Helo Indonesia

Litbang Kompas, Elektabilitas Gibran Ungguli Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar

Drajat Kurniawan - Nasional -> Politik
Senin, 11 Desember 2023 14:47
    Bagikan  
Gibran,
Foto: tangkapan layar akun X Anis Matta

Gibran, - Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat bertemu dengan para elit Partai Gelora.

HELOINDONESIA.COM - Litbang Kompas merilis hasil survei elektabilitas calon wakil presiden (Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Popularitas Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka unggul dari Cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar dan 3, Mahfud MD.

Elektabilitas Gibran mencapai 37,3 persen, Mahfud MD 21,6 persen, dan Muhaimin 12,7 persen.

Liitbang Kompas menyebutkan, popularitas Gibran terhitung cepat melesat. Padahal saat Agustus 2023, nama Gibran nyaris tidak masuk ke dalam nominasi publik unytuk menjadi calon wakil presiden, hanya 0,1 persen yang menyebutkan namanya.

"Hadirnya Gibran turut memberikan warna tersendiri. Setelah putusan Mahkamah Konstitusi membuka peluang kepadanya untuk maju sebagai cawapres dan setelah digandeng oleh Prabowo untuk mendampinginya,," tulis keterangan Litbang Kompas, yang dikutip Senin (11/12).

Baca juga: Gibran Sebut Program Makan Siang dan Susu Gratis Sudah Ada di 76 Negara

Sementara, tungkat pengenalan masyarakat terhadap Gibram mencapai 85,1 persen lebih tinggi daripada Mahfud MD yang 72,2 persen dan Muhaimin yang 55,3 persen. Sejajar dengan tingkat pengenalan, elektabilitas Gibran sebagai cawapres juga jauh di atas dua calon lain.

Survei dilakukan secara tatap muka pada 29 November-4 Desember 2023 terhadap 1.364 responden yang dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi Indonesia. Pada tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian ini +/- 2,65 persen.

Seperti diketahui, Pilpres 2024 diikuti tiga pasangan capres-cawapres. Anies-Cak Imin dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto berpasangan dengan Gibran Rakabuming nomor urut 2, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD dengan nomor urut 3