Helo Indonesia

Tak Hanya Tingkatkan Stamina Pria yang Loyo, Berikut Ini Manfaat Lain dari Tanaman Rujak Polo

Syahroni - Ragam -> Kesehatan
Kamis, 29 Juni 2023 11:43
    Bagikan  
Gokshura atau raja polo.
ist

Gokshura atau raja polo. - Selain bisa meningkatkan kejantanan pria, raja polo atau goskhura juga memiliki ragam manfaat kesehatan yang lain.

HELOINDONESIA.COM - Gokshura atau rujak polo adalah tumbuhan liar yang biasa tumbuh di mana-mana mulai dari dataran tinggi hingga dataran rednah. Meski kerap disebut tanaman pengganggu, tanaman dengan nama latin Tribulus terrestris ini ternyata banyak digunakan dalam pengobatan tradisional.

Rujak polo telah digunakan dalam pengobatan selama berabad-abad yang lalu oleh banyak negara seperti Cina, Eropa dan Persia. Bahkan digunakan dalam praktek pengobatan Ayurveda di India.

Rujak polo memiliki banyak manfaat terutama dalam hal kesuburan pria. Tumbuhan liar ini telah digunakan sebagai suplemen sebagai penguat testosteron (peningkatan produksi testosteron). Selain itu, manfaat Gokshura adalah mengatasi mereka yang menderita diabetes, penurunan produksi urin, melawan depresi hingga penyakit jantung.

Baca juga: 10 Manfaat Kesehatan yang Tak Terduga dari Tanaman Senna Alata alias Pohon Kurap

Nilai gizi :

  • Vitamin
  • Magnesium
  • Kalium
  • Fosfor
  • Saponin
  • Amida Lignin
  • Flavonoid
  • Alkaloid
  • Glikosida

Manfaat kesehatan :

1. Meningkatkan Kualitas Sperma

Penelitian telah dilakukan oleh ACTA Lithuania dengan melibatkan 32 atlet berusia 20 hingga 22 tahun untuk mengonsumsi suplemen Gokshura. Penelitian menunjukkan bahwa suplemen ini secara signifikan meningkatkan hormon testosteron dalam darah.

Selain itu diikuti dengan peningkatan daya tahan tubuh, peningkatan pertumbuhan otot dan stamina saat berolahraga. Hasil penelitian juga menunjukkan peredaran darah, penurunan tekanan darah dan percepatan pemulihan akibat kelelahan setelah beraktivitas. Dengan kandungan saponin dan furostanol, Gokshura dapat meningkatkan keperkasaan pria.

Baca juga: 11 Manfaat Kesehatan dari Tanaman Kumis Kucing yang Harus Anda Ketahui

2. Meredakan Gejala Alergi

Alergi yang dimaksud adalah alergi pada kulit seperti gatal atau ruam merah. Dengan kandungan senyawa dalam Gokshura seperti asam dan glikosida yang dapat meredakan gatal alergi atau ruam merah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama seperti kebanyakan jamu lainnya, Gokshura juga bisa menjaga kesehatan jantung karena kandungan yang terkandung di dalamnya.

4. Mengobati infeksi saluran kemih

Gokshura memiliki sifat antiseptik dan diuretik yang dapat mencegah infeksi saluran kemih.
Selain itu Gokshura dapat mengobati keracunan makanan, tekanan darah tinggi, kolesterol, sembelit, perut kembung dan masih banyak lagi.

5. Obat diet

Gokshura dapat digunakan untuk menurunkan berat badan. Meski rasanya pahit tapi sangat bermanfaat dalam diet. Untuk menghilangkan rasa pahitnya, Anda bisa menambahkan madu atau gula merah pada minuman Gokshura.

Baca juga: 15 Manfaat Kesehatan Tanaman Putri Malu, Dari sekedar Obati Batuk, Hingga Bikin Istri Tunduk

Asupan Rekomendasi :

Untuk penggunaan normal, siapkan buah Gokshura dan keringkan. Setelah itu rebus sekitar 10 gram dengan 2 gelas air. Minum sekali sehari untuk menyembuhkan penyakit atau seminggu sekali untuk pengobatan.

Efek samping :

Jika dikonsumsi berlebihan, akan menyebabkan:

  • Gangguan
  • Gatal
  • Peracunan
  • Darah rendah
  • Keguguran

Perhatian :

Jangan mengkonsumsi sebelum makan. Dan bagi ibu yang sedang hamil, sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi Gokshura. Selain itu, hentikan konsumsi Gokshura selama 2 minggu jika Anda akan menjalani operasi medis.