Helo Indonesia

Pasar Bauntung Banjarbaru Merencanakan Perpanjangan Jam Operasional Hingga Malam Hari

Anang Fadhilah - Nasional -> Peristiwa
Jumat, 26 April 2024 18:54
    Bagikan  
Pasar Tradisional
Pasar Malam

Pasar Tradisional - Pasar Bauntung Banjarbaru akan operasi hingga malam hari. (ist/heloindonesia)

BANJARBARU, HELOINDONESIA.COM - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pasar Bauntung Banjarbaru ingin mengembalikan kehidupan malam ke pasar tradisional tersebut. Rencananya, jam operasional pasar akan diperpanjang hingga malam hari, sebagai tanggapan atas tuntutan warga terutama yang sibuk bekerja sepanjang hari.

Sebagai pasar yang telah mengantongi Standar Nasional Indonesia (SNI), seharusnya Pasar Bauntung beroperasi dari pukul 07.00 hingga 22.00 Wita. Namun, kondisi aktual di lapangan menunjukkan bahwa sejumlah pedagang sudah menutup lapak mereka sebelum pukul 17.00 Wita.

Menyikapi masukan dari masyarakat, Kepala UPT Pasar Bauntung Banjarbaru, Abdul Malik, menjelaskan bahwa keputusan untuk memperpanjang jam operasional ini diharapkan dapat mendukung aktivitas ekonomi di pasar serta memenuhi kebutuhan konsumen yang bekerja pada jam-jam regular.

"Ada banyak warga yang bekerja sepanjang hari, dan mereka ingin memiliki kesempatan untuk berbelanja di malam hari," ungkap Abdul Malik, Jumat (26/4/2024).

Langkah ini juga dianggap sebagai upaya untuk meramaikan pasar tradisional, yang semakin tergeser dengan kehadiran pusat perbelanjaan modern. Namun, sebelum menerapkan kebijakan ini, UPT Pasar Bauntung akan terlebih dahulu berkomunikasi dengan para pedagang untuk memastikan kesiapan mereka.

"Kami harus memastikan apakah para pedagang siap untuk membuka lapak hingga malam hari atau tidak," tambah Malik.

Diharapkan, dengan adanya perpanjangan jam operasional ini, pasar tradisional seperti Pasar Bauntung dapat kembali menjadi pusat aktivitas ekonomi yang ramai, serta memberikan alternatif belanja yang nyaman bagi masyarakat Kota Banjarbaru.

Selain mengakomodasi kebutuhan konsumen, UPT Pasar Bauntung juga berencana untuk mengusulkan secara resmi kepada wali kota agar mendapatkan izin resmi untuk beroperasi hingga malam hari. Langkah ini akan didukung dengan pertimbangan matang serta kesiapan sarana dan prasarana yang memadai di pasar tersebut.