Helo Indonesia

7 Makanan Mampu Meningkatkan Mood Anda, Cegah Galau dan Stres

Drajat Kurniawan - Ragam -> Kesehatan
Jumat, 23 Juni 2023 08:21
    Bagikan  
Minuman Coklat
Foto : Ist

Minuman Coklat - (Ist)

HELOINDONESIA.COM - Sedih adalah penurunan perasaan yang menyebabkan kurang bersemangat bahkan bisa menarik diri. Penyebabnya bisa bermacam-macam, salah satunya diet bisa menjadi salah satu pemicu kesedihan muncul.

Jika tengah dilanda sedih, makanan dengan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan kembali suasana hati. Menurut penelitian, sejumlah makanan mampu meredam stres, meredakan kecemasan, dan bahkan membantu melawan depresi.

Penelitian juga menyarankan agar Anda merubah apa yang Anda makan. Dampaknya, dapat secara signifikan memperbaiki gejala kecemasan dan depresi. Bahkan makanan yang Anda makan dapat meningkatkan suasana hati.

Anda pasti penasaran dengan jenis makanan yang dapat membantu memperbaiki suasana hati. 

Baca juga: Hadiri Kerjasama 18 Universitas dengan PKNU Korsel, Puan Sebut Pendidikan adalah Game Changer Bagi Negara

Berikut ini makanan dengan nutrisi yang bisa meredakan stres, memperbaiki suasana hati, meredakan kecemasan, atau membantu melawan depresi.

1. Teh Hijau

Kandungan nutrisi berupa L-Theanine, asam amino yang terdapat dalam teh hijau dapat mencerahkan suasana hati yang tidak menentu. Peneliti menyebutkan meminum secangkir teh pada hari yang buruk merupakan aktifitas yang cocok untuk menenangkan syaraf dan menenangkan indra.

Menurut sebuah penelitian di Jepang yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, meminum teh hijau secara rutin minimal satu cangkir menjadi penyebab berkurangnya depresi pada orang lanjut usia. Itu mungkin karena sejumlah nutrisi penambah suasana hati. Teh hijau juga dikaitkan dengan adanya penambahan semangat karena mengandung kafein.

Baca juga: Ide Warna Simpel Kuku, Mau Tampil Elegan, Klasik atau Moderen

2. Cokelat

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Nestlé Research Center di Swiss, para peneliti mengkonsumsi coklat bermanfaat untuk meredam stres. Makan sedikit coklat hitam, selama dua minggu mengurangi kadar kortisol dan hormon stres lainnya pada orang yang sangat stres.

Para ahli mengatakan gejala stres bisa ditekan berkat antioksidan yang ditemukan dalam cokelat hitam. Namun, Anda juga tidak boleh makan coklat terlalu berlebih-lebihan, Anda akan segera mulai stres karena kelebihan berat badan.

3. Salmon

penelitian lainnya menyebutkan, makan secara rutin ikan salmon, tuna, herring dan mackerel serta ikan berlemak lainnya, dapat membantyu menurunkan kecemasan.

Para ahli memaparkan penyebabnya yaitu karena asam lemak omega-3 yang mengubah bahan kimia otak yang terkait dengan suasana hati, khususnya dopamin dan serotonin. 

Baca juga: 10 Tips Membuat Proses Booting di Ponsel Android Anda Menjadi Lebih Cepat

Jadi, omega-3 tidak hanya menutrisi otak namun juga menjadi nutrisi utama penambah mood. Terlebih Omega-3 merupakan nutrisi yang tidak diproduksi oleh tubuh.

4. Blueberry

Buah ini kaya dengan kandungan antioksidannya. Sehingga blueberry memberikan banyak manfaat untuk meningkatkan otak. Berkat sejenis antioksidan yang disebut flavonoid, blueberry membantu mengatur suasana hati, meningkatkan daya ingat, dan melindungi otak dari penuaan.

Bahkan studi yang dilakukan kepada hewan baru-baru ini menunjukkan bahan kimia anti-inflamasi dalam blueberry dapat membantu dalam mengobati PTSD dan masalah kesehatan mental serius lainnya.

5. Bayam & Sayuran Hijau Lainnya

Bayam dan sayuran berwarna hijau mengandung magnesium. Namun tidak banyak yang tahu jika magnesium, mineral yang diantaranya salah satu fungsnya dapat membantu mengurangi kecemasan.

Baca juga: Tampilan Foto di Blog Anda Kurang Menarik? Percantik dengan 6 Aplikasi Edit Foto Berikut Ini Dong

Jenis sayuran hijau gelap mengandung banyak magnesium terdapat pada bayam dan lobak. Sayuran dan buah-buahan dengan kandungan yang sama yaitu kacang-kacangan dan lentil, almond dan alpukat.

Memakannya adalah cara mudah untuk mendapatkan sayuran harian Anda dan juga meningkatkan kesehatan otak Anda. 

6. Tiram

Tahukan Anda jika tira. Disebut-sebut sebagai makanan bersifat afrodisiak. Sebab Tiram memiliki kandungan seng yang cukup tinggoi, nutrisi yang membantu meredakan kecemasan. Seng juga membantu meningkatkan kualitas tidur, penting untuk tetap seimbang.

Setelah tahu manfaat, ada baiknya Anda mencoba memakan makan tiram sehingga akan menjadi pengangkat suasana hati instan itu sendiri.

Baca juga: Plt Kadis DLH BL Riana Apriana Diduga Terima Gratifikasi Rp25 Juta Per Bulan

7. Yogurt & Probiotik Lainnya

Anda pasti bertanya-tanya, apa kaitannnya makanan fermentasi probiotik seperti yogurt, kimchi, dan sauerkraut dengan peningkatan suasana hati. 

Makanan fermentasi dapat membantu menjaga bakteri usus Anda tetap terkendali. Studi terbaru pada hewan dan manusia menunjukkan hubungan antara bakteri usus yang seimbang dan suasama hati yang lebih baik, lebih sedikit stres dan kecemasan, dan risiko depresi yang lebih rendah.