Helo Indonesia

Dibegal, Suara Caleg DPR RI Andi Surya dari Golkar di TPS

Herman Batin Mangku - Nasional -> Politik
Jumat, 16 Februari 2024 07:43
    Bagikan  
Dibegal, Suara Caleg DPR RI Andi Surya dari Golkar di TPS
Helo Lampung

Andi Surya dan bukti pembegalan suaranya (Foto Kolase Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM -- Politikus senior Partai Golkar Lampung Andi Surya ikut pula berteriak atas dugaan jadi korban pembegalan suara hasil Pemilu 2024. Suara-suara calon anggota DPR RI dari Dapil 1 Lampung ini ditemukan ada yang berkurang bahkan raib.

Kepada Helo Lampung, Jumat (16/1/2023), pukul 6.55 WIB, mantan anggota DPRD Lampung dan DPR RI ini menduga ada upaya kecurangan yang terstruktur, masif dan sistematif (TSM) melalui pencatatan perolehan suara C-1 di TPS.

"Ada dugaan kecurangan hitung suara yang TSM," tandasnya. Dia mengatakan itu berdasarkan temuan tim relawannya di beberapa tempat pemungutan suara (TPS), bahkan ada yang diubah dengan lebih dulu menghapus pakai Tip-X perolehan suaranya.

Dia mencontohkan temuan suaranya yang diduga dibegal lewat C1 Plano di TPS:
1. Relawan Irwan Wilantara menemukan 26 suaranya hilang ditip-ex sehingga jadi kosong di salah satu TPS di Kecamatan Punduh Pedada, Kabupaten Tanggamus.

2. Relawan Agus Setiyo menemukan suaranya yang seharusnya 20 ditulis hanya 2 di TPS 5 Gunungagung, Punduh Pedada. Hal yang sama terjadi di TPS Desa Sukamaju, Kecamatan Punduh Pedada

"Kemungkinan masih banyak lagi pembegalan suara yang terjadi pada TPS-TPS lainnya yang belum kami ketahui," ujar Andi Surya. Dia sangat menyesalkan terjadinya hal ini sehingga patut menjadi perhatian Bawaslu.

Menurut dia, pengurangan bahkan penghilangan suara ini merupakan hal yang sangat krusial. Andi menduga ada unsur kesengajaan mengurangi dan melenyapkan perolehan suara caleg.

Andi Surya akan melaporkan secara resmi kepada Bawaslu agar masalah ini telusuri dan dibuka kotak suara kembali untuk hitung ulang. Jika terdapat kesengajaan, para pelakunya harus masuk ranah hukum pidana, pungkasnya. (HBM)

 - 

Tags
calegbegal