Helo Indonesia

Lama Dipakai dalam Pengobatan Tradisional China, Berikut Manfaat Jamur Lingzhi yang Perlu Anda Ketahui

Syahroni - Ragam
Sabtu, 5 Agustus 2023 18:20
    Bagikan  
Jamur lingzhi
pixabay

Jamur lingzhi - manfaat jamur lingzhi untuk kesehatan.

HELOINDONESIA.COM - Jamur Reishi atau yang lebih dikenal dengan nama jamur lingzhi adalah salah satu jamur obat yang memiliki beragam khasiat.

Jamu lingzhi sudah digunakan selama ratusan tahun, terutama di negara-negara Asia, untuk pengobatan infeksi. Baru-baru ini, mereka juga telah digunakan dalam pengobatan penyakit paru-paru dan kanker.

Jamur obat telah disetujui sebagai bahan tambahan untuk perawatan kanker standar di Jepang dan China selama lebih dari 30 tahun. Penggunaannya memiliki riwayat klinis yang luas untuk penggunaan yang aman sebagai agen tunggal atau dikombinasikan dengan kemoterapi.

Naskah kuni yang mendokumentasikan pengobatan Tiongkok memuji jamur lingzhi karena kemampuannya untuk memperkuat fungsi jantung, meningkatkan ingatan, dan detoksifikasi tubuh.

Baca juga: 10 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan Anda, Kaya Anti-oksidan dan Mampu Mencegah Kanker

Jamur Lingzhi mengandung karbohidrat, lemak, serat, dan protein. Jamur yang bernama Latin Ganoderma lucidum ini juga mengandung molekul bioaktif polisakarida, peptidoglikan, dan triterpenoid.

Dengan aneka kandungan di atas, ada beberapa potensi manfaat kesehatan yang bisa didapat dari jamur Lingzhi, yaitu:

1. Antikanker

Jamur Lingzhi kaya akan asam lemak, asam amino, alkaloid, steroid, enzim, triterpenoid, dan polisakarida. Triterpenoid dan polisakarida adalah senyawa yang berkontribusi pada sifat antikanker jamur Lingzhi.

Sejumlah uji penelitian klinis menemukan bahwa banyak sel kanker yang mati berkat jamur ini. Penelitian lain menunjukkan bahwa jamur Lingzhi dapat menurunkan jumlah dan ukuran tumor di usus besar, serta mencegah kanker kolorektal dan kanker prostat.

Menurut penelitian lain, senyawa bioaktif yang disebut polifenol dan flavonoid pada jamur ini juga diyakini dapat membantu terapi antiinflamasi terhadap melanoma dan kanker payudara.

2. Menurunkan kadar lemak dan gula darah

Menurut penelitian, senyawa di dalam jamur Lingzhi diduga dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Namun, hal tersebut masih membutuhkan bukti dan studi lebih lanjut.

Baca juga: Fakta-fakta Keampuhan Aromaterapi dalam Pengobatan Tradisional

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat lain jamur Lingzhi adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dalam satu penelitian disebutkan jika senyawa dalam jamur Lingzhi dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih untuk melawan infeksi dan penyakit.

4. Melawan depresi dan kelelahan

Tidak hanya meningkatkan kekebalan tubuh, mengonsumsi jamur Lingzhi juga dipercaya mampu meredakan depresi dan kelelahan, serta meningkatkan kualitas hidup penderita penyakit tertentu.

5. Antipenuaan

Sebuah penelitian menunjukkan, ada sejumlah komponen pada jamur Lingzhi yang diketahui memiliki efek antipenuaan. Komponen tersebut adalah polisakarida, triterpen, peptida, dan peptida polisakarida.

Baca juga: Siap Bersaing dengan Ayuverda India dan TCM China, 31 Asosiasi Deklarasikan Board of ETNA Tourism

Senyawa antioksidan yang terkandung pada jamur ini juga mampu melindungi sel-sel tubuh dari dampak radikal bebas.

6. Meningkatkan Pendarahan

Jamur Lingzhi dapat meningkatkan risiko pendarahan pada orang yang memakai pengencer darah seperti warfarin. Mereka juga dapat meningkatkan perdarahan selama operasi, jadi dokter menyarankan untuk menghentikan jamur reishi setidaknya dua minggu sebelum jadwal operasi.

7. Penyakit autoimun

Karena jamur reishi dapat meningkatkan respons sistem kekebalan, jamur ini dapat memperburuk gejala pada orang yang menggunakan obat imunosupresan untuk mengobati kondisi seperti artritis reumatoid, penyakit radang usus, atau psoriasis.