Helo Indonesia

10 Khasiat Luar Biasa Lobak yang Perlu Anda Ketahui, Lawan Infeksi Hingga Cegah Kerusakan Hati

Syahroni - Ragam
Sabtu, 5 Agustus 2023 19:39
    Bagikan  
lobak putih.
pixabay

lobak putih. - Manfaat kesehatan lobak yang perlu Anda ketahui.

HELOINDONESIA.COM - Lobak putih merupakan salah satu jenis sayuran yang sudah cukup lama digunakan dalam pengobatan tradisional China. Karena khasiatnya itulah, lobak putih banyak digunakan dalam berbagai menu masakan di sana.

Di Indonesia, lobak putih sendiri sudah banyak dikonsumsi sehingga sudah mulai banyak dibudidayakan. Cara penanamannya dapat didataran rendah maupun tinggi (pegunungan). Sentra penghasil lobak seperti di dataran tinggi Pangalengan Cipanas dan Bedugul.

Tanah yang baik untuk tanaman lobak antara lain menpunyai ciri gembur, mengandung humus (subur) dan lapisan atasnya tidak mengandung kerikil.
Sedangkan derajat keasaman tanah antara lima sampai enam dan waktu tanam, idelnya musim hujan atau awal musim kemarau.

Baca juga: Beragam Jenis Tanaman dan Sayuran Dipercaya Bermanfaat Anti Kanker, Ternyata Juaranya Jengkol dan Petai

Lobak diyakini dapat membantu melawan gangguan ginjal dan deman. Di samping itu, dapat pula menghasilkan lendir dalam kerongkongan sehingga baik sekali untuk obat batuk.

Mereka kaya akan beberapa nutrisi penting dan antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan membantu penurunan berat badan. Berikut beberapa manfaat lobak untuk kesehatan yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Meredakan sakit tenggorokan

Dalam metode pengobatan tradisional Tiongkok dan Ayurveda, lobak putih dikenal sebagai tanaman yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan. Tak hanya itu, lobak putih juga bermanfaat untuk menangani demam, gangguan empedu, dan peradangan, karena kandungan vitamin C dan mineral di dalamnya yang sangat tinggi.

2. Membantu melawan infeksi jamur

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa semua jenis tanaman lobak, termasuk lobak putih, mengandung zat yang bersifat antijamur. Zat ini dapat mematikan jamur jenis Candida albicans, yaitu salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi pada manusia.

Baca juga: 8 Sayuran Hijau yang Baik untuk Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

3. Menstabilkan kondisi penderita diabetes

Tidak hanya sebagai antibakteri dan antijamur, lobak putih juga merupakan antidiabetes. Sebuah penelitian menemukan bahwa biji lobak berkhasiat mengatasi resistensi insulin, serta meningkatkan penyerapan gula dari darah.

4. Mencegah risiko penyakit kanker

Penggunaan lobak putih untuk mengobati kanker telah lama dilakukan di beberapa negara Asia, terutama di Korea. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa lobak putih mengandung isotiosianat, yang dapat membunuh sel-sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker.

Lobak putih juga memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat melawan berbagai dampak buruk dari radikal bebas, termasuk kanker.

5. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat lobak selanjutnya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan serat, nitrat, kalium, serta antioksidan dalam lobak dapat mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah jantung, serta melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah agar aliran darah lancar.

Penelitian di Korea Selatan juga menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat dari sayuran seperti lobak, baik lobak putih maupun lobak merah, memiliki efek baik dalam menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Baca juga: Lama Dipakai dalam Pengobatan Tradisional China, Berikut Manfaat Jamur Lingzhi yang Perlu Anda Ketahui

6. Menjaga kesehatan tulang

Lobak juga termasuk salah satu jenis sayuran yang baik untuk kesehatan dan kekuatan tulang. Hal ini karena lobak mengandung kalsium, fosfor, serta antioksidan. Bahkan, beberapa riset menunjukkan bahwa asupan tinggi sayuran, termasuk lobak, bisa mengurangi risiko terjadinya osteoporosis.

7. Menyehatkan ginjal

Lobak putih dikenal juga sebagai obat diuretik alami. Artinya sayuran ini bisa merangsang buang air kecil dan menjaga ginjal tetap bersih. Selain itu sayuran ini bisa membuang kelebihan racun dalam lemak dan air melalui buang air kecil.

8. Mencegah kerusakan hati

Lobak putih mengandung enzim yang memiliki aktivitas hepatoprotektif di dalamnya. Enzim ini bisa menangkal efek hepatotoksik pada tubuh. Hepatotoksik adalah kerusakan organ hati yang dimiliki agen toksik. Sehingga, lobak putih bisa menangkal efek buruk dari kerusakan organ hati.

9. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Rendah kalori namun kaya serat, lobak putih merupakan tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat. Serat melewati saluran pencernaan Anda secara perlahan, membantu Anda merasa kenyang lebih lama yang dapat mengurangi nafsu makan dan asupan makanan Anda.

Baca juga: 7 Pengobatan Rumahan untuk Menghilangkan Sariawan

Menurut sebuah ulasan, meningkatkan asupan serat harian sebanyak 14 gram dapat menurunkan asupan kalori hingga 10% — menyebabkan penurunan berat badan sebanyak 4 pon (1,9 kg) dalam empat bulan.

10. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Lobak sarat dengan vitamin C. Vitamin ini memainkan peran sentral dalam fungsi kekebalan tubuh. Menurut sebuah ulasan, mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi gejala dan mempersingkat durasi flu biasa dan infeksi saluran pernapasan lainnya.

Ini juga dapat membantu mencegah dan mengobati kondisi lain, seperti pneumonia, malaria, dan infeksi diare. Selain itu lobak juga kaya akan antioksidan penangkal penyakit - seperti quercetin, kaempferol, dan apigenin - yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda.