Helo Indonesia

11 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Kumis Kucing yang Harus Anda Ketahui

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Sabtu, 24 Juni 2023 08:00
    Bagikan  
kumis kucing
ist

kumis kucing - Kumis kucing memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh manusia.

HELOINDONESIA.COM - Tanaman kumis kucing atau dalam bahasa ilmiah disebut Orthosiphon aristatus banyak tumbuh di seluruh di seluruh Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Sejak lama, Ilmuwan di seluruh dunia telah mempelajari khasiat tanaman ini dan telah membuat banyak penemuan penting sehubungan dengan potensi penggunaan medisnya.

Kumis kucing memiliki kasiat untuk menyembuhkan masalah seperti ginjal dan kandung kemih akibat tindakan diuretik. Tanaman ini juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-hipertensi yang dapat membantu menghilangkan gejala rematik dan asam urat, juga membantu meningkatkan aliran urin.

Sebagai mana dilansir dari laman Health Benefits Times, berikut 11 khasiat kumis kucing untuk kesehatan tubuh;

1. Gangguan Ginjal

Kumis kucing juga populer disebut sebagai tanaman ginjal mungkin karena manfaatnya untuk menyelamatkan ginjal. Di pulau Jawa, diyakini bahwa tisane yang dibuat dengan menggunakan daun kumis kucing dapat menghilangkan batu ginjal secara efisien (hingga ukuran 5 cm).

Baca juga: 15 Manfaat Kesehatan Tanaman Putri Malu, Dari sekedar Obati Batuk, Hingga Bikin Istri Tunduk

Manfaat ini juga telah diverifikasi dalam beberapa penelitian klinis. Ramuan ini digunakan untuk mengobati infeksi ginjal akut dan kronis, infeksi kandung kemih, infeksi saluran kemih, sering buang air kecil dan batu kandung kemih

2. Mengatur Gula Darah

Beberapa penelitian ilmiah menunjukkan bahwa, kumis kucing secara efektif mengatur kadar glukosa dalam gula dan dengan demikian membantu kita mengontrol diabetes secara efisien. Perlu dicatat bahwa seseorang harus berkonsultasi dengan dokternya sebelum beralih sepenuhnya ke konsumsi herbal ini.

3. Menyembuhkan Masalah Kandung Kemih

Berkat khasiat kumis kucing untuk membersihkan saluran dan memudahkan kerja sistem. Telah terbukti sangat efektif dalam pengobatan terhadap infeksi di kandung kemih dan juga mencegah masalah kandung kemih terjadi di masa mendatang.

4. Tindakan Diuretik

Istilah 'diuretik' mengacu pada zat yang membantu meningkatkan aliran urin, ini diduga bahwa sinensetin dan tetrametoksi-flavon yang ada dalam ramuan ini. Kumis kucing Dapat membantu meningkatkan aliran urin dengan mengendurkan otot-otot dinding pembuluh internal. Tindakan diuretik dari ramuan ini juga dapat dikaitkan dengan Methylripariochromene A.

Baca juga: Bermasalah Dengan Kolesterol? Tanaman Ini Ampuh Jadi Obat

Dalam penelitian yang dilakukan pada tikus hiperurisemik, penggunaan ramuan kumis kucing dikaitkan untuk mengurangi kadar urat serum. Hasil penelitian menunjukkan efek diuretik dan hipourikemik ramuan ini pada tikus.

5. Mengobati Masalah Nafas Pendek dan Saraf

Manfaat lain kumis kucing termasuk mengobati masalah pernapasan pendek dan saraf. Satu-satunya hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan ramuan ini adalah dosisnya yang harus diperiksa dengan cermat sebelum dikonsumsi. Karena over dosis mungkin memiliki beberapa efek berbahaya bagi tubuh kita.

6. Tekanan Darah Tinggi

Bahan kimia yang terkandung di kumis kucing membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Beberapa percaya bahwa tindakan anti-oksidan dan anti-inflamasi dari ramuan tersebut adalah alasan untuk manfaat ini. Methylripariochromene kimiawi yang ada dalam ramuan dapat menurunkan tekanan darah sistolik pada tikus.

7. Anti jamur

Kumis kucing terdiri dari senyawa yang membantu mencegah pertumbuhan parasit dan inang asing yang hidup di dalam tubuh. Mereka melakukannya dengan memotong rantai pasokan nutrisi jamur. Oleh karena itu, kumis kucing dapat dioleskan ke area yang terinfeksi jamur.

Baca juga: Peneliti Temukan Rahasia Bagaimana Tanaman Herbal Kopiah Berduri Bisa Melawan Kanker

8. Bertindak sebagai Detox

Kumis kucing telah dikonsumsi di pulau jawa sejak dahulu kala sehingga disebut juga dengan teh Jawa. Alasan masyarakat jawa mengkonsumsi ramuan ini karena sifatnya yang membersihkan. Hal ini bertindak sebagai pembersih alami dan karena itu menyapu tubuh kita dari racun yang tidak diinginkan dan bahan asing.

9. Mengobati Sakit Gusi

Sering kali kita menderita masalah yang berhubungan dengan gusi bengkak yang bisa disebabkan oleh beberapa hal. Rasa sakit yang berhubungan dengannya dan bengkaknya bisa dengan mudah diatasi dengan menggunakan Kumis Kucing.

10. Mengobati Gangguan Kulit

Kumis kucing saat diproses menghasilkan minyak, minyak ini cukup efektif dalam mengobati berbagai macam infeksi kulit. Dapat dengan mudah mengobati kulit yang kasar, kekeringan dan berbagai jenis infeksi kulit.

11. Mengobati Asam Urat

Kumis kucing terdiri dari enzim yang membebaskan Anda dari asam urat, ia memiliki enzim seperti flavonoid dan asam alami. Dapat mengurangi rasa sakit dan karenanya menghibur kita dari semua jenis rasa sakit. Ini juga telah menunjukkan kemajuan dalam mengobati radang sendi.