Helo Indonesia

Awalnya Mencoba, Sekarang Pemkot Tangsel Berhasil Panen Bawang Merah Wujudkan Kemandirian Pangan

M Ridwan - Ragam
Kamis, 22 Februari 2024 20:34
    Bagikan  
Panen Bawang,
Foto:Istimewa

Panen Bawang, - Pemkot Tangsel Berhasil Panen Bawang Wujudkan Kemandirian Pangan.

HELOINDONESIA.COM - Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) dengan Kelompok Tani Rawa Macek berhasil memanen bawang merah hingga ratusan kilogram di lahan yang berada di Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), Serpong, pada Kamis (22/02/2024).

Disampaikan Asisten Daerah II, Heru Agus Santoso bahwa keberhasilan ini sebagai bentuk usaha dan wujud kemandirian pangan Kota Tangerang Selatan.

"Alhamdulillah sebagaimana yang kita saksikan, yang awalnya hanya mencoba, tetapi berhasil dan dapat memberikan hasil yang optimal," tambahnya.

Baca juga: Prajurit Resimen Artileri 3 Marinir Laksanakan Cross Country Tingkatkan Ketahanan Dan Kekuatan Fisik

Keberhasilan ini tentunya berkat kolaborasi yang dilakukan berbagai pihak. Mulai dari DKP3, Kelompok Tani Rawa Macek dan Kementerian lewat Direktorat Jenderal Hortikultura.

"Apresiasi kami berikan kepada DKP3 yang telah mencoba menanam bawang merah bersama kelompok tani Rawa Maceg, lalu Direktorat Jenderal Hortikultura atas dukungan dan sinergitas pengembangan tanaman bawang merah di Tangerang Selatan, seluas 10 hektar," ujarnya.

Sementara itu di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Tangerang Selatan, Yepi Suherman menerangkan bahwa masalah pangan merupakan kewajiban yang harus diselesaikan oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan.

Baca juga: Program Doktor Terapan untuk Penuhi Kebutuhan Riset dan Inovasi Industri

"Masalah pangan itu kita tidak melihat kota metropolitan, tidak punya lahan. Hal tersebut itu kewajiban pemerintah daerah untuk bisa bagaimana pangan di daerahnya, termasuk yang kami lakukan untuk menjaga pangan tersedia, terjangkau dan aman," ucapnya.

Karena selama ini Tangsel selalu kerja sama dengan kota-kota produsen pangan. Mulai dari beras hingga sayurannya.

Baca juga: Usai Cekcok Dua Pemain Timnas Korea Selatan Damai di London Inggris

"Nah karena hal itulah semangat Pak Wali, Pak Wakil, kita tidak mengandalkan kondisi yang ada, tapi harus mampu, harus mau bisa menghasilkan pangan walaupun di lahan yang terbatas," pungkasnya.