Helo Indonesia

5 Manfaat Biji Bunga Matahari untuk Kecantikan Anda

Syahroni - Ragam
Sabtu, 1 Juli 2023 13:37
    Bagikan  
Bunga matahari
pixabay/ Klaudia_Olejnik

Bunga matahari - Bunga matahari mengandung banyak vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

HELOINDONESIA.COM - Bukan rahasia lagi jika biji bunga matahari sangat terkenal dengan kandungan vitamin E yang sangat efektif untuk perawatan kulit. Seperti yang kita ketahui bahwa vitamin E berfungsi untuk mencegah efek buruk radikal bebas pada kulit. Banyak produk perawatan kulit yang menggunakan biji bunga matahari sebagai bahan utama perawatan kulit. Berikut 5 manfaat biji bunga matahari untuk kecantikan.

1. Melembabkan Kulit

Biji bunga matahari mengandung manfaat kesehatan dari vitamin E. Sangat baik dan terkenal untuk mempertahankan kelembaban kulit secara alami. Asupan cairan yang berkurang, udara dingin, paparan sinar matahari dapat mengurangi kelembapan pada kulit sehingga kulit menjadi kering, kasar dan kusam. Jika kondisi ini tidak ditangani, rentan terhadap infeksi dan iritasi.

Penggunaan pelembab harus disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak, gunakan pelembap berbentuk lotion yang berbahan dasar air dan noncomedogenic. Untuk kulit kering, pelembab berbahan dasar minyak sangat baik untuk menjaga kulit kering dan pecah-pecah.

Untuk kulit yang menua, carilah pelembab berbahan dasar minyak yang mengandung antioksidan, petrolatum untuk mencegah munculnya tanda penuaan berupa kerutan dan garis halus.

Baca juga: Aromanya yang Khas dan Kuat, Benarkah Harum Bunga Cananga Bisa Meningkatkan Libidio dan Gairah Bercinta

Untuk kulit sensitif, gunakan pelembab yang mengandung aloe vera atau chamomile. Untuk kulit normal, Anda bisa menggunakan pelembab berbahan dasar air dengan tekstur yang ringan dan sedikit minyak.

Berbagai cara bisa dilakukan untuk melembabkan kulit,

  • Rutin membersihkan wajah, langkah dasar menjaga kesehatan kulit dan pastikan menggunakan sabun wajah dengan bahan yang lembut dan jangan terlalu sering mencuci muka serta hindari juga penggunaan air hangat.
  • Menghilangkan sel kulit mati, bisa menggunakan sabun wajah yang mengandung scrub untuk mengangkat sel kulit mati.
  • Jaga kebersihan tangan, sebelum menggunakan produk skin care pastikan tangan dalam keadaan bersih.
  • Lindungi wajah dari sinar matahari, selalu gunakan tabir surya setiap kali beraktivitas di luar ruangan.
  • Menjalani pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan bergizi, memenuhi kebutuhan cairan hingga istirahat yang cukup.
  • Penggunaan biji bunga matahari, melalui aplikasi langsung minyak biji bunga matahari ke kulit.

2. Masker Wajah

Wajah cerah dan mulus, mencegah penuaan dini, menghilangkan bekas jerawat, kan guys kulit lembabnya idaman semua wanita. Salah satu perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan kulit cerah dan halus adalah masker.

Baca juga: Tak Hanya Tingkatkan Stamina Pria yang Loyo, Berikut Ini Manfaat Lain dari Tanaman Rujak Polo

Masker wajah bisa berupa krim yang didiamkan semalaman dan masker lembaran yang menempel di kulit dengan kandungan serum yang tinggi. Masker wajah merupakan salah satu jenis produk perawatan kulit yang berbahan dasar manfaat kesehatan dari minyak biji bunga matahari untuk melindungi kulit.

Berikut urutan penggunaan masker wajah yang benar,

  • Membersihkan wajah, berfungsi untuk mengangkat sisa makeup, debu dan kotoran yang menempel di pori-pori. Kandungan dalam masker dapat terserap maksimal saat pori-pori.
  • Menggunakan air hangat, untuk menguapkan wajah agar pori-pori terbuka sehingga kandungan nutrisi pada masker dapat terserap oleh pori-pori. Menguapkan wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghilangkan minyak tersumbat dan kotoran di pori-pori.
  • Gunakan alat yang tepat, tidak menggunakan tangan tetapi menggunakan kuas lembut khusus masker agar terlihat lebih merata dan meresap ke dalam kulit.
  • Cuci muka dengan air hangat, lakukan maskeran selama kurang lebih 30 menit lalu cuci dengan air hangat untuk melarutkan masker yang menempel. Setelah masker diangkat dari wajah gunakan air dingin untuk menutup pori-pori.
  • Penggunaan perawatan kulit dasar urutan pertama adalah toner sebagai penyegar kulit dan menghidrasi kulit diikuti dengan pelembab kemudian mengoleskan tabir surya untuk melindungi lapisan kulit dari paparan sinar matahari.

