Helo Indonesia

10 Manfaat Mengonsumsi Susu Kambing untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Syahroni - Ragam
Rabu, 19 Juli 2023 20:35
    Bagikan  
Susu kambing.
pixabay/ MemoryCatcher

Susu kambing. - 10 manfaat mengonsumsi susu kambing untuk kesehatan Anda.

HELOINDONESIA.COM - Sebagian besar dari kita mengetahui susu sapi karena rasanya yang enak dan manfaat kesehatannya, tetapi tahukah Anda bahwa susu kambing juga memberikan manfaat kesehatan tertentu? Meskipun mungkin tampak mengejutkan bagi sebagian orang, meminum atau mengonsumsi produk yang terbuat dari susu kambing sebenarnya dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dalam berbagai cara. Dari membantu mencerna laktosa dengan lebih mudah hingga meningkatkan pemeliharaan berat badan dan bahkan memperkuat tulang, pelajari lebih lanjut tentang 10 manfaat mengejutkan dari susu kambing!

Manfaat kesehatan dari susu kambing

1- Baik untuk kulit

Merawat kulit kita itu penting, dan menemukan produk yang baik untuk kulit kita itu penting. Entah itu pembersih, pelembap, atau serum, menggunakan produk yang dikemas dengan vitamin dan antioksidan yang terkandung dalam susu kambing dapat membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan. Bahan-bahan seperti vitamin c, vitamin e, dan asam hialuronat bekerja sama untuk mencerahkan, montok, dan melembabkan kulit Anda untuk memberikan kulit yang sehat dan bercahaya.

2- Meningkatkan berat badan yang sehat

Menambah berat badan sering dikaitkan dengan konotasi negatif, tetapi itu penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan. Pertambahan berat badan yang sehat dapat dicapai dengan mengonsumsi susu kambing dan diet seimbang. Selain itu ditambah olahraga teratur, menghasilkan peningkatan massa otot dan kepadatan tulang. Dengan pola pikir dan pendekatan yang tepat, siapa pun dapat berhasil menambah berat badan dan mempertahankannya dengan cara yang sehat dan berkelanjutan.

Baca juga: Jauh Berbeda dengan Susu Sapi, Berikut 13 Efek Samping Susu Almond Yang Harus Anda Ketahui

3- Lebih mudah dicerna

Susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh. Pencernaan adalah proses tubuh yang penting, tetapi mungkin sulit bagi sebagian orang untuk menanganinya. Untungnya, kemajuan dalam industri makanan membuat makanan tertentu lebih mudah dicerna. Banyak produk kini hadir dengan tambahan enzim atau probiotik yang membantu memecah makanan di saluran pencernaan. Selain makanan yang mengandung susu kambing, metode memasak seperti merendam dan membumbui juga bisa membuat makanan lebih mudah dicerna. 

4- Meningkatkan jumlah trombosit

Keunggulan lain susu kambing yang lain adalah untuk meningkatkan jumlah trombosit. Trombosit memainkan peran penting dalam tubuh manusia, karena membantu membentuk gumpalan darah dan mencegah pendarahan yang berlebihan. Namun, bagi mereka yang menderita jumlah trombosit yang rendah, yang dikenal sebagai trombositopenia, proses ini dapat terganggu. Kabar baiknya adalah selain susu kambing ada sejumlah cara alami untuk meningkatkan jumlah trombosit, seperti mengonsumsi makanan yang kaya vitamin K, seperti bayam dan kangkung, atau memasukkan lebih banyak buah beri yang mengandung antioksidan ke dalam makanan Anda.

5- Mencegah alergi susu pada anak-anak

Susu adalah bahan pokok dalam banyak makanan anak-anak, memberi mereka nutrisi penting seperti kalsium dan vitamin d. Namun, bagi sebagian anak, susu bisa menjadi penyebab reaksi alergi yang parah. Untuk mencegah alergi susu pada anak, penting untuk mengenalkan susu kambing pada bayi secara bertahap dan di bawah pengawasan dokter spesialis anak. Ibu menyusui juga harus menghindari konsumsi produk susu atau beralih ke alternatif non-susu jika anak mereka menunjukkan tanda-tanda alergi susu.

6- Mencegah arteriosklerosis

Susu kambing juga diketahui dapat mencegah arteriosklerosis atau umumnya dikenal sebagai pengerasan pembuluh darah. Ini adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah timbulnya penyakit ini. Salah satu cara terbaik untuk menghindari arteriosklerosis adalah dengan menjaga pola makan yang sehat dan susu kambing.

Baca juga: 5 Alasan Kenapa Minum Susu Setelah Olahraga Lebih Baik Daripada Minuman Berenergi

7- Susu kambing mencegah resistensi insulin

Dalam hal mencegah resistensi insulin, menambahkan susu kambing ke dalam makanan Anda bisa menjadi pengubah permainan. Studi telah menunjukkan bahwa konsumsi susu kambing dapat membantu mengatur metabolisme glukosa dan mencegah resistensi insulin, menjadikannya tambahan yang sangat baik bagi mereka yang berisiko terkena diabetes tipe 2.

8- Membantu menurunkan kadar kolesterol

Susu kambing juga dikenal dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kolesterol tinggi semakin mengkhawatirkan banyak orang, karena meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Untungnya, ada cara untuk mengurangi kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Memasukkan susu kambing dalam diet seimbang Anda yang dibantu olahraga teratur adalah salah satunya.

9- Mencegah anemia

Susu kambing juga dapat mencegah anemia, suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh Anda tidak memiliki cukup sel darah merah atau hemoglobin untuk mengantarkan oksigen ke sel dan jaringan Anda. Ini dapat membuat Anda merasa lelah dan lemah, dan bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius jika tidak ditangani.

10- Dihomogenkan secara alami

Homogenisasi alami adalah istilah yang membuat kita berpikir tentang susu dan krim yang dikocok bersama menjadi konsistensi yang kental dan lembut, tetapi tahukah Anda bahwa itu juga dapat merujuk pada cara identitas budaya kita menyatu seiring waktu? Proses homogenisasi ini terjadi secara alami saat kami berbagi tradisi, masakan, dan kepercayaan satu sama lain.