Helo Indonesia

Jangan Dibuang, Berikut 8 Manfaat Mengonsumsi Biji Cempedak Bagi Kesehatan Anda

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 6 Juli 2023 05:20
    Bagikan  
Cempedak
ist

Cempedak - Biji cempedak memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh Anda.

HELOINDONESIA.COM - Cempedak adalah buah tropis asli Asia Tenggara yang sudah banyak dikembangkan di Indonesia. Buah ini cukup terkenal di tanah air karena daging buahnya yang manis dan harum.

Salah satu bagian dari cempedak yang sering luput dari perhatian banyak orang adalah biji cempedak. Biji cempedak memiliki beragam kandungan nutrisi, antioksidan yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Berikut ragam manfaat dari biji cempedak yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber. 

1. Mendukung Fungsi Otak

Mengkonsumsi biji cempedak yang kaya nutrisi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan fungsi otak.

Baca juga: Selain Bagus untuk Meningkatkan Kesuburan Pria, Berikut Manfaat Biji Labu yang Lainnya

  • Asam lemak omega 3, merupakan komponen penting struktur sel otot dalam menjaga kekakuan membran sel. Asam lemak omega 3 memiliki sifat anti-inflamasi untuk melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan peradangan.
  • Mengkonsumsi biji cempedak yang kaya akan asam lemak omega 3 dapat memperkuat sel otak dan meningkatkan fungsi kognitif.
  • Antioksidan, senyawa yang terdapat pada biji cempedak ini dapat melindungi otak dari stres oksidatif yang menyebabkan kerusakan radikal bebas pada sel-sel otak.
  • Vitamin B, memiliki peran dalam metabolisme energi dan kesehatan saraf. Mengkonsumsi biji cempedak dapat meningkatkan kemampuan otak untuk berkonsentrasi dan fokus pada aktivitas.
  • Asam amino esensial, seperti teritorial yang menghasilkan serotonin, berperan dalam memengaruhi suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan sangat penting untuk dijaga karena mempengaruhi tubuh dalam menyerap nutrisi, membuang limbah dan mendukung sistem kekebalan tubuh. Biji cempedak dengan kandungannya dapat dikonsumsi untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Baca juga: Kandungan Nutrisi dan 8 Manfaat Biji Kakao Bagi Kesehatan Tubuh Anda

  • Kaya serat, kandungannya membantu mengatur pergerakan usus, menjaga sembelit dan diare melalui penambahan volume dan meningkatkan peristaltik kontraksi otot melalui sistem pencernaan. Serat juga membantu membuang limbah melalui saluran pencernaan secara efisien.
  • Sifat prebiotik, kandungan serat prebiotik pada biji cempedak berfungsi sebagai makanan bagi bakteri probiotik (Bifidobacterium dan Lactobacillus). Probiotik ini menjaga keseimbangan flora usus yang sehat sehingga penyerapan nutrisi oleh pencernaan dapat lebih ditingkatkan.
  • Aktivitas enzim seperti amilase, lipase dan protease pada biji cempedak memecah molekul makanan menjadi bentuk yang lebih sederhana sehingga penyerapan dalam sistem pencernaan dapat lebih mudah sekaligus mengurangi rasa tidak nyaman pada pencernaan.
  • Antioksidan dan anti inflamasi, kedua khasiat dalam biji cempedak ini melindungi sistem pencernaan dari stres oksidatif dan peradangan sehingga usus menjadi lebih sehat dan terhindar dari gangguan pencernaan.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Biji cempedak dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. Biji cempedak tinggi antioksidan, vitamin, mineral dan banyak lagi.

  • Kaya antioksidan, termasuk senyawa fenolik dan flavonoid yang menetralkan radikal bebas berbahaya, mengurangi stres oksidatif, dan mencegah kerusakan sel.
  • Manfaat kesehatan vitamin C untuk anak sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui perlindungan terhadap patogen dan peningkatan produksi sel darah putih.
  • Sifat anti mikroba, berperan dalam memerangi berbagai agen infeksius seperti bakteri, jamur dan virus.
  • Sumber mineral, mineral esensial yang terdapat pada biji cempedak seperti seng yang bermanfaat dalam mendukung perkembangan dan fungsi sel imun, zat besi yang berperan dalam produksi sel darah merah dan sel darah putih, sebagai antioksidan dan menjaga kesehatan respon imun.

Baca juga: 5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Anda

4. Mengobati Malaria

Di daerah tropis dan subtropis, malaria merupakan masalah kesehatan global. Biji cempedak dengan potensi kandungannya dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengobati penyakit malaria.

  • Sifat antimalaria, biji cempedak kaya akan senyawa bioaktif seperti alkaloid, flavonoid, dan saponin. Senyawa ini merupakan antioksidan kuat dengan sifat antimikroba yang berperan penting dalam melawan parasit malaria.
  • Efek imunomodulator, malaria memicu respons imun selain efeknya pada sel darah merah. Efek imunomodulator yang ditunjukkan biji cempedak adalah melalui pengaturan respon sistem imun dan penguatan mekanisme pertahanan tubuh terhadap parasit malaria.

