Helo Indonesia

MUI Jateng Terbitkan Tausiah Sambut Idul Adha 1445 H, Atur Pemilihan Hewan Kurban dan Syarat Penyembelih

Selasa, 4 Juni 2024 17:14
    Bagikan  
MUI Jateng Terbitkan Tausiah Sambut Idul Adha 1445 H, Atur Pemilihan Hewan Kurban dan Syarat Penyembelih

Ketua Umum MUI Jateng KH Ahmad Darodji (kedua dari kanan) menyaksikan Ketua Komisi Fatwa KH Fadlolan Musyaffa’ sedang membubuhkan tanda tangan dalam Tausiah MUI Jateng, Selasa 4 Juni 2024. Foto: mui jtg

SEMARANG, HELOINDONESIA.COM - Majelis Ulama Indonesia Jawa Tengah (MUI Jateng) menerbitkan tausiah yang berisi sembilan poin, di antaranya mengatur tata cara aktivitas menyambut, tema materi khutbah, takbir keliling, shalat Idul Adha, memilih hewan kurban, syarat penyembelih, serta pelaksanaan ibadah kurban pada Idul Adha 1445 H.

Tausiyah tersebut tertuang dalam fatwa MUI Jateng bernomor 02/DP-P.XIII/T/VI/2024 tertanggal 4 Juni 2024, yang ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Jateng Dr H Ahmad Darodji MSi, Sekretaris Umum MUI Jateng Drs KH Muhyiddin MAg, Ketua Komisi Fatwa MUI Jateng Dr KH Fadlolan Musyaffa’ Lc MA, dan Sekretaris Komisi Fatwa MUI Jateng Prof Drs KH Ahmad Izzudin MAg.

Baca juga: USM Jalin Kerja Sama dengan UTM, Dekan: Membuka Akses dan Kesempatan

KH Ahmad Darodji dalam keterangan tertulisnya menjelaskan, dasar tausiah tersebut adalah surat dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, nomor 450.0/570, tertanggal 30 Mei 2024, tentang imbauan Pelaksanaan Ibadah Kurban pada Idul Adha 1445 H/2024 M, serta rapat koordinasi dengan Baznas Provinsi Jawa Tengah pada, Selasa 4 Juni 2024.

Berikut ausiah MUI Jateng yang berisi 9 poin:

1. Dalam rangka menyambut Idul Adha, umat Islam diserukan untuk melaksanakan puasa Tarwiyah dan Arafah dan ibadah-ibadah lain untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2.Melaksanakan shalat Idul Adha dengan tertib, khidmat, khusyu’ dan penuh semarak demi mensyiarkan Islam .

3. Materi khutbah hendaknya menjaga kesejukan umat, persatuan dan kesatuan bangsa.

4. Melaksanakan ibadah Kurban bagi yang mampu.

Baca juga: USM - UNI Batam Perkuat Tri Dharma Pergurun Tinggi dengan Jalin Kerja Sama

5. Bagi yang berkurban supaya memilih hewan Kurban yang sesuai dengan ketentuan syara’ dan memenuhi standar kesehatan hewan.

6. Penyembelihan hewan kurban harus menjalankan adab penyembelihan dalam Islam.

7. Penyembelihan hewan kurban harus dilakukan oleh penyembelih yang memenuhi ketentuan syara’, diutamakan yang sudah mempunyai sertifikat Juru Sembelih Halal.

8.Panitia kurban harus menjalankan tugasnya dengan amanah, adil dan sesuai dengan ketentuan syara’ dalam menerima hewan kurban, menyembelih dan mendistribusikannya secara merata dan bijaksana dengan mengutamakan kaum dhu’afa.

9. Pelaksanaan takbir keliling harus bertujuan syiar Islam dilakukan dengan tertib dan berkoordinasi dengan aparat.
(Aji)