Helo Indonesia

Viral, Sumur Minyak Cemari Sungai Parung Terbakar di Kabupaten Muba

Kawar Dante - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 28 Juni 2024 22:29
    Bagikan  
Lan
Lan

Lan - Sumur Minyak Ilegal Diduga Mencemari Sungai Parung Terbakar di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba)

HELOINDONESIA.COM - Kembali viral. Sumur minyak yang mencemari Sungai Parung mendadak terbakar di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Memang Kabupaten Muba sendiri kerap viral akibat sering terjadinya insiden kebakaran dan pencemaran lingkungan. Hal ini dampak dari aktivitas penambangan minyak secara ilegal dengan eksplorasi dan mengolah minyak dari sumur tua maupun membuat sumur baru tanpa izin atau yang sering dikenal Illegal Drilling. 

Diketahui beberapa waktu lalu sempat viral dibeberapa video yang beredar, terjadi "meluingnya" sumur minyak di salah satu titik lokasi yang berada di Dusun Parung Desa Srigunung Kecamatan Sungai Lilin, yang mengakibatkan tercemarnya Sungai Parung,  Sabtu (23/6/2024) lalu.

Kini beredar kembali video terjadinya kebakaran hebat, diduga berasal dari sumur minyak yang meluing tersebut, pada Jumat (29/6/2924) sekira pukul 15.39 Wib. Bahkan, apa yang menjadi penyebabnya, dalam video tersebut apipun menyambar sungai disekitar sumber api. 

"Laju galek sampai keujungan bor ujung", ujar salah satu warga yang dalam video rekaman tersebut.

"Kalo minyak telah yang hak meluing", imbuh warga lainnya.

"La masuk ke sungai, itu titik lokasi kebakaranye," imbuh warga pertama.

"Itu boran ye dak", timpal temannya. "Ao yang api besok tu boranye ha ha," jelas warga pertama.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, belum diketahui secara pasti penyebab terbakarnya sumur minyak ilegal tersebut. Namun akibat dari kebakaran hebat itu, sejumlah warga yang berada dilokasi tunggang langgang berlarian menyelamatkan diri masing masing dari kobaran api.

Hal ini tentunya tak dapat dibiarkan berlarut larut, bahaya akibat dampak aktivitas ilegal Drilling tersebut bukan hanya berakibat korban nyawa, material, bahkan berdampak merusak lingkungan dan ekosisten yang ada.

Sementara, Kapolsek Sungai Lilin Iptu Moga Gumilang STrK SIK saat dikonfirmasi Via WhatsApp, terkait insiden tersebut meminta waktu karena pihaknya sedang cek Tempat Kejadian Perkara (TKP). "Ok siap bang, mohon waktu anggota kita masih cek ke lokasi ????," jelasnya dalam pesan singkat WhatsApp. (mnn)