5. Menjaga Berat Badan

Kombinasi serat dan protein dalam biji cempedak meningkatkan rasa kenyang dan kepuasan, mengurangi kemungkinan makan berlebihan.

Selain meningkatkan rasa kenyang, kandungan seratnya dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga lonjakan gula darah dapat dicegah bahkan meningkatkan tingkat energi yang lebih stabil.

Rincian nutrisi yang ada pada biji cempedak untuk menjaga berat badan adalah

  • Tinggi serat, disebut pemenang selain menambah rasa kenyang, juga bermanfaat untuk menambah volume makanan. Dengan meningkatkan asupan serat, sangat membantu untuk mengontrol nafsu makan.
  • Sumber lemak sehat, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Kedua lemak ini membantu memberikan rasa kenyang setelah makan dan berkontribusi dalam pengendalian nafsu makan sehingga berat badan dapat terjaga dengan lebih baik.

6. Mengurangi Timbulnya Penyakit Jantung

Seperti kebanyakan makanan nabati lainnya, biji cempedak memberikan manfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan yang terkandung dalam biji cempedak untuk mencegah penyakit jantung adalah

  • Serat, bukan rahasia lagi bahwa diet tinggi serat sangat terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung. Perannya membantu menurunkan kadar kolesterol dengan cara mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan sehingga penyerapan ke dalam aliran darah dapat dicegah.
  • Lemak sehat, lemak sehat yang dimaksud adalah lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda. Kedua lemak ini dapat memperbaiki profil lipid darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) untuk menyehatkan jantung.
  • Antioksidan, sangat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan, yang merupakan faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan penyakit jantung.
  • Nutrisi, seperti potasium, magnesium, dan vitamin E. Mineral potasium dan magnesium berperan dalam menjaga tingkat tekanan darah yang sehat sedangkan vitamin E untuk tubuh sebagai antioksidan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

Baca juga: Beda dengan Selasih, Berikut Ini Sederet Manfaat Kesehatan Biji Chia pada Tubuh Anda

7. Mengurangi Risiko Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat mematikan di seluruh dunia. Kandungan yang terdapat pada biji cempedak dapat membantu mengurangi resiko kanker.

  • Antioksidan, senyawa fenoldin dan flavonoid sebagai antioksidan membantu menetralkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan DNA dan perkembangan sel kanker. biji cempedak dapat mengurangi stres oksidatif dan memberikan efek perlindungan terhadap perkembangan kanker.
  • Sifat anti inflamasi, senyawa alami dengan sifat anti inflamasi yang terdapat pada biji cempedak membantu mengurangi peradangan pada tubuh. Ini dapat menekan peradangan kronis sehingga menurunkan risiko perkembangan kanker.
  • Senyawa bioaktif, senyawa tersebut memiliki kemampuan untuk menghambat proliferasi sel kanker sehingga mengganggu pertumbuhan dan pembelahan sel kanker dan kondisi ini dapat mencegah pembentukan dan perkembangan tumor.
  • Serat, yang mendorong buang air besar secara teratur dan membantu menghilangkan racun yang berpotensi karsinogenik dari tubuh, dapat mengurangi risiko perkembangan kanker.

8. Mengontrol Kadar Gula Darah

Mengontrol kadar gula darah sangat penting untuk kesehatan tubuh. Untuk mengontrol kadar gula darah dengan baik dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat dan juga pengobatan alami seperti biji cempedak.

  • Serat, serat ini memiliki peran penting dalam mengontrol gula darah. Kandungan serat pada biji cempedak dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat sehingga lonjakan kadar gula darah yang cepat setelah makan dapat dicegah. Kondisi ini mendorong pelepasan glukosa Batam ke aliran darah yang membuat kontrol kita lebih baik.
  • Indeks glikemik rendah (GI) adalah ukuran seberapa cepat makanan meningkatkan kadar gula darah. Biji cempedak memiliki GI rendah dan dengan mengkonsumsi biji cempedak dapat mengatur kadar gula darah dengan lebih efektif.
  • Senyawa bioaktif, dengan kandungan senyawa bioaktif pada biji cempedak dapat meningkatkan sensitivitas insulin sehingga penggunaan glukosa lebih efisien. Peningkatan sensitivitas insulin sangat mempengaruhi kontrol gula darah menjadi lebih baik.
  • Antioksidan, berperan dalam mengurangi stres oksidatif dan peradangan dalam tubuh yang sering meningkat dengan diabetes. Mengkonsumsi biji cempedak dapat membantu melindungi sel beta pankreas yang berperan dalam memproduksi insulin.
  • Antidiabetes, biji cempedak memiliki efek antidiabetes dimana senyawa aktif yang terkandung di dalamnya dapat merangsang penyerapan glukosa oleh sel, menghambat enzim pemecah karbohidrat dan meningkatkan sekresi insulin. Semua efek ini membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kontrol glikemik secara keseluruhan.