Helo Indonesia

Panen Cabai dan Bawang Merah Melimpah, Harga Anjlok

Nabila Putri - Ekonomi
Rabu, 26 Juli 2023 18:45
    Bagikan  
Pedagang di pasar tradisional Kabupaten Pesawaran

Pedagang di pasar tradisional Kabupaten Pesawaran - (Rama/Helo)

LAMPUNG, HELOINDONESIA.COM - Sejumlah bahan pangan di pasar tradisional Gedongtataan Kabupaten Pesawaran mengalami penurunan harga seperti cabai merah dan bawang merah.

Penurunan harga yang terjadi akibat pasokan barang yang melimpah dan antusias pembeli berkurang.

Siti salah satu pedagang di pasar tradisional Gedongtataan mengatakan, memang ada beberapa bahan pangan yang mengalami penurunan harga cabai merah dan bawang merah.

"Cabai merah per kilogram mencapai Rp 26 ribu, sebelumnya di harga Rp 30 ribu per kilogram," kata Siti, saat dijumpai di lapak dagangannya, Rabu (26/7/2023).

Dijelaskan, bahwa penurunan harga tersebut baru 3 hari yang lalu, karena pasokan yang melimpah dan antusias pembeli yang berkurang menjadi penyebab turunnya harga cabai merah saat ini.

Baca juga: Diberi Waktu Seminggu, Pedagang Bongkar Lapaknya di Segala Mider

"Pembeli di Pasar Gedong Tataan lagi sepi dan memang di bulan Juli ini omset menurun ditambah dengan pembeli yang sepi," ujarnya.

Untuk menghemat biaya operasional di Pasar, dirinya harus mengurangi pasokan berbagai jenis cabai. Seperti cabai merah yang sebelumnya memasok sampai 70 kilogram, kini dirinya hanya bisa memasok hingga 50 kilogram saja dari pemasok asal Pringsewu.

"Kalau untuk cabai rawit, dan rawit merah berada pada harga yang masih stabil, yaitu Rp 35 ribu per kilogram," jelasnya.

Ia mengungkapkan, bukan hanya harga cabai saja yang mengalami penurunan harga tetapi bawang merah juga mengalami penurunan.

"Untuk saat ini harga bawang merah di Pasar Gedong Tataan mencapai Rp 20 sampai Rp 22 ribu per kilogramnya, dari harga sebelumnya yaitu Rp 30 ribu per kilogram," kata dia.

"Namun, untuk bawang putih masih standar dan tidak alami kenaikan atau penurunan," pungkasnya. (Rama)