Helo Indonesia

10 Manfaat Kesehatan dari Kimchi, Salah Satunya Bisa Memperlambat Penuaan Loh

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 29 Juni 2023 17:59
    Bagikan  
Kimchi
Pixabay/ Naegeon

Kimchi - Selain lezat, kimchi juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Salad kimchi menjadi sangat populer di kalangan orang karena rasanya yang kaya, teksturnya yang renyah, dan aromanya yang semerbak. Terlepas dari signifikansi kulinernya, manfaat kesehatan dari salad kimchi menjadikannya lauk yang enak untuk banyak masakan Korea dan masakan India.

Kimchi adalah salad tradisional yang sebagian besar mengandung kol dan bumbu seperti garam, merica, gula, bawang putih, dan jahe sebagai bahan utamanya. Selain itu, wortel, rebung, terong, batang seledri, bit, dan mentimun juga bisa ditambahkan ke dalam kimchi agar lebih beraroma.

Umumnya, salad kimchi difermentasi beberapa hari sebelum dikonsumsi, dapat dimakan tanpa fermentasi, mentah, dan segar segera setelah disiapkan. Salad kimchi Korea tersedia dalam varian sayuran dan daging. Sementara salad kimchi vegetarian mengandung sayuran segar sebagai bahan utamanya, varian non-sayuran terdiri dari ikan berlemak, minyak ikan, dan makanan laut lainnya sebagai bahan utama salad kimchi.

10 Manfaat Kesehatan Kimchi

Sama seperti salad lainnya, salad kimchi memiliki profil nutrisi yang tinggi dan bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam berbagai cara. Mari kita lihat manfaat Kimchi tertentu untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan yang Tak Terduga dari Tanaman Senna Alata alias Pohon Kurap

1. Menutrisi Tubuh

Kimchi adalah salad padat nutrisi dan rendah kalori yang sarat dengan serat dalam jumlah tinggi dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh Anda setiap hari untuk berfungsi dengan baik. Kubis Cina, salah satu bahan utama dalam salad kimchi, diperkaya dengan vitamin C dan A. Selain itu, mengandung setidaknya 10 mineral dan sekitar 34 asam amino. Karena Kimchi dikemas dengan sayuran dan rempah-rempah yang sehat, satu porsi 100 gram salad kimchi sayuran dapat mengisi kembali tubuh Anda dengan nutrisi ini -

  • Kalori: 23
  • Karbohidrat: 4 gram
  • Protein: 2 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Serat: 2 gram
  • Natrium: 747 mg
  • Vitamin B6: 19%
  • Vitamin C: 22%
  • Vitamin K: 55%
  • Folat: 20%
  • Besi: 21%
  • Niasin: 10%
  • Riboflavin: 24%

Karena kimchi mengandung banyak sayuran hijau, kimchi menyehatkan tubuh Anda dengan banyak vitamin K dan riboflavin. Kedua nutrisi ini diketahui dapat meningkatkan fungsi sel, membantu pembekuan darah, dan produksi energi, serta meningkatkan metabolisme.

2. Meningkatkan Imunitas

Kimchi, salad yang difermentasi lakto dapat memperkuat pertahanan alami tubuh Anda untuk melawan berbagai infeksi, alergi, dan penyakit. Sebuah studi tabung reaksi menyebutkan bahwa Lactobacillus planetarium, strain bakteri sehat, mungkin memiliki tindakan peningkatan kekebalan untuk kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga: Menurut Hasil Penelitian, 4 Makanan Berikut Ini Dapat Melindungi Anda dari Kanker Kulit

3. Dapat Membantu Meredakan Peradangan

Salad kimchi difermentasi dan menjadi sumber probiotik alami yang baik. Senyawa aktif dan probiotik dalam salad Kimchi dapat membantu meredakan peradangan pada tubuh dan menurunkan risiko Anda menderita berbagai gangguan seperti diabetes, penyakit jantung, dan sindrom metabolik.

4. Dapat Memperlambat Laju Penuaan Kulit

Peradangan kronis meningkatkan kemungkinan berbagai penyakit tetapi juga dapat mempercepat laju penuaan kulit. Namun, senyawa aktif dan nutrisi penting dalam salad kimchi memperpanjang umur sel kulit Anda dan dapat memperlambat laju penuaan kulit. Sebuah studi tabung reaksi menunjukkan bahwa sel-sel kulit manusia yang dirawat dengan kimchi telah menunjukkan peningkatan viabilitas dan umur yang lebih panjang, sehingga memvalidasi klaim bahwa nutrisi sehat dalam salad kimchi yang difermentasi dapat membantu memperlambat laju penuaan kulit.

