Helo Indonesia

6 Keajaiban Susu Unta yang Dikisahkan Nabi, Redakan Diabetes, Cegah Kanker, Hingga Obati Autisme

Syahroni - Ragam
Selasa, 8 Agustus 2023 17:51
    Bagikan  
Ilustrasi
pixabay

Ilustrasi - 8 keajaiban susu unta yang ampuh mengotabti berbagai penyakit.

HELOINDONESIA.COM - Unta merupakan salah satu hewan yang kerap disebutkan dalam kitab suci Al Quran. Bukan tanpa sebab binatang satu ini disebut sebagai salah satu keajaiban Allah SWT.

Yah, selain banyak membantu manusia sebagai alat transportasi, susu unta juga ternyata memiliki beragam khasiat untuk kesehatan manusia.

Dalam hadist-nya, Nabi Muhammad SAW bahkan sampai merekomendasikan susu unta untuk mengatasi beberapa penyakit seperti penyakit kulit sebagai obatnya.

Susu unta berbeda dengan susu ruminansia lainnya. Susu unta dikatahui kaya akan vitamin C dan protein pelindung seperti laktoferin, laktoperoksidase, imunoglobulin, dan lisozim.

Susu unta juga minim β-laktoglobulin sehingga baik dijadikan pilihan bagi individu yang tidak toleran terhadap laktosa susu sapi.

Beberapa data penelitian terbaru menemukan fakta menarik dibalik manfaat susu unta yaitu memberikan efek pengobatan pada penyakit tertentu, seperti diabetes melitus.

Baca juga: 10 Manfaat Mengonsumsi Susu Kambing untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Kebermanfaatan dari susu unta sebagai nutrisi bagi manusia awalnya berasal dari kepercayaan khususnya dari negara-negara yang penuduknya mayoritas umat muslim seperti negara di semenanjung arab.

Hal itu disampaikan Mohammed Ayoub, salah satu associate professor di bidang Biologi dan Sajid Maqsood yang merupakan associate professor di bidang kesehatan pangan dari universitas Uni Emirate Arab.

Susu ini sudah menjadi pengobatan bagi penyakit tertentu seperti tuberculosis hingga diare selama ratusan tahun. Beberapa studi dapat menunjukkan kandungan bioaktif yang memiliki efek positif berupa antihipertensi, antimikroba, antioksidan, anti pembekuan darah dan lainnya.

Penelitian mengenai susu unta baru berkembang dalam tiga hingga empat dekade terakhir. Secara umum memmiliki kandungan yang seimbang dan dapat dibandingkan dengan susu dari sapi dalam hal kandungan lemak, protein dan kalsium.

Uniknya pada anak-anak yang memiliki alergi terhadap susu sapi tidak menunjukkan reaksi alergi pada konsumsi susu unta. Faktanya susu unta memiliki kedekatan dengan kandungan ASI.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Minum Susu Setelah Olahraga Lebih Baik Daripada Minuman Berenergi

Karena kandungannya itu, susu unta memiliki beragam khasiat untuk kesehatan manusia. Berikut kami rangkum dari berbagai sumber, manfaat kesehatan susu unta untuk kesehatan manusia.

1. Mengobati diabetes

Susu unta dapat dikenali dari rendahnya kadar lemak dan kolesterol, masuknya vitamin dan mineral dan sumber penting insulin. Telah ditinjau bahwa susu unta dapat bermanfaat untuk mengobati diabetes.

Pada tahun 2005 sekelompok peneliti di Bikaner Diabetes Care Research Center di India menyelidiki dampak susu unta pada pengendalian diabetes tipe 2.

Mreka menemukan bahwa konsumsi susu secara signifikan mengurangi dosis insulin yang diperlukan untuk mengontrol glikemik dan glukosa darah. Telah dilaporkan bahwa susu unta dapat digunakan untuk mengobati diabetes tipe 2 karena mengandung banyak insulin.

2. Anti kanker

Penelitian telah menunjukkan bahwa susu unta bekerja untuk memerangi dan membasmi sel kanker, karena susu unta mengandung laktoferin, imunoglobulin, dan glikoprotein pengikat besi yang tinggi.

