Helo Indonesia

7 Manfaat Daun Mimba untuk Kesehatan, Mulai dari Mencegah Kanker Hingga Atasi Ketombe

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 28 Juni 2023 20:04
    Bagikan  
Daun mimba
ist

Daun mimba - Berikut ini 7 manfaat kesehatan dari daun mimba.

HELOINDONESIA.COM - Apa itu mimba? Mimba atau Daun Mimba memiliki nama latin Azadirachta indica. Mimba adalah daun-daun yang tergolong dalam tanaman perdu/terna yang pertama kali ditemukan di daerah Hindustani, di Madhya Pradesh, India. Mimba datang atau tersebar ke Indonesia diperkirakan sejak tahun 1.500 dengan daerah penanaman utama adalah di Pulau Jawa.

Pohon yang kulit kayu, daun, dan bijinya dapat digunakan untuk membuat obat ini memiliki sifat antibakteri, anti-inflamasi dan antijamur. Ada lebih dari 130 macam senyawa biologis yang membuatnya bagus untuk perawatan kulit, pengobatan penyakit gusi, detoksifikasi darah dan lain-lain. Anda bahkan bisa mengoleskan daunnya langsung ke kulit kepala untuk menghilangkan kutu di kepala.

Di negara asalnya, India, orang-orang mengeringkan daun Mimba dan menaruhnya di lemari untuk mencegah serangga memakan pakaian mereka. Tak heran, daun mimba memiliki banyak manfaat! Lihatlah manfaat daun nimba untuk mata dan manfaat daun nimba untuk diabetes. Apakah Anda tidak penasaran dengan manfaat kesehatan lain yang dapat diberikan daun mimba? Ini dia: 7 Manfaat Daun Mimba Untuk Kesehatan Anda!

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan Daun Pecah Beling atau Keji Beling, dan Cara Menggunakannya

1. Baik untuk Kulit Anda

Daun mimba dapat digunakan untuk membasuh badan. Kulit Anda akan menjadi bersih dan bercahaya. Cobalah membuat pasta nimba dari daunnya dan gosokkan ke tubuh Anda sebelum mandi. Biarkan mengering selama beberapa waktu dan kemudian bersihkan dengan air. Daun nimba bertindak sebagai pembersih antibakteri yang baik. Selain dijadikan pasta, Anda juga bisa merendam beberapa lembar daun mimba di air tersebut, dan mandi dengan air tersebut di pagi hari.

2. Menghilangkan Bakteri Jahat dari Tubuh Anda

Tubuh kita penuh dengan bakteri, baik yang baik maupun yang jahat. Namun, ketika bakteri jahat menjadi berlebihan, tubuh Anda akan menghabiskan terlalu banyak energi untuk melawannya. Untungnya, daun mimba dapat membantu Anda menghilangkan bakteri jahat dari tubuh Anda. Anda dapat menggunakan daun mimba secara internal dan eksternal. Ketika Anda mengkonsumsi daun Mimba dalam jumlah tertentu setiap hari, itu akan membantu menghancurkan bakteri jahat, terutama di daerah usus dan usus besar Anda akan tetap bebas dari infeksi.

3. Baik untuk Kebersihan Mulut Anda

Daun mimba juga baik untuk menjaga kebersihan gigi. Dengan menggunakan daun mimba, Anda dapat menjaga kadar basa dalam air liur Anda sekaligus melawan kuman dan memberikan nafas segar. Mikroorganisme di mulut dapat dikurangi dengan ekstrak Mimba. Ini juga akan membantu mencegah karies gigi.

Baca juga: Ragam Manfaat Kesehatan Sambiloto: Si Raja Pahit yang Mampu Usir Berbagai Penyakit

4. Baik untuk Diabetes

Konsumsi daun mimba setiap hari akan membantu mengatur kadar gula darah. Anda bisa membuat ramuan dengan merebus daun mimba. Terbukti dalam sebuah penelitian bahwa ekstrak daun nimba dan minyak biji memberikan efek hipoglikemik. Memang bermanfaat untuk mencegah atau menunda timbulnya diabetes. Diabetes juga dapat disembuhkan dengan beberapa metode lain. Coba juga minyak kelapa dan rasakan manfaat kesehatan dari minyak kelapa untuk diabetes. Aman dan bermanfaat!

5. Mencegah Bahkan Menghancurkan Sel Kanker

Selain manfaat kesehatan tersebut, salah satu manfaat yang paling penting adalah daun mimba mampu membunuh sel kanker. Tahukah Anda bahwa setiap orang memiliki sel kanker di dalam tubuhnya? Ya, kita semua memilikinya, tetapi sel-selnya tidak teratur. Ketika sel sudah tertata, maka itu akan menjadi masalah yang serius. Mengkonsumsi daun mimba setiap hari akan membantu menjaga jumlah sel kanker dalam tubuh.

6. Menghilangkan Ketombe

Daun mimba kaya akan sifat antibakteri. Oleh karena itu, dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kulit kepala kering, ketombe, dan rambut rontok. Anda bisa mencoba resep ini: rebus seikat daun mimba hingga air berubah warna menjadi hijau dan biarkan hingga dingin. Gunakan airnya untuk membilas rambut setelah keramas. Tidak hanya melawan ketombe, daun mimba juga bermanfaat untuk memperkuat kualitas rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Baca juga: 11 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Kumis Kucing yang Harus Anda Ketahui

7. Mengobati Artritis

Orang dengan radang sendi umumnya mengalami nyeri dan pembengkakan pada persendian. Untungnya, bisa disembuhkan dengan daun mimba. Pijat minyak mimba dapat digunakan untuk mengurangi nyeri sendi yang parah. Ini bekerja secara efektif untuk meredakan nyeri otot dan nyeri sendi serta meredakan rematik, osteoartritis, dan nyeri punggung bawah.

Peringatan

Ada beberapa peringatan yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi daun mimba. Aman untuk mengkonsumsi sekitar 4 sampai 5 daun mimba sehari dengan perut kosong. Namun, tidak disarankan untuk menggunakannya dalam jangka panjang dan dosis berat karena dapat memengaruhi ginjal dan hati Anda.

Selain itu, makan daun mimba saat perut kosong juga aman, bahkan bisa membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mengolah daun mimba menjadi jus yang dicampur dengan madu dan lemon. Ini membantu Anda mendetoksifikasi tubuh Anda dan meningkatkan metabolisme Anda. Jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, konsumsilah daun mimba dan rasakan manfaat makan daun mimba ini untuk menurunkan berat badan.