem Kekebalan Tubuh yang Meningkat: Sambiloto diketahui memiliki sifat imunomodulator, yang berarti dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

2. Antiinflamasi: Sambiloto memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Ini dapat bermanfaat untuk kondisi-kondisi seperti arthritis, radang tenggorokan, atau gangguan peradangan lainnya.

3. Antimikroba: Sambiloto memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu melawan infeksi bakteri, virus, dan jamur. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto dapat efektif melawan berbagai patogen.

Baca juga: Stop Asam Lambung dengan Ragam Teh Herbal Berikut Ini

4. Perlindungan Hati: Sambiloto diketahui memiliki efek perlindungan terhadap hati. Beberapa penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak sambiloto dapat membantu melindungi hati dari kerusakan yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti alkohol atau obat-obatan tertentu.

5. Diabetes: Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa sambiloto dapat membantu mengatur kadar gula darah, yang dapat bermanfaat bagi penderita diabetes. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami lebih baik efeknya pada manusia.

Meskipun sambiloto dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, penting untuk dicatat bahwa informasi ini didasarkan pada penelitian terbatas. Sebelum menggunakan sambiloto atau suplemen yang mengandung sambiloto, penting untuk berkonsultasi dengan tenaga medis yang berkualifikasi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda yah.