Helo Indonesia

10 Manfaat Kesehatan Daun Pecah Beling atau Keji Beling, dan Cara Menggunakannya

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Rabu, 28 Juni 2023 19:41
    Bagikan  
Daun pecah beling / Keji beling
ist

Daun pecah beling / Keji beling - 10 Manfaat kesehatan daun Pecah Beling atau keji beling.

HELOINDONESIA.COM - Beberapa orang mungkin masih awam dengan manfaat kesehatan tanaman pecah beling/kejibeling atau Strobilanthes crispus. Tumbuhan ini tumbuh subur di seluruh wilayah Indonesia dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan sebagai Tanaman Herbal.

Tanaman pecah beling adalah tanaman rumput dan memiliki batang tegak. Tumbuhan ini tumbuh di tanah yang subur dan terbuka pada ketinggian 1-1000 m dpl. Ciri-ciri tumbuhan ini adalah batangnya berwarna ungu, terdapat bulu-bulu kasar, sedangkan pada permukaan daunnya terdapat bulu-bulu halus.

Nutrisi pecah beling

Berdasarkan penelitian, tumbuhan ini memiliki beberapa kandungan kimia:

  • kalium 51%
  • kalsium 24%
  • natrium 24%
  • besi 1%
  • fosfor 1%
  • daunnya mengandung vitamin C, B1, B2

Secara ilmiah, berdasarkan kandungan kimianya, beberapa penyakit yang dapat disembuhkan antara lain:

Baca juga: Beda dengan Jahe Biasa, Berikut Ini Kandungan Nutrisi dan Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan Anda

1. Menjaga kesehatan ginjal

ginjal merupakan organ yang sangat penting dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi Strobilanthes Crispus. Karena di dalam tanaman ini terdapat potasium yang sangat baik untuk kesehatan ginjal.

2. Menghancurkan batu empedu

Adanya batu empedu akan mengganggu kinerja empedu sebagai penetral racun. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan Strobilanthes Crispus batu empedu dapat disembuhkan. Sama halnya dengan menjaga kesehatan ginjal, kandungan potasium juga berfungsi untuk menghancurkan batu empedu.

3. Meningkatkan volume darah

jika anda menderita kurang darah atau anemia, anda harus mencoba ramuan Strobilanthes Crispus ini. Kandungan natrium yang ada pada tanaman ini dapat meningkatkan ekstraseluler yang menyebabkan volume darah Anda meningkat.

4. Mempercepat pembekuan darah

tanaman ini juga digunakan untuk mempercepat pembekuan darah karena kandungan kalsiumnya yang tinggi.

Baca juga: Kaya Nutrisi, Berikut Manfaat Kesehatan Jika Rutin Mengonsumsi Kacang Edamame

5. Menghambat pertumbuhan kanker

seiring bertambahnya usia, semakin banyak pula penyakit yang mematikan. Salah satunya kanker dalam Manfaat Aromaterapi Bagi Penderita Kanker. Jika Anda atau teman Anda menderita kanker, berikan ramuan Strobilanthes Crispus agar pertumbuhan sel kanker terhambat.

6. Mengatasi diare

tanaman ini juga memiliki manfaat untuk mengatasi diare. Diare sering dialami oleh anak-anak hingga dewasa. Jika tidak ditangani dengan baik, maka penderita diare akan mengalami dehidrasi dan berdampak pada gejala penyakit yang lebih serius. oleh karena itu, konsumsilah tanaman ini untuk mengatasi diare.

7. Menjaga kesehatan hati.

hati memiliki fungsi untuk mengeluarkan racun dalam Manfaat Kesehatan Madu. Dengan mengkonsumsi Strobilanthes Crispus hati akan bersih.

8. Menurunkan kolesterol

Kolesterol tinggi sangat berbahaya bagi tubuh. Kandungan potasium dan sodium dalam Strobilanthes Crispus membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Maka, Anda mungkin ingin membaca Makanan yang Menurunkan Tingkat Kolesterol

9. Gatal karena ulat dan semut

tidak perlu khawatir jika Anda bersarang karena ulat atau semut. Karena dengan beberapa daun tanaman ini dapat menghambat rasa gatal yang anda derita. Satu-satunya cara adalah dengan mengoleskan daun pada kulit yang gatal.

Baca juga: 11 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Kumis Kucing yang Harus Anda Ketahui

10. Diabetes

kencing manis atau kadar gula tinggi juga bisa diobati dengan daun Strobilanthes Cristus ini.

Cara Menggunakan pecahbeling

Tumbuhan ini dapat dikonsumsi dengan dua cara dalam Manfaat Kesehatan Strobilanthes Crispus, dimakan langsung atau direbus.

  • Ambil 3 buah Strobilanthes Crispus
  • Cuci bersih
  • Tambahkan 1 gelas air
  • Rebus hingga ½ gelas

Efek samping pecah beling

Manfaat Kesehatan Strobilanthes Crispus memiliki kandungan kalium yang tinggi sebesar 51%. Kalium berperan menurunkan tekanan darah dalam Manfaat Super Kesehatan Donor Darah Secara Teratur. Oleh karena itu, jika Anda memiliki riwayat tekanan darah, berhati-hatilah dalam menggunakan herbal dari tanaman ini. Karena bisa jadi tekanan darah Anda akan menurun dan berbahaya bagi kesehatan Anda.