Biji bunga matahari dapat digunakan sebagai masker wajah dan cara membuatnya sangat mudah cukup campurkan minyak biji bunga matahari dengan yogurt tawar dan air perasan lemon kemudian aduk hingga rata kemudian oleskan masker tersebut pada wajah secara merata selama kurang lebih 20 menit dan bilas hingga bersih.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan yang Tak Terduga dari Tanaman Senna Alata alias Pohon Kurap

Minyak biji bunga matahari sangat bagus sebagai pelembab kulit, yoga efektif mengangkat sel kulit mati dan jus lemon membuat kulit tampak lebih cerah.

3. Pijat Seluruh Tubuh

Memijat memberikan relaksasi pada tubuh, terutama kulit, tendon, dan otot. Salah satu jenis pijat adalah pijat refleksi. Banyak manfaat yang didapatkan dari pijat refleksi seperti

  • Melancarkan peredaran darah, pijat refleksi yang tinggi dapat membuka simpul pembuluh darah sehingga urat dan urat dapat mengalirkan darah dengan optimal.
  • Mengurangi stres, pijat refleksi ditakuti pada telapak kaki.
  • Mengurangi gejala penyakit tertentu, seperti sakit kepala, sakit punggung, masalah pencernaan.
  • Meredakan nyeri, dengan pijat refleksi meningkatkan keseimbangan fungsi dan sistem tubuh sehingga tubuh dapat lebih rileks.
  • Meredakan migrain dan sakit kepala, pijat refleksi dapat meningkatkan aliran darah dan ketegangan otot menelan.
  • Mengurangi kecemasan, pijat refleksi meningkatkan suasana hati secara tidak langsung.
  • Baik untuk penderita diabetes tipe 2, melakukan pijat refleksi secara rutin membantu kadar gula darah terkontrol dengan baik.
  • Mengeluarkan racun dalam tubuh, dengan pijat refleksi dapat mengurangi gangguan pada saluran kandung kemih dan juga meningkatkan fungsi kandung kemih sehingga proses detoksifikasi racun berjalan maksimal.
  • Mempercepat proses penyembuhan, dengan melakukan pijat refleksi akan meningkatkan aktivitas syaraf, peredaran darah dan keseimbangan metabolisme sehingga sel tumbuh lebih cepat dan proses penyembuhan luka dapat terjadi dengan cepat.

Baca juga: 11 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Kumis Kucing yang Harus Anda Ketahui

Memijat tubuh bisa menggunakan biji bunga matahari minyak hitam. Kulit menjadi lebih lembap, bercahaya dan halus secara alami dengan manfaat kesehatan dari biji bunga matahari minyak hitam

4. Sebagai Lulur

Manfaat biji bunga matahari adalah menjaga kesehatan kulit, seperti scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi sel kulit baru. Dengan perawatan scrub akan membuat wajah tampak lebih cerah dan sehat. Namun perlu diperhatikan untuk tidak saling menggunakan minimal 1x seminggu. Berikut urutan penggunaan scrub,

  • Pilih sesuai kebutuhan kulit, pastikan motion yang dipilih tidak mengandung alkohol, pewangi dan paraben serta memiliki standar BPOM.
  • Membersihkan wajah, gunakan micellar water untuk menghapus makeup di wajah dilanjutkan dengan facial wash untuk memastikan tidak ada sisa kotoran di wajah.
  • Pemakaian scrub, kurang lebih 15 menit lalu pijat lembut dengan gerakan melingkar. Setelah itu bersihkan, keringkan dan lanjutkan dengan pemakaian skin care.
  • Lulur wajah dapat menggunakan biji bunga matahari dengan cara dihaluskan dan disimpan dalam wadah kedap udara selama 1 bulan. Untuk pemakaiannya cukup tambahkan air secukupnya dan bisa langsung dioleskan ke seluruh wajah.

Baca juga: Dikenal Sebagai Penyedap Aroma Khas Makanan, Tanaman Basil juga Miliki 4 Manfaat untuk Kesehatan

5. Mencegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, penuaan dini tidak bisa dihindari. Ada bentuk-bentuk pembinaan dini yang harus diwaspadai seperti :

  • Kulit wajah kusam karena sel kulit mati dipermukaan kulit melambat sehingga muncul tumpukan sel kulit mati
  • Lentigo muncul di kulit akibat paparan sinar matahari yang sering dan berulang dalam waktu yang lama
  • Garis halus dan kerutan yang muncul di usia akhir 30-an menjadi lebih jelas di usia 40-an
  • Berkurangnya volume wajah menyebabkan berkurangnya produksi kolagen dan timbunan lemak di kulit sehingga kepadatan kulit menjadi berkurang.

Penyebab terbesar penuaan dini adalah paparan sinar matahari yang terlalu lama, gaya hidup tidak sehat (konsumsi alkohol, merokok, pola makan tidak sehat, malas berolahraga, begadang), cuaca ekstrem, dan stres.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk memperlambat penuaan dini adalah dengan memakai tabir surya setiap hari, makan dengan gizi seimbang, berhenti merokok, menerapkan pola hidup sehat, merawat wajah dengan perawatan kulit.

Gunakan perawatan kulit berbahan dasar bunga matahari yang diekstraksi menjadi minyak dan dapatkan manfaat kesehatan dari minyak bunga matahari untuk kesehatan kulit dan pentingnya mencegah penuaan dini.