Helo Indonesia

Uston Nawawi Pantas Tukangi Persebaya, Sayangnya Terkendala Masalah ini

Selasa, 22 Agustus 2023 13:36
    Bagikan  
USTON NAWAWI
persebaya.id

USTON NAWAWI - Pelatih Persebaya Surabaya, Uston Nawawi membawa kemenangan tiga kali berturut-turut.

HELOINDONESIA.COM - Sejak kepergian Aji Santoso, 8 Agustus 2023, Persebaya Surabaya belum memiliki pelatih kepala, namun kini digantikan asisten pelatih Uston Nawawi sebagai pelatih carateker.

Meski demikian selama Uston Nawawi berperan sebagai pelatih sementara Persebaya, skuad Bajol Ijo kini semakin bersinar, dengan tiga kali kemenangan.

Saat ditukangi pelatih Aji Santoso, Persebaya yang berlaga 6 kali pertandingan hingga 8 Agustus 2023, baru sekali memenangi pertandingan.

Sementara kini skuad Bajol Ijo mengalami perubahan drastis setelah ditukangi pria kelahiran 6 September 1977 ini.

Uston Nawawi yang menggantikan posisi Aji Santoso, dalam laga sebanyak tiga kali dalam tiga pekan Persebaya terus mengalami tren positif.

Baca juga: Uston Nawawi Puji Penampilan Sho Yamamoto yang Kembali Menemukan Ketajaman dalam Mencetak Gol

Persebaya tiga kali memenangi pertandingan hingga menyumbangkan sebanyak 9 poin dan kini Persebaya di peringkat 8 besar klasemen sementara Liga 1 2023/2024 dengan mendapatkan 14 poin.

Tiga laga dengan perolehan poin penuh Persebaya itu antara lain menghadapi PSM Makassar 1-0, melawan Bhayangkara FC 1-2 dan kontra Persita Tangerang 0-1.

Sayannya posisi Uston Nawawi yang sudah pantas menyandang Pelatih Bajol Ijo belum bisa menggantikan Aji Santoso sebagai pelatih kepala lantaran kendala teknis.

Pihak manajemen Persebaya sebenarnya menginginkan Uston Nawawi sebagai pelatih kepala, namun terkendala regulasi, Uston baru memiliki linsesi AFC A.

Baca juga: Kebangkitan Persebaya Akhirnya Terjadi Ditangan Uston Nawawi, Beruntung Lawannya Bhayangkara FC

Sesuai regulasi Liga 1 2023/2024, klub kontestan wajib mengangkat pelatih kepala dengan lisensi kepelatihan AFC Pro, Uston masih dalam proses mendapatkan lisensi itu.

Manajer Persebaya Yahya Alkatiri mengatakan manajemen sebenarnya ingin mengangkat Uston Nawawi sebagai pelatih kepala, namun terkendala masalah itu.

Yahya menjelaskan Persebaya masih akan dipegang Coach Uston, semoga hasilnya tetap positif hingga laga-laga berikutnya.

"Harusnya lisensi Coach Uston turun bulan September, ternyata PSSI mengubahlagi jadwal memperoleh lisensi Pro Coach Usto Nawawi," jelas Yahya sembari menjelaskan jika manajemen ingin memperpanjang, tetapi kondisinya seperti itu.

Baca juga: Dua Laga ke Depan Persebaya Dipimpin Uston Nawawi, Begini Komposisi Pemainnya

Manajer Persebaya mengatakan untuk sementara Persebaya masih memakai pelatih caretaker Uston Nawawi, untuk pelatih pengganti Aji Santoso sudah mengerucut beberapa nama menunggu beberapa pekan.

Sementara pelatih careteker Persebaya, Uston Nawawi akan terus memperbaiki skuad Persebaya Surabaya agar tetap memiliki peluang untuk menang setiap laga-laganya.

Seperti kita ketahui pada Sabtu (26/8/2023) Persebaya bakal menghadapi laga tandang menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, yang bakal dihadapi dengan persiapan yang matang.

Untuk menghadapi tekanan suporter PSS Sleman yang sangat fanatik seperti halnya Bonekmania, Uston mengaku sudah mempersiapkan mental pemain agar bemain enjoy.

Baca juga: Pelatih Uton Nawawi Sebut Banyak Hal yang Dibenahi, Tetapi Banyak Hal yang Harus Diapresiasi untuk Persebaya

Tekanan suporter PSS Sleman bagi Uston Nawawi adalah sangat bagus, karena pemain Persebaya bisa mengambil energinya dari semangat para suporter lawan.

"Bagus buat kami, kami malah ambil energinya dari situ, suporter kan menyupport dalam arti positif yang penting enggak anarkis," kata Uston.

Bagi Persebaya bermasih di tengah-tengah suporter yang sangat banyak bukanlah sebuah tekanan bagi Persebaya Surabaya, tetapi justri sebaliknya.

Baca juga: Persebaya Kembali Unggul Melalui Tendangan Keras Song Ui-Young, Habisi PSM Makassar di Kandang Sendiri

Kata Uston, semangat suporter bisa mengangkat semangat para pemain Persebaya, bahkan Persebaya sudah sering menang di tengah keriuhan suporter lawan.

Uston mengingatkan laga melawan Persis Solo di laga pertama 1 Juli 2023 Persebaya mampu unggul di kandang lawan Persis Solo dengan perolehan skor 2-3, saat Stadion Manahan dipenuhi suporter. **