Komponen ini bertindak sebagai antitumor dan yang terjadi melalui peningkatan sintesis RNA dan penghambatan protein kinase dan diferensiasi.

Baca juga: Susu Jahe Plus Madu, Rasanya Maknyus, Tubuh Hangat, Gairah Meningkat

Susu unta juga dilaporkan mengandung laktoperoksidase yang memiliki aktivitas anti tumor.

3. Anti-inflamasi penghilang hepatitis C dan HIV

Susu unta juga dapat digunakan sebagai efek anti-inflamasi terhadap sejumlah penyakit menular. Selain itu, mengandung vitamin seperti C, A, B2 dan vitamin C tingkat tinggi dan kaya akan seng dan magnesium.

Susu unta dapat digunakan sebagai obat anti diare. Terungkap bahwa susu unta memiliki (laktoperoksidase, peptidoglikan, laktoferin dan lisozim) dan protein ini bekerja dengan antibodi melawan diare rotavirus.

Selain itu, ditemukan bahwa susu unta mengandung zat yang bekerja untuk menghilangkan virus hepatitis C. Karena susu unta mengandung kasein (alfa-lakto albumin) yang menghubungkan HIV dan memulai proses apoptosis sel ini dari efek apa pun pada sel manusia.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada susu unta juga berpotensi membantu meningkatkan fungsi hati.

4. Mengobati autisme

Telah ditemukan bahwa susu unta dapat digunakan sebagai pengobatan untuk pasien autis dengan mengurangi tingkat stres oksidatif karena mengandung antioksidan tinggi dalam bentuk vitamin, termasuk A, C dan E dan mineral lainnya seperti Mg dan Zn.

Selain itu, mineral ini merangsang produksi glutathione, ditemukan mengandung antibodi yang setara dengan ukuran antibodi imun pada manusia, yang pada gilirannya bekerja untuk mengembangkan perilaku autis.

Baca juga: Jauh Berbeda dengan Susu Sapi, Berikut 13 Efek Samping Susu Almond Yang Harus Anda Ketahui

5. Mengobati masalah kulit

Kehadiran vitamin C dalam susu unta memberikan aktivitas perlindungan jaringan kulit antioksidan.

Vitamin C juga diperlukan untuk menghasilkan protein kolagen karena membantu pertumbuhan sel dan pembuluh darah dan akibatnya memberi kekuatan dan kekencangan pada kulit.

Vitamin C juga melindungi kulit dari radikal bebas yang menyebabkan beberapa masalah kulit seperti keriput dan kekeringan.

Dalam sebuah studi cosmeceutical tentang susu unta, telah disimpulkan bahwa susu mengandung agen ramah kulit dan anti-penuaan yang membuat jaringan kulit terasa nyaman.

6. Mengobati sindrom Cohn

Sindrom Crohn adalah sindrom peradangan yang dapat mempengaruhi tempat manapun dari mulut anus. Ini menyebabkan beberapa gejala seperti penurunan berat badan, sakit perut, muntah atau diare.

Baca juga: Viral, Kafe di Rusia Sajikan Menu Kopi yang Dicampur dengan Air Susu Ibu

Penyakit ini sebagian besar disebabkan oleh faktor dari lingkungan, sistem kekebalan tubuh dan mikroba. Khususnya faktor mikroba oleh subspesies mycobacterium avium, paratuberculosis pada susu sapi yang tidak terkontrol dengan perlakuan panas.

Susu unta telah digunakan dan disarankan untuk mengobati penyakit Crohn. Dinyatakan bahwa karena bakteri ini berasal dari keluarga TBC dan susu unta dapat digunakan untuk mengobati bakteri ini.

Jelas dapat diobati dengan susu unta karena memiliki sifat bakterisidal jika susu unta dengan protein pengenalan peptidoglikon dapat bergabung untuk menyembuhkan penyakit.

Studi yang dilakukan tentang efek susu unta pada beberapa pasien resistensi obat dengan tuberkulosis menyimpulkan bahwa susu unta dapat bertindak sebagai suplemen nutrisi adjuvant pada beberapa pasien resistensi obat.