5. Menurunkan Kemungkinan Infeksi Jamur

Wanita cenderung mengembangkan infeksi jamur vagina pada suatu saat karena beberapa alasan. Ditemukan bahwa lebih dari 1,45 juta wanita dirawat karena infeksi jamur setiap tahun di Amerika Serikat. Infeksi ragi terjadi di daerah vulvovaginal wanita akibat aksi jamur candida, yang umumnya dianggap tidak berbahaya dan berkembang biak di dalam vagina menyebabkan infeksi dan ketidaknyamanan.

Menurut penelitian, ditemukan bahwa strain lactobacillus tertentu dapat melawan jamur penyebab infeksi. Selain itu, banyak galur lactobacillus yang dipisahkan dari salad kimchi ditemukan dapat melawan jamur penyebab infeksi.

Baca juga: Suodiu, Makanan Tradisional Cina yang Berisi Tumisan Batuan Sungai yang Tak Boleh Ditelan

6. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Makanan fermentasi seperti kimchi rendah kalori, kaya nutrisi, dan dapat membantu menurunkan berat badan beberapa kilo. Juga, sebuah studi selama 4 minggu yang melibatkan 22 orang gemuk menunjukkan bahwa mengonsumsi salad kimchi segar dan fermentasi secara teratur menghasilkan penurunan berat badan dan senyawa aktif dalam makanan super juga menurunkan kadar glukosa darah pada peserta. Indeks rendah kalori kimchi, kandungan serat yang tinggi, dan probiotik diyakini sebagai faktor ampuh yang memfasilitasi penurunan berat badan.

7. Membantu Meningkatkan Kesehatan Jantung

Salad yang enak, renyah, dan pedas ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Peneliti klinis menyimpulkan peradangan merupakan penyebab potensial dari beberapa penyakit jantung. Senyawa anti-inflamasi seperti yang ditemukan dalam salad Kimchi diketahui dapat mengurangi peradangan dalam tubuh, yang pada akhirnya menurunkan risiko penyakit jantung. Berdasarkan studi selama seminggu pada 100 orang, ditemukan bahwa orang yang makan 50-210 gram salad kimchi setiap hari mengalami penurunan glukosa darah, kolesterol total, dan kolesterol densitas rendah yang signifikan - tiga komponen yang membuat risiko faktor penyakit jantung.

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Gastrointestinal

Probiotik mengandung campuran bakteri dan ragi yang bermanfaat untuk saluran pencernaan Anda. Mikroorganisme ini meningkatkan flora usus dan membantu pencernaan. Kimchi merupakan sumber probiotik alami yang dibutuhkan oleh tubuh Anda setiap hari. Bakteri sehat dalam salad Korea dapat meningkatkan flora usus dalam tubuh Anda dan mengatur proses pencernaan untuk kesehatan secara keseluruhan. Konsumsi makanan yang difermentasi atau kaya probiotik secara teratur dapat menurunkan risiko Anda menderita penyakit Crohn, sindrom iritasi usus besar, kolitis ulserativa, dan kantongitis.

Baca juga: 7 Makanan Mampu Meningkatkan Mood Anda, Cegah Galau dan Stres

9. Dapat Meningkatkan Fungsi Kognitif

Kita semua tahu bahwa probiotik sangat baik untuk kesehatan usus manusia. Anehnya, mereka mungkin sama baiknya untuk otak Anda. Menariknya, usus Anda disebut otak kedua karena membantu menghasilkan banyak neurotransmiter serupa (seperti serotonin, dopamin, dan asam gamma-aminobutirat) yang diproduksi otak Anda. Diyakini bahwa sejumlah besar dopamin diproduksi oleh usus dan membantu meningkatkan suasana hati dan kognisi.

Masalah gastrointestinal seperti penyakit Crohn dan Irritable Bowel Syndrome (IBS) dapat menyebabkan episode kecemasan dan depresi. Karena bakteri baik dan senyawa sehat lainnya dalam salad Kimchi meningkatkan mikrobiota usus, secara bersamaan menurunkan risiko Anda menderita masalah kesehatan mental.

10. Dapat Menurunkan Risiko Kanker

Beragam sayuran dalam salad kimchi menjadikannya sumber antioksidan yang rajin melawan radikal bebas dan stres oksidatif dalam tubuh, sehingga mengurangi risiko kanker. Selain itu, bakteri asam laktat dalam salad Kimchi diyakini dapat meningkatkan aktivitas anti tumor dalam tubuh dan menurunkan risiko kanker kandung kemih.